Mengenal Terapi Dan Pengobatan Untuk Mengatasi Sleep Apnea

Share dan Tag Temanmu di :

Mengatasi sleep apnea pada anak maupun dewasa bisa dilakukan dengan cara. Mulai dari merubah pola hidup bahkan operasi. Lalu, bagaimana cara menghilangkan sleep apnea yang tepat? informasi selengkapnya bisa anda simak dalam informasi berikut.


Gangguan saat tidur ternyata memiliki dampak negatif bahkan membahayakan bagi kesehatan. Dan salah satu diantara gangguan tidur yang bisa berakibat fatal adalah sleep apnea.

Sleep apnea atau apnea tidur adalah gangguan saat tidur yang menyumbat saluran pernapasan. Umumnya orang yang mengalami ini tidak menyadarinya. Sebab terkadang kondisi ini muncul tanpa gejala. Namun pada kasus sleep apnea kronis, mungkin gejala akan timbul bahkan sangat mengganggu hingga mampu menurunkan kualitas tidur pasien.

Maka dari itu, salah satu kondisi dari bahaya ngorok ini sebaiknya segera diatasi sedini mungkin. Bagi anda yang kini tengah mengalami gejala sleep apnea, anda bisa mengatasinya dengan beberapa terapi pengoban seperti berikut.

Terapi dan pengobatan untuk mengatasi sleep apnea

Pada penderita sleep apnea ringan, mungkin dokter hanya akan menyarankan untuk merubah gaya hidup yng lebih sehat, seperti menurunkan berat badan, menghindari obat-obatan penenang dan obat tidur, menghindari tidur terlentang, berhenti merokok dan menghindari alkohol. Dan apabila pasien memiliki alergi pada hidung, maka dokter akan merekomendasikan untuk melakukan pengobatan alergi.

Akan tetapi, apabila cara-cara tersebut tidak berhasil mengobati sleep apnea, maka anda bisa melakukan sejumlah perawatan. Bahkan untuk beberapa kasus, mungkin pembedahan juga perlu dilakukan. Adapun untuk cara mngatasi sleep apnea selengkapnya adalah sebagai berikut.

  • Terapi CPAP

Perawatan yang paling umum dilakukan untuk mengoibati sleep apnea adalah terapi menggunakan mesin Continuous Positive Airway Pressure (CPAP). Dengan mesin ini, anda akan mendapatkan tekanan udara yang agak lebih besar, dibandingkan dengan udara disekitar anda.

Hal ini bisa menjaga saluran napas di bagian atas untuk tetap terbuka, sehingga bisa mencegah sleep apnea dan salah satu gejalanya yakni dengkuran yang keras. Meski begitu, prosedur pengobatan ini mungkin akan memiliki efek samping. Seperti hidung tersumbat, berair atau iritasi, sakit kepala, sakit telinga, sakit perut dan kembung serta rasa tidak nyaman akibat pemakaian masker.

  • BiPAP (bilevel positive airway pressure)

Alat ini dapat membuat tekanan udara saat menarik napas menjadi lebih tinggi, lalu tekanan tersebut akan diturunkan saat napas dikeluarkan. Adapun tujuannya adalah untuk membantu penderita apnea tidur central yang mengalami pola pernapasan lemah.

  • MAD (Mandibular Advancement Divice)

Alat ini secara khusus didesain untuk menahan ranhang dan lidah untuk mencegah terjadinya penyempitan pada saluran pernapasan yang menyebabkan seseorang mendengkur. Alat ini dipakai diatas gigi saat penderita sedang tidur. Alat ini juga bisa digunakan bagi orang yang tidak bisa menggunakan CPAP, dan juga tidak di anjurkan untuk penderita apnea tidur yang parah.

  • ASV (adaptive servio-ventrilation)

Alat yang terkomputerisasi ini dapat merekam pola pernapasan dan dapat membuat pernapasan menjadi normal saat tidur dengan memberikan tekanan pada saluran udara.

  • Pemakaian oksigen tambahan

Berbagai alat yang dapat menyalurkan oksigen ke paru-paru sudah banyak tersedia. Alat ini juga mampu membantu penderita apnea tidur, khususnya apnea tidur central.

  • Terapi untuk kondisi medis terkait apnea tidur

Hal ini juga dapat dilakukan, misalnya untuk gagal jantung atau gangguan neuromucular. Dan dengan mengobati gangguan medis tersebut, maka apnea tidur diharapkan bisa segera hilang.

  • Prosedur operasi atau pembedahan

Apabila sejumlah terapi dan juga alat tidak dapat membantu mengatasi berbagai gejala aopnea tidur, atau jika kondisi ini beresiko mengakibatkan komplikasi yang cukup serius, maka dapat dilakukan dengan operasi sesuai dengan kondisi yang menjadi penyebab. Adapun tindakan operasi yang dapat dilakukan, diantaranya adalah:

- Bedah bariatic: Operasi pengecilan lambung yang dilakukan pada orang yang mengalami obesitas
- Trakeostomi: Operasi dengan memasukkan pipa ke dalam tenggorokan melalui leher agar penderita mudah bernapas, meski salurah udara terhalang.
- Tonsulektomni: Operasi pengangkatan amandel ketika amandel terlalu besar dan menghalangi saluran pernapasan saat sedang tidur.
- Implantasi langit-langit: Operasi yang dilakukan dengan memasang langit-langit lunak buatan untuk mengurangi getaran dan gangguan dalam pernapasan saat tidur.
- Adenoidektomi: Operasi pengangkatan adenoid, ketika adenoid terlalu besar dan menghalangi saluran pernapasan ketika tidur.
- Uvulopalatopharyngoplasty: Operasi pengangkatan jaringan dibelakang mulut dan tenggorokan atas, termasuk tonsil dan adenoid. Operasi ini dilakukan untuk menghentikan dengkuran yang disebabkan oleh getaran dari struktur tenggorokan.
- Prosedur reposisi rahang: Dalam operasi ini, rahang diposisikan lebih ke depan daripada tulang wajah, untuk memperluas ruang dibelakang lidah dan langit-langit lunak.
- Prosedur lainnya: Operasi pengangkatan amandel dan polip hidung.

Nah, itulah berbagai rangkaian terapi dan pengobatan untuk mengatasi sleep apena pada anak maupun dewasa yang umumnya banyak di lakukan. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan mejadi wawasan baru bagi anda didunia kesehatan. Salam sehat!

By Nida Saripah - Penyakit Selasa, 20 Maret 2018 10:32:51

Related Post :
Ibu Dan Anak
Gejala Penyakit Kawasaki Pada…

Penyakit Kawasaki merupakan penyakit…

Kesehatan
Penyakit yang Bisa Timbul…

Penggunaan kipas angin dan…

Penyakit
Waspadai Ciri-ciri Kanker Rahim…

Waspadai kanker rahim sejak…

Kesehatan
Ingin Sembuh Dari Asam…

Ingin sembuh dari asam…

Daun
Khasiat Dan manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Penyakit
Bahaya dan Manfaat Ciuman…

Bahaya dan Manfaat Ciuman…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit
Gangguan Dan Penyakit Pada Sistem Pencernaan Manusia

Berikut ini berbagai jenis gangguan…

Penyakit
Mengenal Hipogonadisme Sekunder Dan Penanganannya

Hipogonadisme sekunder merupakan kerusakan terjadi…

Kirim Pertanyaan
Top