Inilah Kisah Aldy Yang Berhasil Sembuh Dari Penyakit Langka GBS

Share dan Tag Temanmu di :

Kisah Aldi yang berhasil sembuh dari penyakit langka GBS atau Guillain Barre Syndrome berikut sempat viral beberapa tahun lalu. Bahkan ia diketahui bisa sembuh hanya dalam waktu 2 bulan saja. Padahal, pengobatan penyakit ini biasanya dilakukan minimal dilakukan dalam kurun waktu 6 bulan pngobatan. Anda ingin tahu kisah selengkapnya? Anda bisa menyimak ulasan singkat berikut.


Guillain Barre Syndrome (GBS) adalah kondisi langka yang dipicu oleh sistem imun yang menyerang sebagian sistem saraf feriferal. Kondisi ini tak jarang membuat saraf meradang dan mengakibatkan kelumpuhan atau kelemahan otot jika tidak secepatnya diobati. Sehingga mengakibatkan hilangnya gerakan refleks dan mati rasa di lengan, kaki, wajah dan bagian tubuh lainnya.

Kondisi ini cukup langka, sehingga penderita penyakit inipun tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan penyakit lainnya. Namun meski begitu, kondisi ini perlu di waspadai. Selain karena biaya pemulihan dan pengobatan penyakit GBS ini cukupmahal, tapi dampak penyakit ini juga cukup serius. Hingga pasien bisa menderita lumpuh permanen.

Pada umumnya, kondisi ini bisa pulih dalam kurun waktu 6 bulan bahkan lebih dengan pengobatan secara intensif. Dan dibutuhkan pula waktu beberapa bulan pemulihan, sebelum akhirnya ia kembali ke rutinitasnya sehari-hari. Namun hal ini berbeda-beda pada setiap penderitanya.

Kisah Aldy yang berhasil sembuh dari penyakit langka GBS dalam 2 bulan

Disamping mungkin kini sebagian pasien Guillain Barre Syndrome tengah berjuang untuk melawan penyakit ini dalam kurun waktu beberapa tahun, namun ada juga pasien penyakit langka ini yang berhasil sembuh dalam waktu yang singkat. Dan inilah kisah inspiratif selengkapnya.

Sehabis liburan di Jakarta, sebut saja Aldy,  girang bukan main karena akan kembali ke Sekolah. Kesehariannya sebagai remaja yang aktif dibidah Olahraga membuatnya selalu bugar dan sehat. Tapi, di hari pertamanya sekolah, Aldy mendadak lumpuh. Ada apa dengannya?

Menurut keterangan sang Ibu Dama, saat itu remaja berusia 11 tahun tersebut bersiap berangkat ke sekolah. Tiba-tiba, ia merasakan jempol kakinya kesemutan hebat, termasuk panas dingin. "Pas berdiri dia langsung limbung dan terus langsung ajtuh ke kasur lagi. Awalnya yang lumpuh ujung kakinya saja, terus lama kelamaan naik ke pantat tapi itu membuatnya lumpuh total," Ucap dama dalam perbincangan dengan salah satu media cetak dan ditulis pada selasa (4/6/2013).

Tanpa babibu, Dama langsung membawanya ke Rumah Sakit terdekat yaitu Rs Cipto Mangunkusumo. Karena panasnya yang tinggu, dokter mengatakan Aldi terkna demam berdarah. Namun sebagai orang tua, dama tak puas karena panas anak ketiga mereka ini tak kunjung turun.

Hingga pada akhirnya, Dama dan suaminya membawa putra mereka ke Dokter asli saraf. Aldy pun dirujuk ke RS Adi Husada Jakarta yang diklaim memiliki peralatan lengkap dan menyediakan sejumlah tes khusus karena doktyer mencurigai gejala-gejala yang menyertai demam Aldy.

Dan benar saja, dari tes electromyography (EMG) yang di jalani Aldy ditemukanlah titik terang. Namun ini bukanlah kabar gembira karena tepat pada tanggal 23 Mei 2011, Aldy didiagnosis mengidap Guillain Barre Syndrome (GBS). Saat itu sang ibunda sempat shock lantaran penyakit yang diidap anaknya bukanlah sembarang penyakit, apalagi katika di beritahu jika meski penyakit ini dapat disembuhkan, harga obat-obatannya selangit.

"Kalau di RS itu kan pakai imun, harganya per cc sekitar Rp. 4,5 juta. Padahal dikalikan dengan berat badan anak, jadi sekali infus itu katanya saya harus mempersiapkan uang Rp 168 juta. Itu untuk seminggu sja. Kalau nggak berhasil, ya seminggu kemudian harus diinfus lagi", terang ibu emapat anak ini.

Namun tak lama, Dama mendapatkan informasi dari salah satu rekannya bahwa ada sebuah klinik yang sebenarnya di tunjukan khusus untuk pasien penyakit stroke di Jakarta yang mungkin dapat mengatasi kondisi Aldy. Klinik yang di maksud bernama Klinik Trio Sada. Klinik yang di kelola oleh Dr. Hermawan Suryadi Sp. S, ini beralamatkan di daerah Jakarta Barat.

Di bulan pertama, untuk sekali menebus obat, Dama harus merogoh kocek hingga lima juta rupiah karena sebenarnya di klinik Aldy mendapatkan obat-obatan yang sama dengan di Rumah Sakit biasa. Tak heran jika Dama sempat khawatir akan kekurangan dana. Tapi tak terduga, bahwa klinik ini menerima pembayaran secara kredit alias cicilan. "Tergantung kita punyanya beraopa. Kalau di Rumah Sakit kan harus bayar uang muka dulu. Disini enggak". Lanjutnya.

