Fakta Menarik Seputar Manfaat Masker Kopi Agar Kulit Awet Muda

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat masker kopi dalam dunia kecantikan dipercaya mampu memberikan khasiat dalam mengangkat sel kulit mati serta mambuat kulit menjadi lebih awet muda. Bahkan pada saat ini, tak sedikit label produk kecantikan juga turut menjadikan ekstrak kopi menjadi bagian dari bahan yang terkandung didalamnya.


Siapa yang tak mengenal kopi? pasti semua orang mengetahuinya. Kopi yang telah di seduh menggunakan air panas umumnya menjadi minuman favorit bagi sebagian orang. Dan alangkah lebih nikmat jika disajikan bersama cemilan seperti biskuit dan lainnya.

Namun kopi tak hanya nikamat untuk dikonsumsi, bubuk kopi juga nyatanya bisa diolah menjadi masker kopi untuk kecantikan kulit. Adapun masker sendiri adalah paduan bahan yang dioleskan pada permukaan wajah, dan dibiarkan selama beberapa waktu hingga mengering untuk kemudian dibilas hingga bersih. Proses mendiamkan ini bertujuan agar bahan aktif yang terdapat didalam masker tersebut dapat meresap ke dalam kulit.

Fakta seputar kandungan dan manfaat masker kopi agar kulit awet muda

Mungkin anda hanya mengenal bahan alami yang dapat digunakan untuk paduan masker adalah buah dan sayur. Namun di samping itu, beberapa jenis biji-bijian seperti kopi juga bisa anda manfaatkan untuk diolah menjadi masker. Selain aromanya yang menenangkan, biji kopi sendiri diketahui sangat kaya akan kandungan antioksidan alami bernama quinines yang akan semakin aktif setelah di panggang.

Kandungan antioksidan yang kuat seperti halnya polifenol, asam klorogenik, asam quinic dan asam ferulic yang terkandung dalam ekstrak kopi, terutama kopi arabica, disebut-sebut dapat memperbaiki garis-garis halus di wajah, keriput hingga pigmentasi kulit. Selain dari pada itu, kopi juga terkenal mengandung kafein.

Kafein sendiri banyak digunakan sebagai senyawa aktif dalam produk antiselulit karena mencegah akumulasi yang berlebihan. Senyawa kafein juga diketahui mampu membantu melindungi kulit dari radiasi sinar UV serta memperlambat proses penuaan kulit. Produk kecantikan yang mengandung kopi juga mampu meningkatkan produksi kolagen dan menjaga peredaran darah pada kulit.

Maka dari itu, meski manfaat kopi yang dioleskan pada kulit belum sepenuuhnya terbukti, akan tetapi hal yang pasti adalah antioksidan sendiri sangat dibutuhkan kulit untuk menangkal radikal bebas agar kulit tetap awet muda. Adapun radikal bebas sendiri merupakan sebutan untuk sel-sel rusak yang dapat menyebabkan kondisi negatif tertentu. Adapun dari luar tubuh, radikal bebas bisa ditimbulkan dari asap rokok serta radiasi yang umumnya menjadi penyebab penuaan dini.

Tips membuat masker kopi sendiri

Untuk memaksimalkan kandungan masker kopi untuk kulit, anada, anda bisa memadukan masker kopi dengan bahan alami lainnya seperti yogurt, susu, minyak zaitun dan juga madu.

Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu:

  • 4 sendok makan bubuk atau biji kopi yang telah dihaluskan
  • 1 Sendok makan gula atau garam
  • 2 sendok makan susu atau yogurt tanpa rasa. Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa asli.

Untuk cara pembuatan, ikuti intruksi berikut:

  • Campurkan semua bahan pada satu wadah.
  • Aduk semua bahan hingga merata. Jika menggunakan biji kopi, pastikan biji kopi telah tergiling halus.
  • Setelah masker kopi jadi, oleskan pada kulit wajah yang telah dibersihkan.
  • Biarkan hingga mengering.

Adapun untuk membersihkan wajah dari masker, tekan kain basah halus yang sudah direndam dalam air hangat ke wajah anda hingga masker mengndur dan terlepas. Hindari menggosokan kain tersebut ke wajah, terlebih jika kulit anda tergolong sensitif.

Meski hingga saat ini, manfaat masker kopi belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah, namun mengingat bahan-bahannya yang alami dan mudah didapat, tidak ada salahnya untuk mencoba masker kopi diatas Namun apabila ternyata kulit anda alergi terhadap masker ini, sebaiknya gunakan masker alami yang lainnya.

By Nida Saripah - Manfaat Kamis, 29 Maret 2018 08:57:53

Related Post :
Obat Kimia
Acarbose Obat Untuk Penderita…

Acarbose Obat Untuk Penderita…

Obat Cina
Khasiat Angkak Sebagai Obat…

Angkak atau beras fermentasi…

Manfaat
12 Jenis Akar Tanaman…

Dari sebuah tanaman obat…

Tips
Tips Hilangkan Bekas Luka…

Selain dengan salep atau…

Ibu Hamil
Diagnosis Dan Penanganan Kehamilan…

Kehamilan ektopik harus segera…

Penyakit
Mengenal Gejala Dan Penyebab…

Tahukah anda apa itu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Jangan Sepelekan Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan Berikut

Disamping memiliki rasa yang nikmat,…

Manfaat
Mengetahui Khasiat Daging Kuda Bagi Kesehatan Tubuh

Selain memiliki susu yang sudah…

Manfaat
Ini Manfaat Menakjubkan Kacang Mete Untuk Kesehatan

Informasi tentang kandungan gizi dan…

Kirim Pertanyaan
Top