Waspada! Anak Down Syndrome Bisa Alami Masalah Kesehatan Ini

Share dan Tag Temanmu di :

Mungkin Anda pernah melihat ada beberapa anak yang memiliki ciri fisik yang tak wajar. Seperti wajah datar, bola mata yang sering melihat ke atas, dengan otot-otot tangan atau kaki yang lemah. Mereka yang memiliki ciri-ciri tersebut disebut memiliki down syndrome. 

Down syndrome atau sindrom down adalah gangguan genetika paling umum yang menyebabkan perbedaan kemampuan belajar dan ciri-ciri fisik tertentu. Down syndrome tidak bisa disembuhkan, namun dengan dukungan dan perhatian yang maksimal, maka anak-anak dengan down syndrome bisa tumbuh dengan bahagia. 


Anak yang lahir dengan down syndrome memiliki karakteristik fisik yang khas, seperti hidung datar, letak telinga yang rendah, leher yang pendek, lidah besar, dan lainnya. Selain itu, anak dengan Down syndrome juga sering dikaitkan dengan kemampuan kognitif yang rendah. 

Namun, selain itu, anak dengan kondisi down syndrome juga berisiko tinggi untuk mengalami berbagai masalah kesehatan lainnya. Dan berikut ini merupakan beberapa masalah kesehatan yang bisa dialami anak down syndrome yang perlu diwaspadai, diantaranya adalah :

  • Penurunan kadar hormon tiroid

Anak dengan kondisi down syndrome rentan mengalami kekurangan hormon tiroid (hipertiroid). Kondisi ini menyebabkan terjadinya hipotermia atau suhu tubuh sangat rendah, susag buang air besar, tampak lemas, lidah besar, rahang kecil, pusar menonjol, dan kegemukan atau obesitas. Maka dari itu, skrining kadar hormon tiroid juga penting dilakukan pada anak yang mengidap down syndrome.

  • Masalah penglihatan

Lebih dari 60% anak dengan down syndrome memiliki masalah pada penglihatannya, salah satunya yaitu katarak sejak lahir. Risiko ini akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia anak. 

Masalah kesehatan mata lain yang juga bisa dialami oleh anak dengan down syndrome adalah rabun dekat dan gerakan bola mata involuter (terjadi secara tiba-tiba). 

  • Infeksi

Dibandingkan dengan orang biasa, anak dengan down syndrome memiliki risiko 12 kali lipat untuk mengalami infeksi. Hal ini disebabkan karena anak dengan gangguan tersebut memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuh, sehingga kuman atau bakteri sangat mudah menimbulkan infeksi. Itulah sebabnya mengapa anak dengan down syndrome perlu mendapatkan imunisasi lengkap sesuai dengan jadwal. 

  • Gangguan jantung

Hampir setengah dari jumlah anak dengan down syndrome memiliki penyakit jantung bawaan (kongetital). Mereka juga umumnya mengalami berbagai kelainan jantung berupa kebocoran dinding jantung, masalah katup jantung, sampai kelainan pembuluh darah besar.

Namun, kelainan jantung yang paling sering dialami anak down syndrome adalah kebocoran katup jantung antar serambi dan antar bilik jantung (antrioventricular septal defect). 

Kelainan jantung bawaan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya yaitu penumpukan cairan di paru-paru. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko kejadian infeksi paru, gagal jantung, tubuh anak tampak biru, berat badan sulit naik, dan berbagai masalah lainnya. Maka dari itu, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan EKG (echocardiografi) secara berkala pada anak dengan down syndrome.

  • Kelainan darah

Kanker darah (leukemia) merupakan salah satu kondisi yang lebih sering terjadi pada anak dengan down syndrome. Risikonya 10-15 kalil ipay lebih besar jika dibandingkan dengan anak normal. 

Selain leukemia, anak dengan kondisi down syndrome juga berisiko mengalami anemia atau kurang darah, dan polisitemia vera atau peningkatan kadar sel darah merah lebih sering. Masalah ini memerlukan penanganan dan pemantauan khusus dari tim medis yang ahli. 

  • Masalah pendengaran

Masalah pendengaran merupakan salah satu masalah kesehatan yang juga sering dialami oleh anak dengan down syndrome dan terjadi pada sekitar 70%-75% anak down syndrome.

Biasanya masalah pendengaran pada anak dengan down syndrome disebabkan oleh masalah pada struktur anatomi telinga. Maka dari itu, mereka yang mengalami kondisi ini harus menjalani pemeriksaan pendengaran saat dilahirkan. 

Jika anak terlahir dengan kondisi down syndrome, sebaiknya teruslah monitoring pertumbuhannya bersama dokter anak agar Anda bisa mengetahui dan mengantisipasi setiap masalah kesehatan yang mungkin terjadi sejak dini. Sehingga kemungkinan komplikasinya bisa dicegah dengan segera.

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Sabtu, 24 Maret 2018 11:28:16

Related Post :
Kesehatan
Metode Pengobatan Ayurveda Dari…

Ayurverda biasa dikenal oleh…

Ibu Hamil
Pengaruh Kolesterol Tinggi Pada…

Ibu hamil harus mengetahui…

Tips
Tips Agar Lancar Buang…

Ada beberapa tips agar…

Obat Kimia
Khasiat Obat Sulfasalazine Untuk…

Obat sulfasalazine termasuk obat…

Tips
Tips Meredakan Sakit Maag…

Ramuan bras kencur merupakan…

Alami
Perawatan Rambut Rusak Parah…

Perawatan rambut rusak parah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Cara Penanganan Asma Yang Tepat Pada Anak

Berbagai cara penanganan asma pada…

Ibu Dan Anak
Penyebab Umum Bayi Menangis dan Cara Mengatasinya

Sebagian besar orangtua, terutama orangtua…

Ibu Dan Anak
Dampak Dan Bahaya Sering Menelan Pasta Gigi Pada Anak

Dampak dan bahaya sering menelan…

Kirim Pertanyaan
Top