Ternyata Ini Berbagai Faktor Penyebab Mengantuk Sesudah Makan

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab mengantuk sehabis makan ternyata meliputi beberapa faktor. Mulai dari pengaruh hormon selama proses pencernaan hingga gangguan kesehatan yang cukup serius. Adapun untuk mengetahui informasi selengkapnya, anda bisa menyimak informasi berikut.


Sering kali mengantuk setelah makan merupakan keluhan umum yang pada umumnya mungkin pernah dirasakan oleh semua orang. Meski sebenarnya tidak perlu di khawatirkan, namun terkadang hal tersebut sangatlah mengganggu aktifitas terutama disiang hari. Dan bagi anda yang sering kali mengantuk setiap kali habis makan, mungkin terdapat beberapa faktor tertentu yang perlu di perhatikan. Baik dari faktor makanan, pola makan hingga gaya hidup.

Berbagai faktor penyebab mengantuk sehabis makan

Terdapat beragam faktor yang diketahui mampu menyebabkan mengantuk setelah makan. Diantaranya meliputi:

1. Pengaruh hormon selama proses pncernaan

Lebih dari pada sekedar mengubah makanan menjadi energibaik proses pencernaan maupun makanan itu sendiri, akan memicu respon didalam tubuh termasuk dengan melepaskan hormon. Dua diantara hormon tersebut diantaranya, yakni serotonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut diketahui mampu menimbulkan rasa kantuk setelah makan. Selain dari pada itu, pada dasarnya, tubuh tetap memerlukan energi untuk menjalankan fungsinya, termasuk untuk mncerna makanan.

2. Kurang tidur

Tidak mengherankan apabila kurang tidur juga bisa mempengaruhi apa yang anda rasakan setelah makan. Terlebih ketika anda merasa kekenyangan, rasa kantuk sehabis makan bisa jadi semakin terasa. Maka dengan demikian, gunakan waktu tidur malam anda dengan cukup, olahraga teratur dan hindari juga stres.

3. Jarang berolahraga

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwasannya malas olahraga dapat menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah. Hal ini juga merupakan salah satu pemicu ngantuk setelah makan. Hal demikian terjadi karena olahraga secara teratur bisa meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh, serta membuat sistem kardiovaskular berjalan menjadi lebih efesien. Anda bisa mulai berolahraga ringan dengan teratur agar mampu melakukan beragam aktivitas dengan semangat.

4. Gangguan kesehatan

Kondisi kesehatan yang terganggu juga bisa menjadi pemicu anda menjadi mudah lelah, termasuk membuat anda lebih mudah mengantuk setelah beraktivitas, termasuk setelah makan, bahkan mengantuk sepanjang waktu. Dan hal itu bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan lainnya seperti diabetes, anemia, hipotiroidisme, intoleransi makanan dan gangguan pernapasan saat tidur atau gejala sleep apnea. Sehingga sebaiknya anda segera konsultasikan ke dokter jika merasakan sering mengantuk. Kemungkinan anda juga mengalami masalah kesehatan yang perlu diobati.

5. Mengonsumsi makanan tertentu

Meski semua makanan di cerna dengan cara yang sama, namun tidak semua makanan mempengaruhi tubuh anda dengan cara yang sama. Terdapat beberapa jenis makanan yang justru dapat membuat anda menjadi mengantuk. Misalnya makanan yang mengandung protein tinggi seperti bayam, telur, keju, kedelai dan ikan yang mengandung asam amino triptofan.

Asam amino triptofan itulah tak jarang digunakan oleh tubuh untuk memproduksi serotonin yang memiliki peranan besar terhadap rasa kantuk. Beberapa jenis makanan dan minuman lainnya juga bisa meningkatkan rasa ngantuk sehabis makan. Diantaranya adalah seperti pisang, buah ceri, minuman berenergi, anggur, bir dan minuman beralkohol lainnya.

Adapun faktor lainnya yang dapat membuat ngantuk sehabis makan adalah pola hidupp  dan makan, diantaranya seperti sering melewatkan sarapan, kekurangan asupan zat besi, kurang minum air putih dan sering kali mengonsumsi makanan cepat saji.

Nah itulah berbagai faktor penyebab mengantuk sehabis makan yang patut untuk anda ketahui. Setelah mengetahuinya, anda mungkin mulai bisa mengubah pola makan dan hidup yang baik, serta teratur agar bisa meminimalkan ngantuk setelah makan. Jika hal itu masih sering dirasakan, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar diberi penangan yang tepat.

By Nida Saripah - Kesehatan Rabu, 21 Maret 2018 11:03:30

Related Post :
Kesehatan
Waspada ! Ini Tanda-Tanda…

Anda sering merasa cemas…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Inilah khasiat dan manfaat…

Penyakit
Penyebab Hipertensi Sekunder dan…

Penyebab hipertensi sekunder dan…

Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Penyakit…

Berikut ini adalah berbagai…

Alami
Tak Disangka! Ramuan Herbal…

Otak merupakan pusat sistem…

Obat Kimia
Manfaat Tetracycline Untuk Mengobati…

Manfaat tetracycline untuk mengobati…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Diagnosis Dan Pengobatan Kleptomania

Saat mendiagnosis penderita kleptomania, dokter…

Kesehatan
Anggapan Bahaya Tidur dengan Kipas Angin dan AC

Tidur dengan kipas angin atau…

Kesehatan
Mengetahui Gejala Penyakit yang Bisa Dilihat dari Mata

Tanpa diketahui, ternyata mata bisa…

Kirim Pertanyaan
Top