Wajib Tahu! Ini Cara Mencegah Infeksi Bakteri Listeria

Share dan Tag Temanmu di :

Saat ini masyarakat tengah dihebohkan dengan kabar ancaman bakteri listeria yang telah menginfeksi buah melon asal Australia jenis rockmelon. Mereka yang mengonsumsi buah melon yang telah terkontaminasi bakteri tersebut bisa mengalami infeksi bakteri listeria atau disebut juga listeriosis. Bakteri ini dapat ditemukan ditanah, pakan ternak yang dibuat dari daun-daunan hijau yang diawetkan dengan fermentasi, dan sumber-sumber alami lainnya sepert feses ternak. 

Bakteri ini sangat kuat dan tahan terhadap panas, asam, dan garam. Bahkan masih tetap bisa hidup pada suhu 4 derajat celcius, seperti pada makanan yang disimpan pada lemari pendingin. Bakteri listeria juga membentuk biofilm, yaitu terbentuknya lapisan lendir pada permukaan makanan. Bakteri ini bisa menginfeksi manusia melalui konsumsi makanan yang telah terkontaminasi. 

Mereka yang telah terinfeksi bisa menimbulkan gejala. Beberapa gejala infeksi bakteri listeria hampir mirip seperti gejala flu, seperti demam, menggigil, nyeri otot, mual, dan diare. Oleh karena itu, kita harus perlu mewaspadai setiap gejala yang timbul. 


Untuk menghindari dampak negatif dari infeksi bakteri yang terdapat pada makanan, Anda tentu harus lebih waspada dalam memilih bahan makanan. Tidak hanya pada melon Australia, bakteri listeria monocytogenes belakangan ini juga ditemukan pada buah apel, sayuran mentah, buh lainnya, salad, susu murni, soft cheese, daging dan produk olahannya, unggas, kubis fermentasi (sauerkraut), dan makanan laut. Tidak hanya itu, makanan siap saji juga bsia menyebabkan adanya keracunan makanan akibat bakteri ini. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sebelum terinfeksi bakteri tersebut, Anda bisa melakukan beberapa cara pencegahan agar tak terserang infeksi bakteri listeria. Berikut ini beberapa cara mencegah infeksi bakteri listeria yang perlu dilakukan sebagai pencegahan umum, diantaranya :

  • Cuci sayur mentah sampai bersih, jika perlu disikat. 
  • Masak makanan, terutama daging-dagingan dan telur sampai matang. 
  • Pisahkan daging mentah dan unggas dari sayuran, makanan matang, dan makanan siap saji. 
  • Selalu jaga kebersihan tangan sebelum dan setelah menyiapkan makanan. Juga jaga kebersihan alat makan dan memasak dengan sesekali mencucinya dengan air panas. 

Bagi Anda yang berisiko tinggi terinfeksi listeria, waspadai makanan-makanan yang berasal dari keju dan daging-dagingan. Pastikan keju yang dikonsumsi berasal dari susu terpasteurisasi atau UHT. Saat menyimpan daging, jaga agar cairan dari kemasan daging tidak menyentuh makanan lain. Pastikan juga Anda memasaknya hingga benar-benar matang. 

Jika Anda merasa curiga telah mengonsumsi makanan yang mengandung bakteri listeria, perhatikan apakah Anda mengalami gejala-gejala seperti yang telah disebutkan sebelymnta. Jika ya, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Walaupun infeksi bakteri listeria ini menakutkan, namun sebenarnya penyakit ini bisa diatasi dengan pemberian antibiotik yang sesuai. Komplikasi yang serius juga bisa dicegah jika infeksi bakteri listeria diketahui dan ditangani sedini mungkin. 

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 15 Maret 2018 11:58:07

Related Post :
Kesehatan
Stop ! 14 Kebiasaan…

Kebiasaan buruk ini benar-benar…

Penyakit
Ini Gejala Dan Penyebab…

Berikut adalah berbagai gejala…

Obat Kimia
Awas! Ini Bahaya Albothyl…

Awas! ini bahaya albothyl…

Penyakit
Makanan Ini Bisa Jadi…

Makanan ini bisa jadi…

Kesehatan
Salah Posisi Angkat Beban…

Kebiasaan salah posisi angkat…

Kesehatan
Dampak Mengonsumsi Vitamin C…

Meskipun vitamin C memilki…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Sembelit Saat Hamil? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Kenali penyebab sembelit saat hamil.…

Kesehatan
Fakta Mengejutkan Seputar Ganja yang Jarang Diketahui

Peredaran ganja di Indonesia memang…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top