Mengenal Jenis Penyakit Yang Menyerang Otak Dan Gejalanya

Share dan Tag Temanmu di :

Selain kanker otak,  penyakit yang menyerang otak banyak jenisnya. Walaupun penyebab dan gejala setiap jenis penyakit yang menyerang otak berbeda-beda, tapi sama-sama mempunyai pengaruh buruk pada kesehatan jaringan kepala terutama pada otak.


Jenis Penyakit Yang Menyerang Otak Lengkap Dengan Gejalanya 

Kanker otak

Jenis penyakit yang menyerang otak yang sudah diketahui oleh banyak orang adalah kanker otak. Setiap penderita kanker otak mengalami gejala yang berbeda-beda. Namun gejala kanker otak secara umum adalah sakit kepala, gangguan penglihatan, kejang-kejang, mati rasa, menurunnya keterampilan motorik dan gangguan kognitif.

Alzheimer


Jenis penyakit yang menyerang otak adalah alzheimer. Berbagai faktor resiko yang dapat menyebabkan seseorang terkena alzheimer adalah faktor usia, cedera kepala, faktor keturunan, orang yang mengidap down syndrom dan gangguan kognitif ringan.

Gejala Alzheimer

  • Menurunnya daya ingat
  • Hilangnya intelektual secara drastis
  • Mengalami kesulitan berbicara
  • Tidak dapat menganalisa peristiwa yang sedang dialami.

Parkinson

Parkinson ialah penyakit penurunan sel syaraf di otak bagian tengah. Gejala parkinson secara umum adalah gerakan tubuh menjadi lambat, otot menjadi kaku, kram, insomnia, halusinasi, kemampuan indera pemciuman hilang dan mengalami gangguan keseimbangan.

Meningitis

Meningitis juga termasuk penyakit yang menyerang otak manusia. Gejala penyakit meningitis yaitu demam tinggi, gelisah, mudah mengantuk dan ruam merah di bagian tubuh.

Tumor otak

Selain kanker otak, tumor otak juga merupakan jenis penyakit yang menyerang otak. Tumor otak ialah pertumbuhan sel-sel abnormal di otak. Gejala yang sering dialami penderita tumor otak adalah sering mengalami sakit kepala. Selain itu, gejala lainnya tumor otak adalah mengalami gangguan penglihatan, hilangnya keseimbangan tubuh, kejang dan mengalami masalah pendengaran.

Vertigo

Vertigo adalah penyakit yang menyerang kepala yang paling umum terjadi. Selain kehilangan keseimbangan, gejala lain dari vertigo adalah pusing, mual, muntah, sakit kepala yang berat dan gerakan berputar saat berdiri, duduk atau tidur.

Ataxia

Ataxia atau disebut juga dengan spinocerebellar degenaration yaitu penyakit yang menyerang otak kecil san tulang belakang. Gejala ataxia diantaranya tiba-tiba jatuh tanpa sebab, tidak dapat mengendalikan saraf motorik tubub dan pergerakan terhenti secara tiba-tiba.

Migrain

Selain vertigo, penyakit lainnya yang menyerang kepala adalah migrain. Gejala migrain diantaranya nyeri kepala sangat parah dan terjadi secara tiba-tiba, sakit kepala terkadang bersamaan dengan leher kaku, kejang, penglihatan ganda dan demam.

Hidrosefalus
 
Jenis penyakit yang menyerang otak yang jarang diketahui adalah hidrosefalus. Gangguan kesehatan ini bisa terjadi pada siapa saja termasuk bayi, balita dan orang dewasa. Penyebab hidrosefalus adalah kelainan genetik, adanya infeksi sistem saraf pusat, trauma atau cedera kepala dan pernah menjalani operasi otak.

Gejala Hidrosefalus

  • Sakit kepala
  • Penglihatan ganda
  • Sering mengantuk
  • Kejang
  • Terjadinya peningkatan ukuran kepala yang pesat pada bayi

Itulah jeni-jenis penyakit yang menyerang otak. Bila anda atau salah satu keluarga anda mengalami gejala dari salah satu atau beberapa jenis penyakit diatas, maka periksakan pada dokter.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Rabu, 14 Maret 2018 12:19:06

Related Post :
Alami
Obat Herbal untuk Bantu…

Selain dengan mengonsumsi obat…

Kesehatan
Hati-Hati! Makan Sendiri Ternyata…

Apakah Anda tahu bahwa…

Kulit
6 Hal Kebiasaan Buruk…

Kebiasan buruk yang harus…

Penyakit
Inilah Beberapa Penyakit Penyebab…

Inilah beberapa penyakit penyebab…

Tips
Tips Hilangkan Bekas Luka…

Selain dengan salep atau…

Kesehatan
Terobosan Teknologi Baru di…

Berbagai teknologi di berbagai…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Puasa

Perubahan kebiasaan makan pada saat…

Kesehatan
5 Kesalahan Ketika Buang Air Besar Yang Harus Dihindari

Berikut adalah beberapa kesalahan yang…

Kesehatan
Perawatan Jerawat Dimulai Dari Diagnosis Yang Tepat

Jerawat biasanya bisa didiagnosis dokter…

Kirim Pertanyaan
Top