Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Share dan Tag Temanmu di :
Segudang kandungan mineral dan vitamin dalam pepaya bisa memberikan aneka manfaat bagi tubuh. Buah yang berbentuk lonjong dan berwarna oranye ini mempunyai rasa sangat enak dan manis. Kandungan vitamin C dalam sebuah pepaya sangat tinggi yaitu sekitar 235 mg. Kandungan lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh di antaranya vitamin K, vitamin A, vitamin E, kalsium, folat, asam pantotenat, likopen, alpha, kalium, magnesium, lutein, betakaroten, dan zeaxanthan. Dengan nutrisi dan gizi sebanyak itu tidak salah kita menilai pepaya mempunyai segudang manfaat.


Banyak orang telah mengenal pepaya sebagai buah yang dapat memperlancar sistem pencernaan dan buang air besar. Tetapi selain itu ternyata manfaat lainnya ada segudang. Baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Berikut akan kami uraikan lebih jelas manfaat pepaya:

-Menyehatkan mata. Kandungan betakaroten dalam buah ini berperan aktif dalam menyehatkan organ mata. Kandungan lainnya sebagai zat antioksidan zeaxanthin berfungsi dalam menangkal bahaya yang diakibatkan dari masalah degenerasi makula, serta menyaring bahaya sinar ultra violet dari pancaran sinar matahari dan barang elektronik seperti televisi dan komputer yang dapat membahayakan mata.

-Menyehatkan rambut. Kandungan sebum dipicu oleh kandungan vitamin A yang sangat melimpah dalam buah ini. Zat sebum berfungsi memberikan kelembapan pada rambut sekaligus membuat folikel-folikel terbuka sehingga rambut tumbuh subur.

-Menyembuhkan luka pada kulit. Menurut penelitian, infeksi pada luka bakar dan penyembuhan luka dapat dicegah berkat kandungan senyawa papain dan enzim proteolitik kimopapain yang terdapat dalam pepaya. Selain itu, masalah kulit seperti luka akibat berbaring terlalu lama (decubitus ulcers) dapat di atasi dengan obat berupa salep yang mengandung enzim papain.

-Mengurangi risiko asma. Betakaroten dibutuhkan tubuh dan dapat menurunkan risiko timbulnya penyakit asma.

-Memperlancar pencernaan. Pepaya kaya akan air dan serat. Rutin mengonsumsi buah ini akan menjadikan metabolisme tubuh dan pencernaan lancar. Hal ini mengartikan akan menjauhkan siapapun yang rutin mengonsumsinya dari sembelit. Ditambah dengan adanya enzim papain yang berperan dalam proses pencernaan sebagai pelumat makanan yang keras dicerna seperti daging.

-Baik untuk kesehatan tulang. Vitamin K terkandung melimpah dalam buah ini. Fungsinya adalah untuk mengikat kalsium supaya tidak terbuang dalam metabolisme tubuh. Kalsium bermanfaat dalam menjaga dan menguatkan tulang.

-Menyehatkan jantung. Jika tubuh rutin mengonsumsi makanan yang tinggi kadar kalium, vitamin, dan serat seperti yang terkandung pada pepaya, risiko penyakit jantung seperti kardiovaskular akan jauh dari tubuh kita.

-Mengurangi risiko kanker. Fungsi lain dari kandungan yang terdapat dalam buah ini yaitu mengandung antioksidan betakaroten yang baik untuk mengurangi risiko kanker prostat.

By Rizka Ardiana - Manfaat Senin, 22 Agustus 2016 13:50:02

Related Post :
Kesehatan
Cara Menghilangkan Syringoma Pada…

Cara menghilangkan syringoma pada…

Tips
Tips Cara Mengatasi Susah…

Perempuan yang sedang hamil…

Daun
Manfaat Daun Insulin Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Tutut Si Keong Sawah…

Tutut si keong sawah…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab dan…

Mengenal gejala penyebab dan…

Tips
Cara Mengatasi Batu Empedu…

Ternyata mengonsumsi jus jeruk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Ini Dia Manfaat Menakjubkan Teh Hitam Bagi Kesehatan

Berbagai kandungan gizi teh hitam…

Manfaat
Jangan Abaikan Kacang Merah! Ini Manfaatnya Bagi Tubuh

Jangan abaikan kacang merah! ini…

Manfaat
Menakjubkan! Ini Khasiat Lada Putih Bagi Kesehatan

Tahukah anda apa saja khasiat…

Kirim Pertanyaan
Top