Penting! Ketahui Masa Subur Pria Agar Istri Cepat Hamil

Share dan Tag Temanmu di :

Masa subur pria tentunya akan  berbeda dengan masa subur yang dimiliki oleh wanita. Masa subur pada pria sejatinya dapat diukur melalui kuantitas dan kualitas sperma, serta beberapa faktor lainnya yang dapat mempengaruhi kesuburan. Apa sajakah itu? Informasi selengkapnya bisa anda simak dalam ulasan berikut ini.


Di kalangan orang awam, mungkin tak sediti orang yang beranggapan bahwasannya masalah kesuburan adalah urusan perempuan. Padahal, pria juga ternyata memiliki masa-masa subur yang akan menentukan sukses atau tidaknya proses kehamilan. Hanya saja, masa subur pada pria berbada dengan masa subur wanita yang umumnya sudah banyak dikenal.

Mengetahui masa subur pria agar istri cepat hamil

Jika anda kini tengah merencanakan program kehamilan bersama pasangan anda, selain mengetahui masa-masa subur sang istri, anda juga patut mengetahui kapan masa subur pria berlangsung. Adapun pada pria, selama menghasilkan sperma yang dengan kualitas yang baik dan dalam jumlah yang cukup, serta dapat membuahi sel telur secara alami, maka hal itu bisa dianggap masih dalam masa subur.

Dan ternyata, masa subur pria tidak memiliki siklus bulanan layaknya pada masa subur wanita. Adapun waktu terbaik dalam masa subur pada pria yakni setiap pagi hari dan saat musim dingin. Karena pada waktu tersebutlah, seorang pria diketahui memiliki jumlah sperma yang banyak dan lebih kuat untuk bertahan hidup.

Beberapa penelitianpun mengklaim, bahwasannya masa subur pria akan meningkat dipagi hari lantaran produksi sperma lebih banyak dibandingkan dimalam hari.Meski begiru, perbedaan jumlah sperma di pagi hari dan malam hari sebenarnya tidak terlalu sinifikanProduksi sperma di pagi hari bisa mencapai 88 juta, sedangkan pada malam hari 87 juta sel sperma.

Dan karena masa subur pria di ukur melalui, spermanya, berikut merupakan beberapa indikasi yang bisa menetukan seberap subur seorang pria.

1. Kuantitas sperma

Jumlah sperma dalam sekali ejakulasi sangat berpengartuh terhadap kemungkinan keberhasilan membuahi sel telur pasangannya. Idealnya, sekali ejakulasi, seorang pria dapat mengeluarkan hingga 15 juta sel sperma permililiter. Jika lebih dari jumlah tersebut, maka kemungkinan bisa terjadi pemuahan sel telur juga akan menurun.

2. Pergerakan sperma

Pergerakan sperma atau mobilitas yang baik harus memiliki gerakan yang gesit untuk mencapai membuahi sel telur. Dan sebelum membuahi sel telur, sperma harus tetap hidup saat berenang untuk menyebrangi leher rajhim, rahim, dan saluran tuba. Agar kemungkinan pembuahan dapat terjadi, setidaknya 40% sperma harus memiliki kemampaun bergerak yang baik.

3. Struktur sperma

Normalnya, bentuk sperma terdiri atas kepala yang berbentuk oval dan berekor panjang. Bentuk tersebut mendukung  pergerakan sperma meuju sel telur. Pria yang subur akan memiliki lebihndari 50% sperma berbentuk normal. Struktur sperma yang baik akan membantu meningkatkan peluang untuk terjadinya pembuahan atas kehamilan.

4. Hormon

Kesuburan pria memiliki kaitan erat dengan hormon testosteron. Rendahnya hormon seks pada pria ini dapat menjadi salah satu penyebab masalah kesuburan pada pria.

5. Hal-hal yang berdampak pada kesuburan pria

Meski secara teori masa subur pria berlangsung selama kualitas dan kuantiotas spermanya terjaga, namun perlu juga di perhatikan beberapa hal yang mana dapat mempengaruhi kualitas sperma. Diantaranya seperti usia, makanan, olahraga, gaya hidup, suhu radiasi dan bebas dari penyakit seksual. Demngan tepeliharanya kualitas sperma, maka secara otomatis akan meningkatkan tingkat kesuburan pada pria.

Nah, itulah masa subur pria lengkap dengan waktu masa suburnya. Setelah anda mengetahuinya, anda bisa bisa bersenggama dengan pasangan anda didalam masa subur yang telah di sebutkan tadi. Dengan begitu, peluang agar istri anda cepat hamil semakin tinggi. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Kamis, 22 Maret 2018 11:14:41

Related Post :
Ibu Dan Anak
Mewaspadai Serangan Penyakit Musim…

Pada musim hujan, tubuh…

Kewanitaan
Jangan Sering Memakai Pantyliner!…

Berbagai bahaya memakai pantyliner…

Kesehatan
Bahaya Mengonsumsi Buah Leci…

Bahaya mengonsumsi leci saat…

Penyakit
Cara Penularan Hepatitis Yang…

Cara penularan hepatitis sangat…

Daun
Manfaat Daun Salam Bagi…

Kegunaan dan manfaat daun…

Penyakit
Jenis-jenis Kanker Serta Gejala…

Informasi tentang jenis-jenis kanker…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Tubuh Gemetar Setelah Minum Kopi? Mungkin Ini Penyebabnya

Minum kopi memang dapat membantu…

Kesehatan
Makanan Sehat Yang Dianjurkan Bagi Penderita Fistula Ani

Makanan sehat yang dianjurkan bagi…

Kesehatan
Kebaikan yang Bisa Didapat Jika Tidur 8 Jam Sehari

Memiliki kualitas tidur yang baik…

Kirim Pertanyaan
Top