Luar Biasa! Bahan Dapur Ini Ternyata Bisa Jadi Pengawet Alami

Share dan Tag Temanmu di :

Ada banyak jenis makanan yang tidak bisa tahan disimpan dalam waktu yang cukup lama. Maka dari itu, bahan pengawet seringkali ditambahkan ke dalam makanan untuk membuatnya tetap segar dalam jangka waktu yang lama. Misalnya pada berbagai jenis makanan olahan. 

Namun, penggunaan bahan pengawet yang terbuat dari bahan kimia sering tidak dianjurkan untuk beberapa kondisi, seperti untuk bayi, ibu hamil, dan beberapa kondisi penyakit, seperti tekanan darah tinggi

Saat ini, cukup sulit untuk mencari makanan yang bebas pengawet kimia. Walaupun begitu, bukan berarti tidak ada makanan yang bebas bahan pengawet buatan. Disamping itu, bagi Anda yang ingin mengawetkan makanan, tetapi ragu jika harus menggunakan bahan pengawet kimia, tidak perlu khawatir. Karena ternyata ada beberapa bahan makanan yang bisa dijadikan sebagai bahan pengawet alami yang pastinya aman. 


Bahan yang bisa digunakan sebagai  bahan pengawet diantaranya adalah makanan, bumbu atau rempah yang mudah didapatkan. Umumnya pengawetan alami ini sudah cukup sering kita ketahui, misalnya penggaraman untuk ikan atau pembuatan asinan atau acar dari bumbu alami. 

Untuk dapat memperkaya cita rasa makanan dengan bahan pengawet alami, berikut ini merupakan beberapa bahan dapur yang bisa jadi pengwet alami, diantaranya :

  • Bawang putih

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim ahli dari Departemen Nutrisi dan Bromatology University of Barcelona, selain sebagai bumbu dapur ternyata bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai pengwet makanan alami. Hal ini disebabakn karena didalanya terkandung antioksidan dan antimikroba yang dapat menghambat pembusukan. 

Cara menggunakannya, cukup denganmenggerus atau mengulek bawang putih. Kemudian campurkan hasil ulekan bawnag putih tersebut dengan air dan saring. Makanan seperti tahu yang direndam dengan cairan ini dapat bertahan samapi 2 hari. Bahkan, pengawetan dengan cara ini bisa menambah cita rasa hingga menjadi semakin lezat.

  • Lemon

Lemon merupakan sumber asam sitrat alami. Ini membuatnya menjadi pengawet yang sangat baik. Daging dan kulit lemon bisa mencegah makanan cepat rusak. Peraslah lemon dalam makanan dingin atau makanan yang baru matang. 

  • Kunyit

Kunyit memiliki sifat antibakteri, menghambat pertumbuhan mikroba dengan merusak membran sel bakteri. Penggunaan kunyit sebagai pengawet bahan makanan alami akan memberikan cita rasa da kandungan kurkumin pada pigmenn warnanya yang beramnfaat untuk tubuh.

  • Bahan pedas

Bahan makanan pedas seperti cabai, mustard, dan saus pedas merupakan pengawet makanan alami. Mustard dan saus pedas mengandung beberapa persen cuka didalamnya. Makanan pedas dikenal dapat melawan bakteri masuk ke dalam makanan dan menjaganya agar tetap segar lebih lama. Tambahkan sedikit cabai (cayenne) di dessert atau smoothies untuk memberikan sedikit sentuhan pedas dan menjaga ketahanannya.


  • Garam

Selain dapat memberikan rasa pada makanan, sudah sejak lama garam juga digunakan sebagai pengawet makanan alami. Garam memiliki kandungan natrium klorida yang dapat mencegah tumbuhnya mikroorganisme, menyerap air pada bahan makanan dan memberi cita rasa pada makanan. 

Proses pengawetan dengan garam bisa membuat makanan bertahan lebih lama, beberapa jam sampai berhari-hari. Misalnya ikan  yang diasinkan bisa bertahan hingga berminggu-minggu.

  • Gula

Sama halnya dengan garam, gula juga merupakan bahan dapur yang bisa dimanfaatkan untuk mengawetkan makanan. Gula dapat membantu menghilangkan air dan mikroorganisme. Gula mengikuti cara yang sama dengan garam, yaitu osmosis atau dehidrasi. Ini dapat mengangkat air y ang bisa memicu pertumbuhan bakteri. Tentunya hal ini bisa membuat makanan tetap terjaga untuk waktu yang lama. 

  • Kayu manis

Kayu manis termasuk rempah yang mampu mengawetkan makanan dengan sifat bakterisdal dan menghambat pertumbuhan khamir serta kapang. Kayu manis juga memiilki kandungan minyak esensial yang baik untuk tubuh. 

  • Cuka

Cuka terbuat dari fermentasi larutan gula dan air. Ini bisa bertindak sebagai pengawet alami yang efektif. Asam astata yang terkandung dialam cuka dapat membunuh mikroba dan menghambat pembusukan makanan. Menambahkan cuka dalam makanan tidak hanya dapat mengawetkan makanan, tetapi juga membantu meningkatkan rasa.  

  • Kluwak

Kluwak merupakan sejenis biji-bijian yang sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan-masakan tradisional Indonesia. Selain sebagai bumbu masakan, ternyata kluwak juga bisa dimanfaatkan sebagai pengawet alami ikan segar. Kombinasi 2% kluwak dan 2% garam dari total berat ikan mampu mengawetkannya sampai 6 hari tanpa mengubah kualitas.

Bahan-bahan dapur tersebut bisa kita manfaat sebagai bahan pengawet makanan alami yang sama manfaatnya dengan pengawet kimia. Tidak hanya mampu mengawetkan makanan, bahan-bahan tersebut juga bisa meningkatkan cita rasa makanan hingga menjadi lebih nikmat untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Alami Jum'at, 23 Maret 2018 11:24:06

Related Post :
Kesehatan
Waspadai Acanthosis Nigricans Atau…

Waspadai acanthosis nigricans atau…

Ibu Dan Anak
7 Cara Mengajari Anak…

Membiasakan anak untuk hidup…

Penyakit
4 Jenis Kanker Darah…

Ada 4 jenis kanker…

Alami
Cara Mengusir Dahak Tanpa…

Cara Mengusir Dahak Tanpa…

Kesehatan
Ini Anjuran Jenis Makanan…

Jenis makanan yang baik…

Kesehatan
Waspada! Ini Bahaya Formalin…

Berikut adalah dampak buruk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Alami
Alami
Alami
Obat Darah Tinggi Alami Yang Ada di Sekitar Kita

Obat darah tinggi alami yang…

Kirim Pertanyaan
Top