Sulfadiazine Antibiotik Sulfonamide Untuk Menangani Infeksi

Share dan Tag Temanmu di :

Obat yang tergolong sebagai antibiotik sulfonamide ini biasa digunakan untuk menangani sejumlah infeksi yang diakibatkan oleh bakteri. Tidak hanya mengobati, sulfadiazine juga bisa digunakan untuk mencegah episode berulang pada penderita demam rematik. Sulfadiazine antibiotik sulfonamide untuk menangani infeksi ini bekerja dengan membunuh bakteri atau dengan menghentikan perkembangbiakannya. Obat ini harus dipakai dengan resep dokter dan tidak akan efektif mengobati infeksi yang disebabkan virus. Juga tidak bisa diberikan kepada bayi yang berusia di bawah dua bulan.

Obat yang berbentuk tablet ini tidak bisa dikonsumsi sembarangan oleh perempuan yang sedang hamil. Sementara untuk perempuan yang sedang menyusui mutlak tidak boleh mengonsumsinya. Harap hati-hati jika dikonsumsi oleh penderita gangguan hati, gangguan ginjal, asma, gangguan darah seperti porfiria, kekurangan enzim glukosa-6-fosfat dehidrogenase, serta orang dengan defisiensi vitamin B9 atau asam folat.

Tidak dianjurkan untuk menggunakan sulfadiazine antibiotik sulfonamide untuk menangani infeksi bersama dengan obat-obatan lain termasuk obat herbal tanpa sepengetahuan dokter. Hal ini dikhawatirkan bisa memberi efek yang membahayakan. Sulfadiazine bisa mengganggu kinerja obat anestesi bahkan bisa menghentikan kerja vaksin tifoid oral. Oleh karena itu, beri tahu dokter jika Anda sedang menggunakan sulfadiazine dan akan melakukan prosedur yang berkaitan dengan anestesi. Sulfadiazine bisa membentuk kristal pada urin. Oleh karena itu, perbanyak minum air putih selama menggunakan obat ini. Jika terjadi reaksi alergi atau terjadi overdosis, segera temui dokter.

Dosis antibiotik golongan sulfonamide yang diperuntukkan dalam mencegah infeksi pada pasien dewasa, takarannya sekitar 2000 sampai 4000 miligram per hari, dibagi menjadi 3 sampai 6 kali dosis minum. Untuk bayi diatas dua bulan sampai anak-anak, dosis disesuaikan dengan berat badan yakni 75 miligram per kilogram setiap hari. Jika perlu, dosis ditingkatkan menjadi 150 miligram per kilogram. Sama halnya dengan pasien dewasa, pemberian obat antibiotik ini harus dibagi menjadi 4 sampai 6 kali dosis minum. Yang harus digarisbawahi, takaran maksimal untuk bayi dan anak-anak perharinya adalah 6000 miligram.

Untuk mencegah demam rematik, takaran 1000 miligram per hari akan diresepkan dokter pada pasien yang memiliki berat badan di atas 30 kg. Sementara untuk pasien yang berat badannya di bawah 30 kg, dosisnya sebesar 500 mg per hari. Sebelum mengonsumsinya, baca informasi pada kemasan. Pastikan ada jarak waktu cukup antara satu dosis dengan dosis selanjutnya. Dilarang untuk menggandakan dosis sulfadiazine untuk menggantikan dosis yang terlewat.

Ketahui efek samping dari mengonsumsi sulfadiazine untuk menangani infeksi, seperti diare, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, dan mual. Segera konsultasi dengan dokter jika mengalami ruam kulit, mulut bengkak disertai sulit bernafas, serta demam tinggi.

By Sri Maryati - Obat Kimia Selasa, 23 Agustus 2016 07:40:01

Related Post :
Manfaat
Manfaat Tak Terduga Pasta…

Manfaat tak terduga pasta…

Kesehatan
Pilihan Menu Sahur yang…

Agar penyakit maag tidak…

Kesehatan
Buah-buahan Untuk Menurunkan Asam…

Buah-buahan untuk menurunkan asam…

Kesehatan
Keuntungan Berhenti Merokok Bagi…

Setelah anda berhenti merokok…

Kesehatan
Salah Membersihkan Telinga Bisa…

Salah membersihkan telinga dengan…

Penyakit
Jenis Penyakit Pada Sistem…

Informasi tentang jenis penyakit…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Tizanidine Untuk Mengurangi Ketegangan Otot

Anda pernah mengalami kejang otot?…

Obat Kimia
Obat Pereda Gejala Asma Kimia Salbutamol

Obat Pereda Gejala Asma Kimia…

Obat Kimia
Baclofen, Obat Kimia Relaksan Otot

Baclofen, Obat Kimia Relaksan Otot…

Kirim Pertanyaan
Top