Cara Mudah Mencegah Dan Mengatasi Ngorok Saat Tidur

Share dan Tag Temanmu di :

Cara mengatasi ngorok berikut sebaiknya perlu diketahui bagi anda  yang sering kali melakukan kebiasaan ini saat tidur. Karena meski sering kali dianggap hal yang biasa, namun kondisi ini bisa saja menjadi pertanda serius dan juga mempengaruhi kehidupan sehari-hari.


Perlu anda ketahui, bahwasannya saat tidur mengorok, pasokan oksigen bisa berkurang. Tak jarang hal tersebut menyebabkan anda menjadi kelelahan dikeesokan harinya. Apabila tidak segera di tanggulangi, waktu tidur yang sejatinya dimanfaatkan untuk beristirahat menjadi tidak maksimal.

Saat anda ngorok atau mendengkur, akan terjadi getaran pada langit-langit mulut, jaringan lunak pada mulut, hidung atau tenggorokan. Dan saat aliran udara masuk ke jaringan di tenggorokan dan mengalami gambatan, saat itulah terjadi geraran yang menimbulkan suara. Dan uniknya, setengah dari pada orang dewasa pernah atau rutin mengalami ngorok.

Suara ngorok yang terciptapun berbeda-beda pada setiap orangnya, tergantung asal getaran tersebut. Jika yang bergerat adalah jaringan lunak yang berada di belakang hidung, maka akan menghasilkan dengkuran yang halus. Namun, apabila yang bergetar adalah langit-langit mulut dan bagian belakang tenggorokan, maka akan menghasilkan dengkuran yang lebih keras.

Penyabab ngorok sendiri diketahui sangat bervariasi. Muai dari mengonsumsi minuman keras, mengonsumsi obat tidur, posisi tidur tertentu, merokok, kelainan pada hidung dan tenggorokan, obesitas dan lainnya. Adapun pada anak-anak, mendengkur sendiri bisa di sebabakan oleh amandl yang membesar.

Cara mudah mencegah dan mengatasi ngorok saat tidur

Jika anda kini memiliki kebiasaan mengorok sebaiknya anda segera mencarai cara untuk mengatasinya. Karena selain mengganggu waktu tidur orang di sekitar anda, kebiasaan mengorok ini juga tak jarang sering kali dikaitkan dengan peningkatan beberapa resiko resiko. Beberapa bahaya ngorok tersebut diantaranya adalah sleep apnea, stroke, diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas dan juga penyakit jantung.

Adapun bagi anda yang masih belum mengatahui cara untuk mengatasinya, anda bisa melakukan beberapa tips atau langkah berikut.

1. Mengubah posisi tidur

Posisi tidur ternyata menentukan apakah anda akan mendengkur apa tidak. Menurut sebuah penelitian, tidur dengan posisi terlengtang sangat rentan menyebabkan seseorang mendengkur. Hal tersebut lantaran tidur dengan bertumpu pada punggung bisa membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak menutupi dinding tenggorokan sehingga menyebabkan getaran suara pada saat tidur.

Maka dari itu, untuk cara mengantisipasinya cobalah tidur dengan posisi menyamping. Namun, apabila anda sudah terbiasa tidur dengan posisi terlentang, anda bisa coba taruh bola tenis atau apapun di kasur yang bisa membuat punggung terasa tidak nyaman ketika dibaringkan. Dan secara otomatis, ketidak nyamanan tersebut bisa membiasakan anda untuk tidur menyamping.

2. Tidur yang cukup

Kurang tidur atau memiliki jadwal tidur yang buruk juga bisa memacu anda untuk tidur mendengkur. Seperti halnya anda terlalu sibauk bekerja hingga lupa meluangkan waktu yang cukup untuk tidur. Dan ketika anda sudah mencapai titik kelelahan yang sangat parah, kondisi otot-otot akan menjadi tegang sehingga membuat anda tidur mengorok.

