Cara Mencegah Bisul Agar Tidak Tumbuh Lagi Secara Berulang

Share dan Tag Temanmu di :

Cara mencegah bisul agar tidak tumbuh lagi adalah hal yang perlu diketahui. Lantaran beberapa diantara penderitanya sering kali mengalami bisul secara berulang akibat faktor tertentu. Adapun untuk informasi selengkapnya, bisa anda ketahui dengan menyimak ulasang berikut ini.


Bisul merupakan benjolan merah pada kulit yang terasa sakit dan berisikan nanah. Selain itu, bejolan terasebut tak jarang membengkak, terasa hangat saat di sentuh serta terbentuk titik putih di puncak benjolan. Benjolan ini umumnya muncul kibat infeksi bakteri, yang memicu peradangan pada folikel rambut, yakni lubang tumbuhnya rambut.

Adapun bagian tubuh yang sering kali terkena bisul adalah wajah, leher, ketiak, bahu, bokong, dan juga paha. Hal ini terjadi lantaran beberapa bagian tubuh tersebut sering kali mengalami gesekan dan juga berkeringat. Selain itu, bisul juga dapat tumbuh pada kelopak mata, yang mana kondisi tersebut dikenal dengan istilah bintitan.

Cara mencegah bisu agar tidak tumbuh lagi secara berulang

Jika pada saat ini anda sering bisulan, atau dalam arti bisul sering muncul secara berulang, meski telah menggunakan obat bisul alami, berarti anda perlu mengetahui beberapa tips mencegah bisul tumbuh lagi secara alami. Diantaranya sebagai berikut.

1. Membudayakan pola hidup sehat dan bersih

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mencegah kemunculan bisul adalah dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan juga bersih. Hal ini termasuk dengan cara mandi, serta membersihkan badan menggunakan sabun untuk memaksimalkan pembunuhan bakteri-bakteri yang kemungkinan bisa masuk ke dalam tubuh.

Gunakanlah jenis sabun yang memiliki kandungan antibakteri. Jangan lupa juga untuk cuci dan basuh wajah anda setiap mandi. Dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih ini maka anda bisa terhindar dari bisul.

2. Memaksimalkan perlindungan tubuh terhadp kuman dan debu

Salah satu penyebab utama dari kemunculan bisul adalah bakteri debu dan juga kuan, yang menyebabakan allergen di udara. Semua hal tersebut bisa saja menempel didalam tubuh dan juga menginfeksi tubuh. Sehingga tak jarang menyebabakan bisul dan juga jerawat.

Untuk itu, untuk mencegah bisul baru tumbuh, anda bisa menggunakan proteksi yang maksimal terhadap tubuh anda. Seperti menggunakan masker, pakaianan yang tertutup, serta menggunakan perlindungan lainnya yang dapat mencegah menemplenya bakteri pada tubuh anda, yang bisa menyebbakan bisul.

3. Mengonsumsi makanan sehat agar menjadi antibakteri

Cara alami mencegah bisul yang tak kalah penting adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin serta mineral yang memiliki peranan penting sebagai antibakteri, mengandung vitamin A, mengandung vitamin C dan sebagaianya. Berbagai jenis vitamin tersebut ditemukan pada buah, sayur yang dapat memtikan serta mencegah masuknya bakteri ke dalam tubuh.

4. Mengurangi mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi

Salah satu hal yang dapat menyebabkan kemunculan bisul adalah mengonsumsi protein secara berlebihan. Adapun sumber makanan yang mengandung protein tinggi seperti susu, daging merah, serta telur yang merupakan salah satu penyebab kemunculan bisu. Untuk itu, bagi anda yang sering mengalami bisulan, alangkah baiknya tisdak mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi secara berlebihan.

5. Hindari polutan dan allergen

Memproteksi diri anda dari berbagai polutan dan juga allergen dapat menghindarkan diri anda dari ancaman bisu. Hal ini bisa dilakukan misalnya dengan cara menghindari lokaias yangmengandung banyak debu, seperti proyek kontruksi ataupun pabrik kimia serta lokasi yang kotor.

6. Tidak melakukan pencabutan bulu pada tubuh

Kebiasaan mencabuti bulu pada tubuh juga merupakan salah satu faktor lainnya yang menyebabakan kemunculan bisul. Ya, kebbiasaan ini akan membuat pori-pori tubuh menjadi membesar. Efek dalam jangka panjang dari pori-pori tubuh yang membesar ini adalah bakteri dan juga kuman akan masuk dengan mudah ke dalam tubuh. Sehingga akan meningkatkan potensi kemungkinan muculnya  bisul. Maka dari itu, hentikanlah kebiasaan mencabuti bulu, agar terhindar dari kemunculan bisul.

7. Hindari penggunaan handuk dan bantrang pribadi yang sering kontak dengan tubuh secara bersamaan

Cara mencegah bisul lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari penggunaan barang secara pribadi, yang memiliki kontak langsung dengan tubuh. Seperti halnya handuk, sarung tangan, pakaian secara bergantian tanpa di cuci terlebih dahulu. Kuman dan bakteri yang tertinggal pada barang-barang pribadi tersebut dapat menular dan menginfeksi tubuh, sehingga dapat menyebabkan kemunculan bisul pada tubuh.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar cara mencegah bisul agar tidak tumbuh lagi secara berulang. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Tips Sabtu, 31 Maret 2018 10:15:42

Related Post :
Tips
Tips Sehat untuk Mencegah…

Sinusitis merupakan inflamasi atau…

Kesehatan
Buah Dan Sayur Yang…

Informasi tentang buah dan…

Alami
6 Bahan Alami Untuk…

Berikut ini adalah beberapa…

Manfaat
Manfaat Daun Bidara Untuk…

Bidara adalah tanaman yang…

Kesehatan
Mengenal Xanthelasma Serta Penyebab…

Tahukah anda itu xanthelasma…

Kesehatan
Daftar Makanan Untuk Melancarkan…

Melancarkan buang air besar…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Mendeteksi Penyakit Leukemia yang Perlu Diketahui

Mengetahui cara mendeteksi penyakit leukemia…

Tips
Tips Merawat Payudara Agar Tetap Kencang Secara Alami

Tips merawat payudara agar tetap…

Kirim Pertanyaan
Top