Bisul Sering Muncul Secara Berulang? Ternyata Ini Penyebabnya

Share dan Tag Temanmu di :

Bisul sering muncul secara berulang atau yang biasa disebut dengan bisulan, tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan. Untuk itu, sebaiknya anda segera mengetahui berbagai penyebab serta cara pencegahannya yang tepat, seperti yang akan kami sampaikan dalam ulasan berikut ini.

Bisul atau dalam bahasa latinnya dikenal dengan nama abscessus adalah suatu kumpulan nanah yang terakumulasi dan mengumpul pada rongga-rongga jaringan, setelah sebelumnya mengalami infeksi terhadap sesuatu. Penyakit kulit ini juga termasuk ke dalam penyakit menular, terlebih melalui kontak terhadap kulit. Hal terasebut lantaran bisul yang telah pecah akan mengeluarkan nanh yang berisi bakteri, yang mana dapat menimbulkan bisul pada wilayah yang terkena.

Sebelum benar-benar muncul pada bagian tubuh tertentu, bisul sendiri kan mengalami beberapa macam proses terlebih dahulu. Pertama, bakteri akan masuk ke dalam tubuh melalui jaringan kulit. Bakteri tersebut akan mengeluarkan racun yang dapat merusak serta membunuh sel-sel yang berada didalam kulit.

Ketika terjadi infeksi, maka secara alami tubuh akan menambah jumlah sel darah putih untuk membunuh bakteri tersebut. Setelah itu, sel kulit akan menutup racun tersebut agar tidak menyebar dengan cara melakukan pembentukan dinding. Proses pembentukan dinding ini menjadi bisul. yang didalamnya berisi racun dan juga nanah.

Penyebab bisul sering muncul secara berulang atau bisulan

Pada beberapa penderitanya, bisul umumnya hilang dan tidak muncul kembali setelah mendapatkan pengobatan bisul yang tepat. Namun pada sebagian penderitanya yang lain, bisul kerap muncul kembali bahkan muncul di beberapa titik tubuh lainnya. Tentunya sederet pertanyaanpun muncul, seperti mengapa itu bisa terjadi?

Pada dasarnya, bakteri staphylococcus aureus adalah penyebab utama bisul. Bakteri ini umumnya dapat ditemukan pada kulit dan didalam hidung manusia tanpa menimbulkan masalah. Infeksi terjadi pada saat bakteri ini masuk hingga folikel rambut melalui luka gores atau gigitan serangga.

Dan berikut beberapa penyebab lainnya yang memicu bisul kambuh kembali bahkan menjadi lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

1. Kebersihan yang kurang terjaga

Kebersihan sangatlah penting untuk kita perhatikan, baik itu kebersihan badan maupun sekitar. Lantaran lingkungan yang kotor bisa menjadi sarang kuman atau bakteri yang bisa dengan mudah menempel pada kulit kita. Bakteri sendiri mudah menyerang jika kulit kurang bersih, lembab, kebiasaan menggaruk kulit dengan tangan yang kotor maupun kekebalan tubuh yang terganggu.

2. Rendahnya sistem imun

Sistem imun atau kekebalan tubuh memiliki peranan besar sebagai cara alami tubuh untuk melawan berbagai serangan penyakit. Seringan apapun penyakit yang berusaha menyerang, jika sistem imun tubuh lemah, maka penyakit tersebutpun akan bisa masuk dan berkembang dalam tubuh termasuk bisul.

3. Asupan makanan yang buruk

Bisulan juga umumnya menyerang meraka yang kurang akan asupana nutrisi yang bergizi dan seimbang. Sebaiknya, imbangi menu makanan dengan sayuran hijau dan juga buah-buahan segar untuk melengkapi gizi yang di perlukan oleh tubuh.

Pada kasus dimana bisul sering kambuh berulang-ulang juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor penyebab bisul yang belum teratasi. Dan apabila bisul muncul dalam waktu yang belum lama (mingguan) setelah bisul sebelumnya sembuh, besar kemungkinan telah terjadi penyebaran kuman (bakteri) dari bisul sebelumnya.

Untuk itu, ketahui cara mengobati bisul yang tepat disamping menggunakan obat bisul alami untuk mencegah terjadinya penyebaran bakteri, yang menyebabkan bisul dapat tumbuh kembali bahkan dengan jumlah yang lebih banyak. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan ini bermanfaat. Salam sehat!

By Nida Saripah - Penyakit Jum'at, 30 Maret 2018 10:27:48

Related Post :
Ibu Dan Anak
Ruam Popok Jangan Diabaikan!…

Ruam popok jangan diabaikan!…

Penyakit
Ciri-Ciri Penderita HIV Atau…

Penyakit HIV/AIDS termasuk penyakit…

Alami
Obat Tradisional Untuk Mengatasi…

Selain dengan metode pengobatan…

Tips
Cara Efektif Mengatasi Bibir…

Cara efektif mengatasi bibir…

Alami
Obat Sirosis Hati Terbaik…

Daftar obat sirosis hati…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Jenis Penyakit Anemia Dan Penyebabnya

Penyakit anemia adalah suatu kondisi…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan Pengobatan Batu Ginjal

Informasi tentang penyebab batu ginjal,…

Penyakit
Berbagai Komplikasi Penyakit Impetigo Bulosa Dan Krustosa

Berikut adalah berbagai komoplikasi penyakit…

Kirim Pertanyaan
Top