Anak Kecanduan Bermain Game? Cegah dengan Cara Berikut!

Share dan Tag Temanmu di :

Bermain game menjadi salah satu aktivitas yang cukup banyak digemari, terutama oleh anak-anak. Hampir setiap anak suka bermain game, baik yang masih kecil ataupun yang sudah bersekolah. Bahkan, saat ini tidak sedikit pula orang dewasa yang tetap melakukan hobinya untuk bermain game, terutama game online, meskipun mereka sudah bekerja atau berkeluarga.  

Memang bermain game memiliki daya tarik tersendiri. Terlebih lagi, akhir-akhir ini variasi game semakin banyak dengan jenis yang beragam, jalan cerita yang menarik, serta gambar yang nyata dan interaktif semakin menarik minat anak ataupun dewasa untuk memainkannya.


Untuk anak sendiri, selain menyenangkan, bermain game juga bisa mengasah kreativitas dan dapat mengurangi tingkat stres si kecil. Namun, dibalik itu, bermain game juga bisa menyebabkan kecanduan pada anak, sehingga dirinya sering lupa waktu untuk melakukan aktivitas lain seperti belajar bahkan bersekolah.

Ada beberapa tanda-tanda anak kecanduan bermain game yang perlu diketahui, yaitu :

  1. Mengabaikan kebutuhan pokoknya, seperti makan, tidur, dan minum air putih.
  2. Menarik diri dari pergaulan. Anak yang kecanduan game lebih suka menghabiskan waktu mereka di rumah dan tidak tertarik untuk berkumpul bersama dengan keluarga atupun bermain bersama teman-temannya.
  3. Lupa mengerjakan PR atau tugas di rumah.

Agar bermain game tidak menyebabkan kecanduan dan mengganggu aktivitas anak, maka sebaiknya segra lakukan tindakan pencegahan. Dan berikut ini merupakan beberapa cara mencegah anak kecanduan bermain game yang bisa dilakukan, diantaranya :

  • Hindari meletakkan konsol game di kamar anak

Untuk mencegah anak bermain game sampai larut malam, hindari meletakkan konsol game atau gadget untuk bermain di dalam kamar tidur anak. Sebaiknya letakkan perangkat untuk bermain game tersebut di ruang keluarga atau di tempat lain yang mudan dipantau.

  • Batasi waktu anak bermain game

Batasi waktu anak untuk bermain game setiap harinya. Pastikan waktu anak bermain game tidak lebih dari 1 atau 2 jam perhari, khususnya selama hari-hari sekolah. Jadikanlah bermain game sebagai kegiatan yang dilakukan ketika anak sudah menyelesaikan berbagai kewajibannya, seperti belajar dan membuat pekerjaan rumah. 

Perlu diingat, Anda adalah pemegang kuasa atas segala perilaku yang dilakukan anak. Jangan biarkan si kecil mengambil keputusan sepihak tanpa persetujuan dari Anda sebagai orang tuanya. 

  • Gunakan fitur parental control

Hampir di setiap game terdapat fitur parental control yang memperbolehkan Anda mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan game tersebut. Dengan fitur ini, Anda bisa mengatur waktu anak untuk memainkan game terkait. 

Jika anak bermain game di komputer, pastikan Anda memasang software untuk membatasi akeses, termasuk mengatur waktu anak bermain game atau menjelajah internet. 

  • Ciptakan lingkungan belajar  yang menarik

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat belajar sebagai aktivitas yang menyenangkan dan tidak membosankan. Seperti, temani anak belajar dan ajari ia dengan menggunakan metode yang unik dan menarik. Dengan begitu, maka anak tidak akan mudah bosan, dan akan terus-menerus merasa penasaran mengenai pelajaran yang sedang dipelajari. Selain itu, tindakan ini juga bisa membuat hubungan Anda dan anak menjadi lebih dekat.

  • Ajak anak bermain di luar

Mengajak anak bermain di luar merupakan salah satu cara yang juga bisa dilakukan untuk mencegah aatu mengurangi kecanduan bermain game pada anak. 

Outbond merupakan salah satu contoh aktivitas yang baik untuk anak. Kegiatan ini dilakukan di luar rumah dan melibatkan aktivitas fisik. Dengan melakukan kegiatan outbond bersama, maka kesehatan fisik anak akan lebih terjaga, dan hubungan Anda dengannya juga akan lebih erat.

Selain menerapkan beberapa cara diatas, jangan lupa juga untuk selalu mendampingi anak ketika mereka bermain game. Dan jangan gunakan game sebagai pengalih perhatian anak agar mereka tidak mengganggu Anda bekerja atau menyelesaikan pekerjaan rumah. 

By Sri Maryati - Tips Sabtu, 31 Maret 2018 11:04:46

Related Post :
Alami
Bahan Alami Untuk Masker…

cara mempercantik bibir ayar…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Kacang…

Manfaat kacang panjang untuk…

Kesehatan
Buah-Buahan Yang Bagus Untuk…

Bagi orang yang sedang…

Tips
Mudah Lelah Saat Hamil?…

Banyak sekali penyebab mudah…

Tips
Penyebab Ketiak Basah (Burket)…

Sudah tidak asing lagi…

Kesehatan
Sering Sakit Pundak? Kenali…

Berikut ini informasi tentang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips
Cara Melakukan Olahraga Mata Agar Tidak Cepat Lelah

Layaknya tubuh, mata juga harus…

Tips
Cara Menjaga Kesehatan Payudara Dengan Baik Dan Benar

Cara menjaga kesehatan payudara dengan…

Kirim Pertanyaan
Top