Menakjubkan! Ini Manfaat Sarang Burung Walet Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Sarang burung walet sudah sejak lama digunakan sebagai bahan manakanan yang lezat dan memiliki harga jual fantastis. Awalnya sarang burung walet populer di Tiongkok, karena khasiatnya yang luar biasa, maka makanan ini menjadi populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. 

Selain memilikiu rasa yang lezat, sarang burung walet juga ternyata memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Dunia pengobatan tradisional meyakini bahwa sarang burung walet memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. 

Keyakinan akan besarnya manfaat dari sarang burung walet ini diperkuat dengan fakta tingginya nilai gizi yang terkandung didalamnya. Sarang burung walet diketahui kaya akan kandungan antioksidan, tinggi kandungan protein, asam amino, dan 6 hormon penting bagi manusia, diantaranya adalah testosteron dan stradiol. Para peneliti juga meyakini bahwa sarang burung walet mengandung karbohidrat dan sejumlah kecil lemak (lipid).

Mengetahui Manfaat Sarang Burung Walet Bagi Kesehatan 


Burung walet membuat sarang untuk tempat bertelur dari air liurnya yang mengeras. Liur burung walet juga berfungsi untuk merekatkan sarang ke langit-langit gua atau tempat di mana burung tinggal. 

Liur burung walet terbuat dari protein, yang juga tinggi akan kandungan kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium. Itulah sebabnya banyak orang yang menggap bahwa sarang burung walet bermanfaat bagi kesehatan. 

Ilmu pengobatan Cina percaya bahwa mengonsumsi sarang burung walet dapat menangkal penuaan, melawan kanker, hingga meningkatkan konsentrasi. Namun disamping itu, masih banyak manfaat sarang burung walet lainnya yang bisa Anda dapatkan, diantaranya :

Mencegah resistensi insulin

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi sarang burung walet secara rutin bisa mencegah terjadinya resistensi insulin pada orang-orang yang memiliki pola makan tinggi lemak. 

Kandungan zat yang ada dalam sarang walet dapat mencegah metabolisme tubuh memburuk sekaligus mencegah otak melepaskan sinyal untuk memperbanyak produksi insulin sebagai respon asupan lemak yang berlebihan. 

Walaupun penelitian ini hanya diuji cobakan pada tikus, namun tidak menutup kemungkinan akan memiliki hasil yang sama jika dikonsumsi oleh manusia. 

Mengandung asam amino penting

Liur yang digunakan untuk membuat sarang terbaut dari protein khusus yang terbuat dari berbagai jenis asam amino, seperti :

  • Tirosin, untuk mempercepat pemulihan setelah sakit
  • Asam aspartat dan prolin yang bermanfaat untuk regenerasi sel
  • Glukosamin, untuk membantu proses pemulihan tulang rawan
  • Sistein dan fenilalanin, untuk meningkatkan kerja memori, kerja implus saraf, dan kerja penyerapan vitamin D dari sinar matahari

Beberapa diantaranya merupakan asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapatkan dari sumber makanan. Sup sarang burung walet bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan asam amino yang diperlukan tubuh. 

Selain asam amino, sarang burung walet juga mengandung glikoprotein, jensi protein yang lebih mudah larut, serta kandungan antioksdannya lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan yang ada didalam sup ayam dan ikan. 

Sumber mineral yang baik

Manfaat sarang burung walet yang juga dipercaya akan berbagai mineral yang diperlukan tubuh, diantaranya mineral mangan, tembaga, serta seng yang berfungsi untuk meningkatkan kerja memori dan saraf, serta kromium untuk membantu penyerapan nutrisi di usus. 

Selebihnya juga terdapat mineral kalsium, zat besi, kalium, serta magnesium yang tak kalah banyak jumlahnya dalam sarang burung walet. Fungsi dari masing-masing mineral ini sangat penting bagi tubuh untuk membentuk sistem kekebalan alami serta membantu melawan peradangan. 

Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, Anda bisa mengonsumsi sarang burung walet dalam bentuk minuman, atau diolah menjadi sup yang nikmat. Walaupun memiliki manfaat yang banyak, namun tidak banyak orang yang bisa mengonsumsi sarang burung walet. 

Hal in disebabkan karena sarang burung walet termasuk salah satu jenis makanan yang memiliki harga jual yang mahal. Selain karena nilai gizinya yang tinggi, proses pembuatan produk sarang buruk walet yang berkualitas yang diambil langsung dari air liur burung walet ini sendiri juga masih terbilang cukup sulit. 

By Sri Maryati - Manfaat Senin, 02 April 2018 14:26:44

Related Post :
Kesehatan
Menteri Agama Terkena Sengatan…

Ikan pari memang cukup…

Penyakit
Mengenal Metode Pengobatan Hipertiroid…

Berikut adalah metode pengobatan…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Seledri…

Kegunaan, khasiat dan manfaat…

Kesehatan
4 Jenis Pantangan Makanan…

4 pantangan makanan bagi…

Penyakit
Ini Yang Bisa Anda…

Ini yang bisa anda…

Kesehatan
Ini yang Terjadi Jika…

Daging merang memang diketahui…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Belimbing adalah buah-buahan yang berasal…

Manfaat
Ini Manfaat Yang Di Dapat Jika Rutin Konsumsi Bayam Merah

Informasi manfaat dan khasiat kandungan…

Manfaat
Manfaat Megonsumsi Alpukat untuk Cegah Mata Katarak

Tak hanya nikmat, buah alpukat…

Kirim Pertanyaan
Top