Mengenal Ciri-Ciri Pria Mandul Dan Berbagai Penyebabnya

Share dan Tag Temanmu di :

Ciri-ciri pria mandul sebaiknya perlu diketahui, apapun itu tujuannya. Akan tetapi sayangnya, kemandulan pria tidak bisa dideteksi secara pasti sejak awal. Namun kondisi ini umumnya baru diketahui saat seorang pria telah berjuang untuk mendapatkan anak, namun tidak kunjung berhasil.


Seperti halnya ciri-ciri wanita mandul, tanda-tanda seorang pria mengalami kemandulan cukup beragam. Tergantung dari apa yang menjadi penyebabnya. Adapun penyebab kemandulan atau ketidaksuburan pria sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya seperti:

  • Ketidakseimbangan hormon (yang palimng umum terjadi)
  • Usia
  • Genetik
  • Konsumsi alkohol, rokok dan obat-obatan
  • Stres
  • Efek samping obat yang dikonsumsi
  • Lingkungan yang penuh polusi
  • Dampak kemoterapi dan juga radiasi
  • Varikokel atau varises pada organ intim pria
  • Pernah mengalami gangguan prostat, testikel atau masalah seksual
  • Pernah menjalani oopertasi paha , testikel, penis atau skotum
  • Kriptokiskum atau kondisi bawaan sejak lahir dimana testis tidak berada dikantungnya karena gagal turun
  • Penyakit tiroid
  • Penyakit diabetes
  • Penyakit sirosis hati
  • Kecelakaan yang menyebabkan struktur organ reproduksi cacat

Selain dari pada itu, kegemukan juga mampu meningkatkan ketidak suburan pada pria. Dan jika perut telah dipadati lemak, maka hal itu dapat meningkatkan suhu sktrotum sehingga menghambat kesuburan pria.

Lalu, seperti apa ciri-ciri pria mandul?

Setelah memperhatikan berbagai faktor di atas, berikut adalah berbagai ciri-ciri pria mandul yang bisa diamati:

1. Rambut tumbuh hanya sedikit

Pada saat hormon seks pria dalam kadar yng kurang, maka pertumbuhan sperma juga bisa terganggu. Dan sebagai akibatnya pria mandul. Adapun salah satu cirinya adalah sedikitnya rambut-rambut yang biasdanya dominan pada pria. Misalnya kumis, jenggot, bulu kaki, bulu dada dan lainnya. Meski begitu, kondisi ini juga bisa disebabakan akibat faktor genetik atau ras.

2. Hasrat seks yang rendah

Jika anda mendapati hasrat sek rendah, maka ini juga bisa menjadi salah satu ciri kemandulan pada pria berikutnya. Kondisi ini sendiri kemungkinana besar juga bisa dikarenakan masalah hormonal. Lantaran umumnya dorongan seksual berasal dari melonjaknya hormon pria atau testosteron.

3. Gangguan fungsi seksual

Munculnya masalah pada fungsi seksual, seperti halnya kesulitan melakukan atau mempertahankan ereksi (diisfungsi ereksi), maka dapat menjadi tanda bahwasannya anda mungkin tidak subur. Begitu juga dengan hambatan ketika melakukan ejakulasi, hal dapat disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya mani yang encer, bentuk sperma yang abnormal, penyakit azoospermia, jumlah sperma tinggi retrograde ejaculation (kacaunya aliran sperma) dan lainnya.

4. Jumlah sperma yang dikeluarkan terlalu sedikit

Kadar sperma dikatakan rendah, apabila jumlahnya berada dibawah normal, yakni kurang dari 15 juta/ml cairan mani atau 39 juta per ejakulasi. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kadar sperma menurun. Seperti halnya infeksi testikel, varikokel, antibodi yang menyerang sperma, tumor dan lainnya. Adapun faktor lainnya yang juga bisa menyebab prosuksi sperma menurun diantaranya dampak radiasi atau sinar X, suhu testikel terlalu tinggi, rokok, obat-obatan hingga obesitas.

5. Testikel dakit dan bengkak

Apabila ini sampai terjadi, maka salah satu penyebabanya bisa jadio karena varikokel. Varises pada organ kemaluan ini bisa disebabkan oleh bengkaknya pembuluh darah di area testikel sehingga menghambat jalannya sperma. Bahkan tak hanya itu, varikokel juga mampu menurunkan jumlah sperma yang diejakulasikan. Untuk itu, jika anda mengalami bengkak pada testikel asebaiknya segera periksakan ke dokter.

6. Tidak befungsinya indra penciuman

Ciri-ciri pria mandul yang lainnya adalah masalah genetik yang serig di sebut dengan istilah sindrom kallman. Sindrom ini biasanya diterangai dengan kurang bahkan tidak berfungsinya indra penciuman. Tak hanya pria, wanita pun bisa mengalami kondisi ini.

7. Tekstur testikel yang kecil dan padat

Tak jarang penyebabnya adalah sindrom klinefelter yang menyerang 1 dari 600 pria. Kondisi bawaan ini membuat hormon testosteron tak bisa lagi di produksi sebagaimana mestinya saat seorang pria masuk masa puber. Dan sebagai akibatnya, ukuran testis sangat kecil di bawah ukuran normal.

8. Infeksi pernapasan

Tak diketahui kaitanya secara pasti, namun apabila jika seorang pria sering menderiota infeksi pernapasan secara berulang, yang mana sembuh lalu kambuh secara berulang, maka itu juga bisa menjadi pertanda seorang pria mandul.

9. Pertumbuhan payudara tidak normal

Bberapa diantara pria memiliki payudara yang cukup besar. Keadaan ini bisa disebabakan olh hiperesterogen. Kelebihan kadart hormon wanita dalam tubuh pria ini dapat mengganggu produksi sperma sehingga berujung pada ketidaksuburan atau kemandulan.

Nah itulah ciri-ciri pria mandul dan penyebabnya yang  sebaiknya anda waspadai. Sehingga, apabila anda telah berusaha untuk memiliki momongan sudah berjalan lebih daripada 1 tahun, namun belum berhasil, dan mengalami beberapa gejala diatas, untuk memastikannya sebaiknya anda segera konsultasikan dengan dokter.

By Nida Saripah - Kesehatan Jum'at, 23 Maret 2018 12:28:14

Related Post :
Alami
Obat Penghancur Batu Empedu…

Obat penghancur batu empedu…

Alami
Cara Alami Mengobati Sakit…

Ada banyak cara mengobati…

Penyakit
Mengenal Gejala Dan Penyebab…

Mengenal gejala dan penyebab…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Kesehatan
Jangan Berlebihan! Ini Bahaya…

Berikut ini bahaya konsumsi…

Penyakit
Mengetahui Penyakit Mata yang…

Kebutaan merupakan kondisi dimana…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Perawatan Alami Setelah Keguguran Tanpa Kuret

Perawatan alami setelah keguguran tanpa…

Kesehatan
Makanan yang Dianjurkan Setelah Operasi Usus Buntu

Tubuh harus tetap diberi nutrisi…

Kesehatan
Risiko Kesehatan Dibalik Penggunaan Sandal Jepit

Sandal jepit memang sangat ringan…

Kirim Pertanyaan
Top