Jenis Olahraga untuk Anak Down Syndrome dan Manfaatnya

Share dan Tag Temanmu di :

Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang menyehatkan. Melakukan olahraga secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai serangan penyakit. Selain itu, olahraga juga bisa menjaga proporsi tubuh tetap ideal. 

Sama halnya seperti anak-anak lain pada umumnya, anak Down syndrome juga perlu melakukan aktivitas yang beragam dan menstimulasi, salah satunya yaitu dengan melakukan olahraga. 

Olahraga dan beraktivitas fisik bisa membantu meningkatkan taraf hidup anak Down syndrome kedepannya. Lalu, jenis olahraga apa saja yang tepat untuk anak Down syndrome ?


Berikut ini merupakan beberapa jenis olahraga untuk anak Down syndrome yang disarankan, diantaranya :

Basket atau sepak bola

Olahraga beregu ini bisa melatih anak Down syndrome untuk bersosialisasi dengan yang lainnya. Mereka bisa belajar untuk menerima kekalahan dan bersikap rendah hati saat mendapatkan kemenangan. Dengan begitu, dalam kehidupan nantinya mereka bisa lebih menerima kekurangannya saat berada di lingkungan kerja dan lingkungan lainnya.

Berenang

Renang menjadi salah satu olahraga yang disarankan untuk anak Down syndrome. Renang adalah olahraga yang dapat melatih banyak otot dalam tubuh. Pasalnya saat berenang, otot ekstremitas atas, bawah, serta otot perpanasan ikut terlibat sehingga anak dapat berkembang sesuai dengan usianya. Selain itu, dibandingkan dengan olahraga lainnya renang bisa membakar kalori lebih banyak dalam waktu yang sama.

Menari

Menari merupakan aktivitas yang menyenangkan. Disamping itu, bergerak menggunakan musik juga bisa melatih pendengaran serta otot-otot pada tubuh. Dengan belajar menari dan mengikuti alunan musik, maka bisa membantu meningkatkan kekuatan otot serta kemampuan pendengaran anak Down syndrome.

Untuk anak Down syndrome sendiri, olahraga atau aktivitas fisik memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah :

  • Mencegah obesitas

Penderita Down syndrome sangat rentan terkena obesitas. Melihat hal ini, sebaiknya perkenalkan anak dnegan aktivitas lapangan yang dapat membakar kalori sedini mungkin. Lebih lanjut, obesitas yang terjadi pada anak Down syndrome memiliki dampak kesehatan yang sama dengan orang normal lainnya. Mulai dari penyakit stroke, pembuluh darah, dan lainnya. 

  • Melatih otot

Perlu diketahui, anak dengan Down syndrome memiliki kekuatan otot yang tidak sesuai dengan anak sebayanya. maka dari itu, kemampuan motorik kasar anak Down syndrome pun lebih lambat. Kemampuan motorik kasar yang dimaksud adalah kemampuan tengkurap, duduk sendiri, merangkak sampai berjalan dan berlari.

  • Meminimalkan infeksi

Selain obesitas, penderita Down syndrome sangat rentan terhadap infeksi. Berolahraga secara rutin bisa meningkatkan imunitas sehingga bisa meminimalkan kemungkianan terjadinya infeksi pada anak.

  • Menguatkan jantung

Peredaran darah ke organ, terutama jantung, akan menjadi lancar setelah melakukan olahraga. Kebanyakan anak Down syndrome memiliki kelainan jantung. Meskipun tidak menyembuhkan, paling tidak olahraga bisa melancarkan peredaran darah sehingga jantung dan organ lainnya mendapatkan oksigen yang cukup. 

  • Bersosialisasi

Olahraga, khususnya yang beregu, seperti basket, sepakbola, atau yang lainnya, memiliki manfaat dalam melatih Down syndrome untuk bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya, baik itu dengan teman yang noemal ataupun sesama penderita Down syndrome. Hal ini akan membuat kepercayaan diri anak meningkat serta membantunya lebih mandiri. 

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Jum'at, 30 Maret 2018 10:51:52

Related Post :
Kesehatan
Makanan Untuk Melancarkan Haid…

Makanan untuk melancarkan haid…

Tips
Prosedur Pemasangan Ring Jantung

prosedur pemasangan ring jantung…

Tips
Cara Mengatasi Efek Samping…

Berikut adalah cara dan…

Alami
Cara Mengobati Kutu Air…

Cara mengobati kutu air…

Kesehatan
Menu Makanan Sehat Untuk…

Menu makanan sehat untuk…

Penyakit
Mengenali Jenis Kanker Paling…

Kanker merupakan salah satu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Ketahui Penyebab Anak Tetap Kurus Meski Makan Banyak

Berikut ini berbagai penyebab anak…

Ibu Dan Anak
Kenali Penyebab Dan Gejala Demam Rematik Akut Pada Anak

Kenali penyebab dan gejala demam…

Ibu Dan Anak
Kirim Pertanyaan
Top