Cara Pencegahan yang Tepat untuk Hindari Down Syndrome

Share dan Tag Temanmu di :

Tidak sedikit bayi yang terlahir dengan kondisi kelainan Down syndrome. Sampai saat ini, hal tersebut masih menjadi hal yang menakutkan bagi para orangtua. Terlebih lagi sampai saat ini belum ditemukan apa yang menjadi penyebab Down syndrome secara pasti.

Down syndrome tidak dapat diobati. Kondisi ini bisa terjadi seumur hidup, namun dengan perawatan yang tepat, maka orang dengan Down syndrome dapat bertumbuh dengan sehat, hidup dengan bahagia dan produktif bagi lingkungan.


Walaupun begitu, ternyata ada beberapa cara pencegahan Down syndrome tepat dan efektif yang  bisa dilakukan. Beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk memperkecil risiko melahrikan anak dengan kondisi Down syndrome, diantaranya adalah :

  • Terapkan gaya hidup sehat

Menjalankan pola hidup sehat merupakan hal yang sangat penting selama kehamilan. Anda perlu memnuhi kebutuhan gizi selama kehamilan, dan pastikan aspan yang dikonsumsi selalu berasal dari sumber yang bersih dan sehat. Hindari mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan yang mengandung bahan pengawet berbahaya. 

Selain itu, lakukan juga olahraga ringan sebanyak 3 kali seminggi. Pastikan pula Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup, dan terhindari dari stres ataupun depresi. 

  • Lakukan pemeriksaan antenatal secara rutin dan teratur

Pemeriksaan antenatal sangat penting dilakukan di minggu-minggu pertama kehamilan. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan bakal janin, termasuk untuk mendeteksi dan mencegah berbagai kelainan yang mungkin terjadi. 

  • Cukupi kebutuhan asam folat saat hamil

Asam folat merupakan asupan yang harus dipenuhi oleh wanita yang sedang berencana hamil atau sedang dalam fase kehamilan. Hal ini disebabkan karena zat gizi tersebut terbukti efektif ntuk membantu mencegah kelainan yang mungkin terjadi pada janin, termasuk Down syndrome. 

Asam folat yang diperlukan saat merencanakan kehamilan atau selama hamil adalah sekitar 400-800 mg per hari. Zat gizi ini bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau, buah, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta susu hamil. 

  • Hindari paparan zat-zat berbahaya

Jika Anda sedang merencanakan kehamilan atau sedang dalam masa kehamilan, pastikan Anda dan pasangan terhindar dari minuman beralkohol ataupuk rokok dan paparan asapnya. Hal ini disebabkan karena kedua komponene berbahaya tersebut dapat memengaruhi kualitas sperma pria dan sel telur pada wanita. Sedangkan, paparan alkohol atau rokok dapat memberikan dampak buruk secara langsung pada janin dalam kandungan  selama kehamilan.

Setiap orangtua pasti memiliki anak yang sehat dan tidak memiliki kekurangan apapun. Untuk menghindari Down syndrome, tidak ada salahnya Anda mulai menerapkan beberapa cara diatas dan jangan lupa juga untuk selalu berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan jika Anda dan pasangan memiliki kondisi kesehatan khusus yang berhubungan dengan kehamilan. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Tips Rabu, 28 Maret 2018 10:27:41

Related Post :
Kesehatan
Waspadai Ancaman Bakteri Listeria…

Pada hari Senin kemarin,…

Tips
Cara Efektif Atasi Lidah…

Mengonsumsi makanan atau minuman…

Kesehatan
5 Jenis Terapi Untuk…

Autisme memang tidak dapat…

Obat Kimia
Obat Pereda Bronkitis Akut…

Obat Pereda Bronkitis Akut…

Tips
Tips Mudik Yang Aman…

Wajib tahu! ini tips…

Obat Kimia
Risperidone Obat Antipsikotik Untuk…

Risperidone obat antipsikotik untuk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Meredakan Nyeri Haid Hari Pertama Dengan Cepat

Tips dan cara meredakan nyeri…

Tips
Ingin Puasa Sekaligus Diet Anda Sukses? Lakukan Tips Ini!

Momen puasa sebenarnya merupakan waktu…

Tips
Tips Pencegahan dan Pengobatan Kanker Usus Besar

Kanker usus besar menjadi salah…

Kirim Pertanyaan
Top