Jangan Sentuh! Zat Ini Bisa Sebabkan Manusia Kecanduan Berat

Share dan Tag Temanmu di :

Anda pasti sering mendengar jika narkoba merupakan salah satu zat yang bisa membuat penggunanya mengalami kecanduan. Tapi, apakah Anda tahu jenis narkoba apa sajakah yang bisa membuat seseorang mengalami kecanduan parah ?

Hal ini tentunya cukup sulit untuk ditentukan. Pasalnya, berbagai riset memiliki tolak ukur yang berbeda dalam menentukannya. Tolak ukur tersebut bisa berupa efeknya bagi pecandu, harga di pasaran, seberapa cepat narkoba tersebut dalam memicu hormon dopamin di otak, hingga seberapa mudah zat tersebut membuat orang ketagihan. 


Namun, selain narkoba, juga ada beberapa zat lain yang bisa membuat manusia kecanduan berat. Dan berikut ini merupakan 5 zat yang bisa sebabkan manusia kecanduan berat yang harus dihindari, yaitu :

  • Barbiturat

Barbiturat (nama generik) atau dikenal juga dengan nama jalanan berupa bullet, gorillas, nembies, barbs, atau pink ladies ini sebenarnya digunakan untuk mengobati mereka yang mengalami serangan cemas dan kesulitan tidur. Biasanya dijual di berbagai toko-toko farmasi dengan nama generik yang beragam, seperti amobarbital, pentobarbital, fenobarbital, tuinal, atau sekobarbital. 

Mengonsumsi obat ini dalam dosis rendah bisa memicu euforia alias rasa senang berlebih pada penggunanya. Dalam dosis yang tinggi, Barbiturat mampu menghambat sistem respirasi. Pada kondisi ekstrem, penggunaan berlebih mampu membuat orang meninggal dunia. 

  • Kokain

Zat ini secara langsung dapat mengintervensi hormon dopamin pada otak, memicu rasa senag berlebih dan memutus sensor realitas pada manusia. Sekali saja menggunakannya mak Anda akan merasa ketergantungan. Ini disebabkan karena kokain dapat memicu hormon dopamin pada seseorang meningkat 3 kali lipat dari kadar normal, menurut tes terhadap hewan laboratorium.

Menurut data yang diperoleh, sekitar 21% total pengguna kokain di seluruh dunia menjadi pecandu cukup dengan hanya 1 kali mencobanya. Kokain menjadi zat yang paling banyak membuat orang jadi addicted. Menurut data di tahun 2009, sekitar 14-20 juta orang di dunia telah menggunakan kokain. 

  • Heroin

Ini merupakan zat yang paling membuat seseorang sangat kecanduan, dengan skor 3 (dari maksimal 3). Sebagai turunan opium, heroin mampu membuat kadar hormon dopamin dalam otak hewan laboratorium meningkat sampai 200% dari kadar normal. Heroin ternyata ditetapkan sebagai narkoba yang paling berbahaya dibandingkan dengan zat lainnya, karena dapat meningkatkan risiko kematian sampai 5 kali lipat bagi manusia. Zat ini merupakan yang paling merusak. 

  • Alkohol

Alkohol bisa meningkatkan hormon dopamin sekitar 40-360%, tergantung pada kadar ABV (alcohol by volume) pada produk yang dikonsumsi. Semakin banyak dikonsumsi, maka kadar hormon dopamin akan semakin meningkat. Sekitar 22% peminum alkohol memiliki tendensi untuk jadi pecandu berat. WHO menaksir bahwa ada sekitar 2 miliar orang di dunia telah mengonsumsi alkohol. 

  • Nikotin

Zat ini merupakan komposisi utama yang terkandung dalam rokok. Nikotin dapat masuk ke dalam paru-paru melalui asap yang diisap, kemudian akan diserap dan dilarikan ke otak. Nikotin ini akan memicu hormon dopamin pada manusia meningkat sampai sekitar 25%-40% dari kadar normal, tergantung pada berapa miligram nikotin yang diisap. Sampai saat ini terdapat sekitar 1 miliar orang di dunia yang merupakan seorang perokok aktif. 

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 03 April 2018 13:56:25

Related Post :
Kewanitaan
Mengenal Jenis-jenis Keputihan Dan…

Keputihan normal ataupun keputihan…

Ibu Hamil
Waspadai Bahaya Tidur Di…

Waspadai bahaya tidur di…

Kesehatan
Waspadai! Ini Berbagai Gejala…

Meskipun tidak semua penderita…

Penyakit
Mewaspadai Gejala Kanker Ovarium…

Kanker ovarium menjadi salah…

Kesehatan
Dampak Negatif Minuman Cepat…

Waspadai bahaya atau dampak…

Ibu Hamil
Hal yang Perlu Diperhatikan…

Kehamilan merupakan hal yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Usus turun

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?


Kesehatan
Pertolongan Pertama Pada Penderita Serangan Stroke

Pertolongan pertama pada penderita serangan…

Kesehatan
Menu Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi setelah Olahraga

Terkadang kita sering merasa lapar…

Kesehatan
Gejala Dan Penyebab Anemia Defisiensi Vitamin B12 dan Folat

Gejala dan penyebab anemia defisiensi…

Kirim Pertanyaan
Top