Cara Mudah Untuk Membedakan Nyeri Pinggang Dan Sakit Ginjal

Share dan Tag Temanmu di :

Cara mudah untuk membedakan nyeri pinggang dan sakit ginjal bisa anda ketahui dengan memperhatikan beberapa aspek. Mulai dari gejala, penyebab serta resiko yang di hadapi penderita. Adapun untuk mengetahui informasi selengkapnya, bisa anda simak dalam informasi berikut.


Sakit pinggang adalah salah satu gangguan kesehatan yang cukup  banyak dialami oleh masyarakat, khususnya di Indonesia. Meski sering kali dianggap sebagai kondisi yang di remehkan, sebagian masyarakat lainnya juga sering kali menganggap bahwasannya sakit pinggang ini disebabkan oleh gangguan ginjal.

Hal tersebut memang dikarenakan lokasi rasa nyeri terjadi pada lokasi yang sama. Posisi ginjal sendiri diketahui di rongga perut yang dekat dengan pinggang. Sehingga tidak mengherankan jika sakit ginjal juga tak jarang menyebabkan area pinggang kanan maupun kiri menderita nyeri yang luar biasa.

Namun, meski sakit pinggang tidak selalu mengindikasikan bahwa seseorang telah mengalami kelainan ginjal, kedua kondisi ini sebaiknya perlu dikenali dengan seksama. Sebab perawatan keduanya tentunya akan berbeda. Seperti jika anda hanya mengonsumsi obat sakit pinggang alami, padahal anda menderita sakit ginjal jelas itu tidak akan menghilangkan sensasi nyeri yang anda alami.

Cara Mudah untuk membedakan sakit pinggang dan sakit ginjal

Jika dilihat dari intensitas nyeri, mungkin akan sedikit cukup sulit untuk membedakan mana sakit pinggang ataupun gejala penyakit ginjal. Padahal, sakit pinggang bisa terjadi karena banyak faktor, seperti halnya masalah otot, ulang maupun syaraf.

Namun pada sakit pinggang yang disebabkan gangguan ginjal, bisanya intensitas nyerinya tidak akan berubah atau hilang karena perubahan posisi. Conto kasusnya seperti apabila nyeri itu berkurang pada saat penderitanya duduk atau berbaring, kemungkinan sakit pinggangnya bisa diakibatkan masalah lain, bukan ginjal.

Jika pada sakit pinggang umumnya rasa sakit yang dimulai dari tengah, pada gangguan ginjal umumnya rasa nyeri dimulai dari satu titik dibelakang tubuh serta menyebar ke tengah. Dan berbeda halnya apabila bagian yang terasa nyeri ditekan atau dipijat lalu terasa lebih sakit, kemungkinan itu bisa diakibatkan karena gangguan ginjal.

Selain intensitas nyeri, pebedaan sakit pinggang dan sakit ginjal lainnya adalah pasien sakit pinggang karena gangguan ginjal juga akan mengalami gejala lainnya seperti demam. Namun, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa demam bukan terjadi akibat infeksi pada otot pinggang. Selain itu, urin juga akan terlihat keruh bahkan kemerahan bercampur darah.

Adapun untuk penanganan lebih lanjut dan lebih terorganisir, sebaiknya dilakukan USG agar ginjal bisa dicek apakah salurannya normal atau tidak ada kelainan. Misalnya melebar karena tersumbat atau membengkak. Namun USG sifatnya hanya untuk mengetahui ada tidak adanya gangguan pada ginjal. Sedangkan untuk menilai masalah fungsi ginjal, harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di laboraturium.

Adapun supaya ginjal tetap berfungsi dengan baik dan sehat, tindakan preventif paling sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan minum air yang cukup. Kurangi juga mengonsumsi gula dan garam, banyaklah bergerak, minimakl jalan kaki dan rutin berolahraga.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar cara mudah untuk membedakan sakit pinggang dan sakit ginjal, yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru untuk kesehatan anda.

By Nida Saripah - Penyakit Rabu, 04 April 2018 11:04:46

Related Post :
Obat Kimia
Daftar Nama Obat Anyang-Anyangan…

Referensi nama dan merk…

Daun
Manfaat Daun Bungur Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Penyebab Susah Buang Air…

Berikut ini adalah penyebab…

Kesehatan
Kenali Tanda dan Gejala…

Kenali tanda dan gejala…

Kesehatan
Awas ! Jangan Konsumsi…

Informasi tentang bahaya mengkonsumsi…

Penyakit
Gejala Penyakit Demam Berdarah…

Penyakit demam berdarah merupakan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit
Awas ! Ini 10 Gejala Meningitis Yang Harus Diwaspadai

Anda mengalami sakit kepala berkepanjangan…

Penyakit
Diagnosis Dan Pengobatan Kanker Ginjal

Diagnosis dan pengobatan kanker ginjal…

Kirim Pertanyaan
Top