Ingin Mengganti MSG? Cobalah Penyedap Rasa Alami Ini !

Share dan Tag Temanmu di :

Monosodium glutamat (MSG) atau di Indonesia sering disebut dengan micin merupakan salah satu penyedap rasa buatan yang dapat memberikan rasa gruih pada masakan. MSG ini merupakan garam yang terdiri dari sodium/natrium (Na) dan glutamate yang akan menguatkan cita rasa masakan. 

Bahan penyedap ini cukup umum digunakan, baik di restaurant ataupun di rumah. MSG ini banyak digunakan dalam hidangan Asia, dan juga biasanya terdapat dalam makanan kemasan seperti keripik kentang, sup, salad dressing, daging kornet, dan sebagian besar makanan cepat saji. Bahkan, tidak sedikit orang yang mengaku tidak puas dengan rasa masakan yang dibuat jika tidak menambahkan MSG ke dalamnya. 


Walaupun begitu, tidak sedikit pula yang berusaha untuk menghindari penggunaan MSG, karena dikhawatirkan micin bisa bikin bodoh jika dikonsumsi secara berlebihan. Padahal, hal tersebut hanya mitos. 

Namun, disamping itu, tentu Anda mungkin sudah pernah mendengar berbagai bahaya penyedap rasa ini untuk kesehatan. Dalam sejarah memasak dan dunia kuliner, MSG telah menjadi bahan kontroversial yang banyak dikaitkan dengan berbagai gangguan kesehatan. 

Kini, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan, banyak orang yang mulai mengganti MSG dengan bahan-bahan dan bumbu alami yang lebih aman. Bagi masyarakat Indonesia, sebenarnya sangat mudah untuk menemukan bumbu penyedap rasa alami, karena Indonesia kaya akan berbagai jenis rempah. 

Jika Anda ingin mengganti MSG, cobalah penyedap rasa alami berikut untuk menambahkan rasa gurih pada masakah Anda, yaitu :

  • Kaldu ayam dan sapi

Kaldu ayam dan sapi biasanya banyak dijual dipasaran dalam bentuk bubuk atau blok. Produk kaldu ini sering dgunakan saat memasak. Namun, apakah Anda tahu jika sebagian besar kaldu yang dijual di pasaran mengandung MSG ?

Untuk mendapatkan kaldu yang bebas dari MSG, sebenarnya Anda bisa membuatnya sendiri walaupun memerlukan waktu yang cukup lama. Caranya sangat mudah, Anda cukup merebus tulang ayam atau sapi dalam air di atas api kecil selama 1-3 jam. 

Air hasil rebusan tulang ini akan memiliki rasa yang enak dan gurih. Kaldu ini bisa Anda simpan di freezer untuk digunakan kembali. 

  • Lada hitam dan lada putih

Bagi Anda yang suka makanan pedas, pasti sudah tidak asing lagi dengan bumbu yang satu ini. Lada hitam dan lada putih bisa memberikan sentuhan berbeda pada masakan, memberinya rasa yang pedas tanpa perlu menggunakan cabai.

  • Terasi

Terasi merupakan bumbu yang diolah dari bubuk ikan dan udang kecil yang telah melewati proses fermentasi, sehingga memiliki cita rasa yang khas. 

Walaupun umumnya digunakan sebagai penyedap sambal, akan tetapi terasi juga bisa dimanfaatkan untuk menumis sayuran, memasak nasi dan mie goreng, serta membumbui protein seperti ayam potong.

  • Garam dan gula

Kedua bahan ini merupakan bumbu dasar yang sering digunakan saat memasak. Garam merupakan penyedap rasa alami yang tentunya sangat mudah ditemukan. Untuk menciptakan rasa gurih, Anda bisa menambahkan gula ke dalam masakan untuk menyeimbangkan rasa asin dari garam.

  • Bawang merah dan bawang putih

Hampir semua masakan nusantara menggunakan bawang merah dan bawang putih sebagai salah satu komponen bumbunya. Dalam penggunaannya, kedua bahan ini bisa dengan cara dihaluskan atau diiris tipis. Bawang putih juga diketahui dapat memberikan rasa gurih yang alami sebagai pengganti MSG. Tambahkan sedikit garam untuk menghilangkan lendir pada bawang putih dan juga untuk memperkuat cita rasa masakan. 

Nah, itulah beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menggantikan MSG sebagai penyedap rasa alami. Bumbu dapur lain yang juga bisa dimanfaat diantaranya adalah merica, kunyit, atau jinten. Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan lain, seperti keju tua, daging, rumput laut, jamur, tomat, red wine, asparagus, ikan bilis, kacang, dan lainnya. 

Selain dengan memanfaatkan beberapa bahan tersebut, Anda juga bisa menghasilkan rasa gurih alami dari teknik memasak tertentu. Misalnya memanggang, merebus, atau mengungkep, dapat membantu melepaskan glutamat alami dalam makanan yang menghasilkan rasa gurih. Membakar daging atau ikan juga akan meningkatkan cita rasa yang dimilikinya. 

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 05 April 2018 11:53:58

Related Post :
Manfaat
Manfaat Luar Biasa Kulit…

Mulai sekarang, sebaiknya jangan…

Penyakit
5 Penyakit Ini Tanda…

5 penyakit ini tanda…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Mengenal khasiat dan manfaat…

Kewanitaan
Tips Perawatan Yang Tepat…

Anda tidak ingin mengalami…

Manfaat
Mengenal Sayuran Bok Choy…

Informasi lengkap tentang sayuran…

Kesehatan
Komplikasi Penyakit Bronkitis Yang…

Berikut adalah berbagai komplikasi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Dampak Negatif Terlalu Sering Mengonsumsi Obat Warung

Mengonsumsi obat warung dalam jangka…

Kesehatan
Makanan Pantangan bagi Penderita Rematik

Makanan pantangan bagi penderita rematik…

Kirim Pertanyaan
Top