3. Menghindari minuman keras dan obat tidur

Menurut sebuah penelitian, menenggak minuman yang mengandung alkohol pada empat hingga 5 jam sebelum tidur mampu membuat seseorang tidur dengan mendengkur ataupun membuat dengkuran menjadi semakin parah Begitu juga dengan obat tidur. Untuk itu, sebaiknya anda menghindari keduanya agar anda bisa tidur ngorok.

4. Banyak minum air putih

Saat seseorang mengalami dehidrasi, proses pelepasan lendir di hidung dan langit-langit lunak menjadi lengket. Hal tersebut bisa mendorong anda untuk mengorok. Maka dari itu, perbanyaklah minum air. Bagi wanita, idealnya minum air putih sekitar 11 gelas perhari. Sementara pria sebanyak 16 gelas.

5. Mencuci hidung dengan air garam

Dengkuran yang disebabkan oleh hidung tersumbat akibat flu dan hal lainnya, maka aliran udara yang masuk bisa berubah dengan dengkuran. Dan untuk mengatasinya, Untuk mengatasinya, anda bia mencuci hidung dengan larutan air garam, layaknya seperti cara mengatasi sinusitis secara alami di rumah. Bisa juga dengan cara mandi air hangat sbelum tidur.

6. Menurunkan berat badan

Cara ini juga bisa anda lakukan untuk menangani masalah mendengkur. Adapun cara ini bisa dilakukan jika anda mulai mendengkur saat terjadi pertambahan berat badan, padahal sebelumnya anda tidak mendengkur. Pertambahan berat badan terlebih yang memnuhi bagian leher, dapat menyebabkan anda mengorok saat tidur.

7. Jangan merokok

Tips selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mencegahak sekaligus mengatasi ngorok adalah dengan tidak merokok. Merokok sendiridapat mengakibatkan hidung dan paru-paru tersumbat. Kondisi ini bisa memicu anda mendengkur. Untuk itu, hentikan kebiasaan merokok sekarang juga agar terbebas dari dengkur serta bahaya merokok lainnya untuk kesehatan.

8. Jaga kebersihan kamar tidur

Alergi juga bisa memicu anda untuk mendengkur. Dan untuk meminimalkan hal itu, jagalah selalu kebersihan kamar tidur anda. Bersihkan seluruh perabotan pada kamar. Seperti halnya tempat tidur, bantal, seprei dan tirai agar terhindar dari kutu dan tungau.

Selain itu, hidari juga tidur bersama hewan peliharaan agar terhindar dari ketombe binatang masuk ke hidung anda. Dan untuk berjaga-jaga, gantilah bantal anda tiap enam bulan sekali untuk menghindari tungau atau kutu.

Nah, itulah cara mudah mencegah dan mengatasi ngorok saat tidur. Jika ngorok sudah sangat mengganggu dan beberapa cara diatas tidak memberikan perubahan, sebaiknya anda segera konsultasikan ke dokter untuk pengobatan yang lebih tepat. Salam sehat!

By Nida Saripah - Tips Jum'at, 16 Maret 2018 10:10:26

Related Post :
Alami
Obat Hidrosefalus Alami Untuk…

Obat hidrosefalus alami untuk…

Penyakit
Mengenal Penyebab Dan Gejala…

Virus zika adalah virus…

Kesehatan
Mengetahui Manfaat Daging Burung…

Disamping memiliki rasa yang…

Obat Kimia
Obat Sakit Perut Saat…

Obat sakit perut saat…

Daun
Kandungan Dan Manfaat Daun…

Kandungan dan manfaat daun…

Kesehatan
Gerakan OLaharaga Sederahana Di…

Berikut adalah gerakan olahraga…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Pengobatan Wasir Dengan Lidah Buaya

Berikut aalah informasi tentang cara…

Tips
Tips Ampuh Agar Cepat Hamil Setelah Keguguran

Tips ampuh agar cepat hamil…

Tips
Penyebab Ketiak Basah (Burket) Dan Cara Mengatasinya

Sudah tidak asing lagi dengan…

Kirim Pertanyaan
Top