Ini Pengobatan Penyakit GBS (Guillian Barre Syndrom) Yang Tepat

Share dan Tag Temanmu di :

Pengobatan penyakit GBS (Guillain-Barre Syndrome) diketahui memerlukan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari terapi hingga obat penyakit GBS ini dikenal memiliki harga yang tinggi. Adapun bagi anda yan tengah mencari informasi cara pengobatan penyakit Sindrom Guillain Barre, selengkapnya bisa anda simak dalam informasi berikut ini.


GBS atau Guillain Barre Syndrom adalah sekumpulan gejala klinis akibat terjadinya peredangan beberapa saraf radikuler, yang umumnya ditandai dengan terjadinya kelemahan otot dan juga hilangnya refleks normal. Sehingga tak jarang penyakit langka ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami kelumpuhan dan kelemahan otot pada organ tubuh yang penting.

Bahkan jika tidak segera diatasi dengan pengobatan yang tepat, kemungkinan yang paling burukpun dapat terjadi. Hingga saat ini penyebab Guillain Barre Syndrome sendiri belum diketahui secara pasti. Namun kondisi sering kali dikaitkan dengan penyakit autoimun dan juga terjadinya kasus infeksi.

Pada umumnya kondisi ini terjadi 2-4 minggu setelah suatu infeksi pada saluran pernapasan maupun saluran pencernaan. Adapun untuk diagnosisi  GBS sendiri ditegakkan melalui wawancara riwayat penyakit, pemeriksaan fisik oleh dokter, serta di tunjang oleh hasil pemeriksaan cairan serebrospinal (Cairan otak dan sumsum belakang).

Pengobatan penyakit GLBS (Guillain Barre Syndrom) yang tepat dan di anjurkan oleh dokter

Perlu untuk anda ketahui, bahwasannya penyakit langka ini bukanlah jenis penyakit ringan yang mana bisa ditangani dirumah. Pada umumnya, kondisi ini memerlukan perawatan di rumah sakit, lantaran pasien sendiri harus diobservasi secara ketat untuk menyakinkan penyakit initidak memburuk atau tidak ada infeksi yang menyertai.

Pernapasan, denyut jantung serta tekanan darah pasien harus selalu di pantau. Bahkan beberapa pasien perlu ditempatkan di ruangan intensif apabila terjadi gangguan pernafasan (sekitar 33% penderita GBS). Beberapa pasien juga terkadang perlu dipasang ventilator untuk membantu agar ia bisa bernapas.

Adapun di Rumah Sakit, pasien akan mendapatkan terapi pertukaran plasma atau pemberian imunoglobin intravena (IVIG). Pada pertukaran plasma, darah akan dikeluarkan dari tubuh. Antibodi yang membahayakan akan dibuang dari darah dan kemudian darah tersebut dikembalikan lagi ke dalam tubuh pasien.

Pada terapi intra vena imunoglobin, antibodi yang membantu tubuh melawan penyakit dan mempercepat penyembuhan jika terapi ini digunakan ketika pasien baru pertma kali sakit. Pasien juga tak jarang perlu di rawat di Rumah Sakit selama beberapa minggu atau lebih lama hingga gejala mulai membaik. Terkadang, kondisi ini bisa datang lagi.

Kedua terapi pertukaran plasama dan intra vena imunoglobin adalah pengobatan penyakit GBS  yang sangat di butuhkan pasien untuk mengurangi keparahan dari fase relaps (kekambuhan). Adapun kesembuhan tiap pasien terhadap penyakit ini berbeda-beda, tergantung kondisi dan pengobatan. Namun biasanya pasien memerlukan waktu 3-6 bulan lebih untuk sembuh. Dan perlu menunggu selang beberapa bulan, sebelum ia bisa kembali beraktifitas seperti semula.

By Nida Saripah - Penyakit Jum'at, 06 April 2018 15:57:30

Related Post :
Penyakit
Waspadai Penyebab Sering Sakit…

Waspadai penyebab sering sakit…

Kesehatan
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Informasi tentang penyebab dan…

Kulit
Wajib Tahu! Bahan Alami…

Apakah Anda sedang mencari…

Manfaat
Mengetahui Manfaat Ekstrak Cacing…

Ekstrak cacing merupakan obat…

Penyakit
Waspadai Hepatitis C Pemicu…

Waspadai hepatitis C yang…

Daun
Khasiat dan Manfaat Daun…

Khasiat dan Manfaat Daun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Pengobatan Konjungtivitis Berdasarkan Jenis Penyebabnya

Konjungtivitis dibagi menjadi 3 jenis…

Penyakit
Penyakit
Gejala Penyebab Dan Cara Mengatasi Pilek

Pilek ialah infeksi ringan yang…

Kirim Pertanyaan
Top