"Setip hari darahnya dikeluarkan sebanyak 100 cc terus di masukan lagi ke tubuh. Tapi ini bukan cuci darah lho ya, ini me-refreshing-kan sel-sel darahnya", ujar Darma. Selain itu, Aldy yang saat itu masih duduk di bangku SMP kelas VII juga menjalani sejumlah terapi fisik.

Misalnya terapi denyut listrik, terapi saraf kaki hingga latihan berdiri atau mengangkat beban dengan berat tertentu. "Kalau kecapean, dia cuma terapi 10 menit terus berhenti sebentar. Habis itu mulai lagi terapinya sampai benar-benar bisa bejalan", Lanjut Dama.

Beruntung Ibu dan anak asl Batam ini tinggal di rumah saudara meraka di Bintaro, Tanggerang, selama pengobatan. Sehingga mengurangi beban yang di tanggung oleh orang tua Aldy. Namun pada bulan kedua, kondisi Aldy berangsur membaik sehingga ia dinyatakan dapat berobat jalan meski harus melakukan perjalanan Batam-Jakarta hampir setiap minggu.

Seiring dengan progres yang di alami Aldy, 'jatah' obatnya pun di kurangi karena klinik Trio Sada memberikan pengobatan berjenjang sesuai dengan kebutuhannya. "Terakhir kakli pengobatan saya cuma nebus obat sekitar Rp. 600 ribu saja", tutur Darma.

Terapi inipun tak kan ada gunanya tanpa ada motivasi yang luar biasa dari Aldy agar bisa sembuh sehingga sejauh apapun jarak yang mereka tempuh untuk menjalani terapi setiap harinya tak menjadi soal. Damapun mengaku menggunakan jasa psikiater untuk membangkitkan kembali kepercayaan diri Aldy. Menurut Dama, Aldy tak mau di besuk teman-temannya meski dari luar Aldy tak tampak seperti orang yang sakit, hanya karena malu.

Ajaib, Aldy yang kini telah berusia 14 tahun bisa sembuih dalam kurun waktu 2 bulan. Padahal sebelumnya, selain mendapati banyak rumah sakit yang menolak menangani Aldy karena kelangkaan kondisinya, dokter sempat memperkirakan Aldy baru akan sembuh total dalam kurun waktu 6 bulan. Tapi kenyataan berkata lain.

Apa yang menjadi rahasianya? Dama menurutrkan selain mengikuti saran dokter, ia juga browsing. Makanan tertentu yang bisa dikonsumsi anak penderita GBS dan yang harus dihindari. Adapun makanan yang harus dihindari contohnya adalah makanan yang berkolesterol.

"Waktu itu saya nemu makanan yang bagus untuk pasien GBS adalah ikan gabus. Itu saya goreng, saya jadiin bola-bola , sya kukus sampe Aldy bosan. Tapi dengan makanan itu ternyata kondisinya terus pulih. Pas saya share ke temen-temen juga berhasil," ujar Dam.  "Setiap dua hari sekali juga saya juga kasih Aldy pisang dan buah-buahan beri seperti strawberry dan bluberry. Itu gunanya untuk mencairkan darahnya", tambahnya.

Setelah di total, Dama dan suaminya menghabiskan kocek sekitar Rp 68 juta untuk mengobati anak alaki-laki mereka itu sampai dinyatakan all-clear. Dari mana ibu Dama mendapatkan biaya pengobatan anaknya? "Saya kan harus mendampingI anak, jadi saya resign. Untuk biayanya semua murni dari kantong saya sendiri. Uang pesangon dari pekerjaan saya sebelumhnya," tutur Dama kembali.

Dan beruntung suami Dama merupakan apoteker sekaligus memiliki usaha toko obat sehingga kebutuhan sehari-hari keluarganya masih bisa ditopang oleh usaha suaminya. Lagi pula suami Dama juga mengerti soal obat.

"Waktu tahu sembuh itu saya ingat banget pas Lebaran, mau bikin foto keluarga. Terus adiknya histeris karena Aldy ngilang padahal kan dia nggak bisa jalan. Kita pada bingung nyarinya. Tahu-tahu dia turun dari lantar atas dan bilang kalau sudah bisa jalan lagi. Kita semua terharu sampai fotografernya ikut nangis lho," tutup Dama.

Nah, demikian kisah Aldy yang berhasil sembuh dari penyakit langka GBS. Semoga menjadi motivasi semangat untuk sembuh khusus bagia anda, keluarga maupun kerabat yang kini tengah berjuang melawan penyakit ini. Terus berdoa, tawakal serta berikhtiar dalam menempuh pengobatan, hingga kesembuhan itu menghampir. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Sabtu, 07 April 2018 11:55:03

Related Post :
Manfaat
Manfaat Daun Alpukat Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Sariawan…

Informasi tentang jenis-jenis sariawan…

Obat Kimia
Suntikan Filler Solusi Bagian…

Suntikan Filler solusi wajah…

Manfaat
Inilah Manfaat Ginkgo Biloba…

Berikut adalah khasiat dan…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Dan Cara…

Penyebab, gejala dan cara…

Manfaat
Manfaat Dibalik Nikmatnya Daging…

Dibalik rasanya yang nikmat,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Bahaya Membunyikan Persendian Jari dan Tulang Leher

Bahaya membunyikan persendian jari dan…

Kesehatan
Mengetahui Penyebab Insomnia Pada Pria Dan Wanita

Berbagai penyebab insomnia akut maupun…

Kesehatan
Mengenal Gangguan Bipolar yang Dialami Mariah Carey

Baru-baru ini Mariah Carey hadir…

Kirim Pertanyaan
Top