Mengenal Gejala Dan Penyebab Guillain Barre Syndrom (GBS)

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab Guillain Barre Syndrom atau GBS hingga kini belum diketahui secara pasti. Meski begitu. kondisi ini tetap perlu diwaspadai dan juga secepatnya mendapatkan penangan tepat. Karena jika bisa meningkatkan resiko terjadinya kelumpuhan, bahkan dampak terburuknya ialah dapat menyebabkan kematian. Untuk itu, simak informasi selengkapnya hanya disini.


Guillain-Barre Syndrom (GBS) adalah kondisi langka berupa gangguan dimana sistem kekebalan tubuh menyerang saraf anda. Kondisi ini kemungkinan besar dapat membuat saraf meradang yang mengakibatkan kelumpuhan atau kelemahan otot jika tidak segera diobati secepatnya.

Sindrom Guillain Barre ini diketahui bisa menjangkiti 1 dari 40.000 orang tiap tahunnya. Penyakit ini bukanlah penyakit turunan dan tidak melular, baik mlaluyi kelahiran, maupun terinfeksi oleh penderita yang terserang GBS. Kondisi sangat  beresiko tinggi dialami oleh pria dewasa, meski dapat dialami oleh siapa saja.

Gejala dan penyebab Guillain Barre Syndrom yang perlu anda waspadai

Ciri-ciri atau gejala awal penderita GBS diantaranya adalah rasa seperti ditusuk-tusuk jarum di ujung jari kaki atau tangan atau mati rasa dibagian tubuh tersebut. Kaki juga akan terasa berat dan kaku atau mengeras, lengan terasa lemah dan telapak tangan tidak bisa menggenggam erat atau memutar sesuatu dengan baik (Buka kunci, buka kaleng dan lainnya).

Selain itu, gejala biasanya di mulai dengan kesemutan atau baal pada kaki dan tungkai dan kemudian menyebar ke tubuh bagian atas dan lengan. Setelah sekitar 4 minggu, kebanyakan pasien akan membaik. Pasien biasanya perlu di rawat di Rumah Sakit selama beberapa minggu pertama.

Hal tersebut dikarenakan kondisi ini bisa mematikan jika kelemahan otot menyebar ke otot yang mengontrol pernapasan, denyut jantung dan tekanan darah. Adapun gejala Guillain-Barre Syndrome (GBS) lainnya adalah sebagai berikut:

  • Kehilangan refleks pada tangan dan kaki
  • Gatal-gatal dan kelemahan pada tangan dan kaki
  • Nyeri otot
  • Tidak bisa bergerak dengan leluasa
  • Tekanan darah yang rendah
  • Detak jantung yang tidak normal
  • Penglihatan buram atau juling
  • Bernapas berat
  • Sulit menelan

Adapun untuk penyebabnya, para ahli hingga kini belum mengetahui secara pasti. Namun di perkirakan lantaran saraf yang diserang oleh istem imun tubuhnya sendiri. Maka dari itu, tak jarang penyakit GBS ini juga sering kali disebut sebagai penyakit autoimun. Pada penyakit GBS, sistem imun diketahui menyerang selaput saraf (selubing mielin), sehingga menyebabkan keruksakan pada saraf.

Sistem imun mulai menyerang saraf umumnya sesudah pasien mengalami infeksi bateri ataupun virus. Biasanya, setelah infeksi paru-paru, lambung dan juga usus. Dan berikut adalah beberapa infeksi yang mencetuskan openyakir GBS, diantaranya meliputi:

  • Campylobacter jejuni, yang menyebabkan keracunan makanan.
  • Mycoplasma, yang menyebabkan pneumonia.
  • Cytomegalovirus, yang menyebabkan demam, meriang dan sakit tenggorokan, pembengkakn kelenjar getah bening, nyeri tubuh dan kelelahan.
  • Epstin Barr virus (EBV), yang menyebabkan mononukleosis.
  • Varicella Zoster Virus, yang menyebabkan cacar.

Adapun selain infeksi, keadan lainnya yang juga bisa mencetuskan penyakit sindrom Guillain barre ini adalah pembedahan dan juga limfoma hodgkin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar gejala dan penyebab Guillain Barre Syndrom (GBS) yang sebaiknya anda waspadai sejak dini. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi anda.

By Nida Saripah - Penyakit Kamis, 05 April 2018 11:14:00

Related Post :
Penyakit
Penyakit Infekasi Lambung Gejala…

Penyakit infeksi lambung beserta…

Penyakit
Komplikasi Batu Empedu Dan…

Batu empedu merupakan kondisi…

Obat Kimia
Metode Pengobatan Kutil Rekomendasi…

Kutil bisa hilang dengan…

Ibu Dan Anak
Gejala Dan Diagnosis Autisme…

Memiliki anak dengan autisme…

Kesehatan
Mewaspadai Bahaya Obat Nyamuk…

Disamping manfaatnya yang mampu…

Manfaat
Manfaat Luar Biasa Kulit…

Mulai sekarang, sebaiknya jangan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih

  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih


Penyakit
Penyebab Dan Gejala Hipoparatiroid

Hipoparatiroid dikenal sebagai kelainan langka…

Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Polip Dan Gejalanya

Informari tentang jenis-jenis polip beserta…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab dan Pencegahan Rabun Jauh

Mengenal gejala penyebab dan pencegahan…

Kirim Pertanyaan
Top