Anda Penyuka Permen? Segera Ganti dengan Makanan Sehat Ini!

Share dan Tag Temanmu di :

Permen merupakan salah satu cemilan dengan rasa manis yang cukup banyak disukai, terutama oleh anak-anak. Namun, jangan terlalu sering mengonsumsi makanan manis seperti permen. Pasalnya permen hanya dapat memberikan rasa manis saja tanpa memberikan nutrisi tambahan pada tubuh. 

Mengonsumsi makanan manis terlalu banyak ternyata bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan, mulai dari kerusakan gigi, risiko diabaetes melitus, dan kenaikan berat badan. 

Namun, bagi Anda penyuka makanan manis, jangan khawatir. Karena masih ada beberapa pilihan makanan manis pengganti permen yang lebih menyehatkan. Sehingga Anda tetap bisa ngemil makanan manis tanpa khawatir dengan berbagai bahaya kesehatan yang disebutkan sebelumnya. 


Nah, berikut ini merupakan manakanan sehat pengganti permen yang bisa menjadi pilihan Anda, diantaranya :

  • Buah kering

Buah kering merupakan salah satu cemilan sehat pengganti permen yang bisa menjadi pilihan. Buah-buahan yang dikeringkan memiliki jumlah kalori dan gula yang lebih rendah dari permen dengan berbagai jenis rasa. Selain itu, tambahan dari nutrisi lain seperti vitamin C, serat, dan mineral lainnya adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan. 

Namun, perlu diingat, buah kering memiliki kandungan kalori lebih banyak daripada buah segar. Dalam secangkir anggur hanya terkandung sekitar 60 kalori, namun dalam 2 sendok makan kismis terkandung lebih dari 80 kalori. Oleh karena itu, campurkan buah kering dnegan kacang-kacangan seperti almond, mete, kenari, kacang tanah, dan jenis kacang lainnya untuk menambah protein dan mengurangi jumlah gula yang terkandung didalamnya. 

  • Pisang beku salut coklat

Pisang yang dicelupkan atau bersalut coklat hitam (dark chocolat) yang sudah dilelehkan bisa menjadi pilihan cemilah manis yang menyehatkan selanjutnya. Bukan hanya pisang, Anda juga bisa menggunakan buah-buahan lainnya, seperti mangga atau stroberi yang tidak kalah manis dan lezat. 

Buah pisang merupakan sumber kalium yang sangat baik. Kalium dapat membantu menjaga tekanan darah dan membantu menurunkan risiko penyakit stroke. 

Cara membuatnya pun cukup mudah. Bekukan buah, kemudian celupkan buah yang sudah beku ke dalam lelehan coklat hitam. Jika ingin coklatnya mengeras, maka masukkan kembali buah yang telah dibalut coklat ke dalam kulkas. Atau Anda juga bisa langsung mengonsumsinya.

  • Anggur beku

Daripada mengonsumsi permen manis, anggur manis yang dibekukan bisa menjadi pilihan yang lebih menyehatkan. Tekstur anggur beku ini tentu sangat renyah dengan rasanya yang manis. Bekukan sebanyak 20 butir buah anggur manis dan Anda akan mendapatkan asupan 50 kaliru dan 12 gram karbohidrat. 

Anggur juga mengandung serat dan air, yang bisa membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan memperlancar buang air besar secara teratur. Anggur juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu, anggur juga bermanfaat dalam mencegah kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan sembelit.

  • Popcorn dengan taburan gula kayu manis 

Jika Anda menginginkan cemilan manis lainnya, popcorn dengan taburan gulak kayu manis juga bsia jadi pengganti permen yang biasa Anda konsumsi. Cara membuatnya pun cukup mudah. 

Buatlah popcorn tanpa menambahkan garam atau mentega lagi, dan taburi dengan gula kayu manis. Tiga cangkir popcorn ini bisa mencapai sekitar 90 kalori. 

Bumbu seperti kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Kayu manis juga dapat membantu menurunkan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga insulin lebih efisien dalam mengantarkan gula darah ke seluruh sel-sel tubuh. Tidak hanya itu, kayu manis juga kaya akan kandungan antioksidan yang dapat menangkal efek dari radikal bebas. 

  • Greek yogurt dengan madu dan potongan buah

Dibandingkan dengan mengonsumsi permen yangmanis, lebih baik ganti cemilan Anda dengan makanan ini. Selain memberikan rasa manis di mulut, yogurt juga dapat memberikan tekstur yang creamy dan dingin yang mirip es krim. 

Tidak hanya itu, cemilan manis ini juga mengandung protein dari greem yogurt, kandungan serat, vitamin, dan mineral dari buah, serta mengandung zat antimikroba dan tambahan antioksidan dari madu. Cemilan ini juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

  • Coklat hitam

Coklat hitam, bisa menajdi pengganti permen manis. Coklat hitam yang tinggi antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas, yaitu salah satu penyebab penyakit dan penuaan. Coklat hitam juga membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung dengan kandungan falvonolnya. 

Pilihlah coklat hitam yang setidaknya mengandung 70% kakao dan jangan terlaly banyak ngemil coklat hitam. Walaupun memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, namun dalam 1 ons coklat hitam terkandung sekitar 150 kalori. 

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 06 April 2018 10:27:30

Related Post :
Manfaat
Khasiat dan Manfaat Minum…

Rutin mengonsumsi air hangat…

Ibu Hamil
Kenali Penyebab Dan Cara…

Kenali berbagai penyebab dan…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Pare…

Berikut adalah kegunaan, khasiat…

Penyakit
Penyebab Gejala Varikokel dan…

Penyebab Gejala Varikokel dan…

Kesehatan
Ketahui Efek Samping Kerokan…

Tehnik pengobatan kerokan dikatakan…

Kesehatan
Faktor Penyebab Rematik Di…

Rematik tidak hanya menyerang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Penyebab dan Gejala Gangguan Bipolar yang Perlu Diwaspadai

Gangguan bipolar tidak bisa dicegah,…

Kesehatan
Mengerikan! Ini Bahaya Terlalu Banyak Makan Kentang Goreng

Meskipun enak, mengkonsumsi kentang goreng…

Kesehatan
Pantangan Makanan Dan Minuman Bagi Penderita Radang Amandel

Larangan atau pantangan makanan dan…

Kirim Pertanyaan
Top