Manfaat Daun Kemuning Untuk Atasi Infeksi Saluran Kencing

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun kemuning mungkin memang tak sepopuler manfaat daun kelor maupun tanaman herbal lainnya. Namun meski begitu, tanaman ini juga ternyata memiliki sederet kebaikan untuk kesehatan khususnya untuk mengatasi penyakit infeksi saluran kencing. Informasi selengkapnya, bisa anda simak dalam ulasan berikut.


Kemuning atau dalam istilah asingnya disebut dengan Murayya paniculata terkenal dengan aromanya yang khas dan juga tajam terutama pada malam hari. Tanaman ini sendiri dapat di temukan dengan mudah di kalangan masyarat tradisional Minangkabau, yang mana kerap menjadikan akar tanaman ini sebagai bahan baku untuk membuat ladiang (Golok), tongkat dan sempoa.

Adapun selain ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman pagar, kemuning juga bisa ditemukan secara liar didaeerah tepi hutan serta semak belukar dengan ketinggian jhingga 400 m dpl. Dan uniknya, tanaman kemuning ini memiliki banyak variasi morfologi dalam ukuran yang besar.

Namun pada umumnya, tanaman kemuning yang di tanam dipekarangan, ialah jenis yang berukuran kecil yaitu dengan ketinggian 3-8 meter, dengan dedaunan yang kecil dan juga lebat. Batang kemuning sendiri keras dan juga beralur. Sedangkan bunganya memiliki kemiripan fisik dengan bunga melati. Maka dari itu, di Inggris kemuning dikenal dengan istilah orangejessamine.

Dan di luar dari pada itu, tanaman ini bisa digunakan sebagai obat tradisional yang meliputi bagian akar, kulit batang dan juga daun.

Khasiat dan manfaat daun untuk kesehatan dan cara membuatnya

Di bidang kesehatan, masyarakat Indonesia dan juga Filipina secara tradisional telah sejak lama menggunakan kmuning untuk mengatasi diare dan disentri secara alami. Dan juga secara empiris, daun kemuning ini telah terbukti ampuh untuk diet atau pelangsing,  lulur, kulit wajah, mengatasi rematik, radang saluran nafas dan kemih, obesitas, tukak lambung dan infeksi saluran kencing.

Adapun penyakit infeksi salurah kemih atau kencing atau kemih, biasanya sering disebabkan akibat serangan bakteri yang menginfeksi saat imunitas tubuh melemah. Apabila anda kini sedang mengidap penyakit yang satu ini, maka tidak ada salahnya untuk mencoba ramuan daun kemuning.

Dengan memanfaatkan daun kemuning dan meramunya sendiri, maka anda tidak perlu menguras banyak uang untuk pergi berobat ke dokter ataupun membeli obat herbal instan yang belum tentu alaminya sepenuhnya. Dan berikut adalah proses pengolahan daun kemuning untuk mengatasi infeksi saluran kencing yant bisa anda lakukan:

  • Ambil daun kemuning segar sebanyak 35 gram, lalu, cuci hingga bersih.
  • Rebus daun kemuning bersama 3 gelas air putih sampai air berkurang menjadi separuh (satu setengah gelas).
  • Matikan api dan diamkan air rebusan daun kemuning ini hingga dingin.
  • Saring air rebusan daun kemuning.
  • Minum air rebusan sebanyak 3 kali sehari, dengan takar setengah gelas setiap kali minum.
  • Lakukan ini secara rutin sampai infeksi saluran kencing berangsur sembuh.

Adapun untuk cepat lambatnya khasiat herbal bekerja akan berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Hal tersebut dikarenakan faktor kondidi tubuh yang berbeda. Dan yang jelas, pengobatan penyakit apapun dengan tanaman herbal memang memerlukan kesabaran dan konsisestensi. Meski begitu, pengobatan infeksi saluran kencing secara alami ini juga tidak menimbulkn efek samping.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan terkait manfaat daun kemuning untuk atasi infeksi saluran kencing. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan baru di Dunia herbal. Salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Senin, 09 April 2018 12:20:10

Related Post :
Penyakit
Waspada! Kerusakan Mata Ini…

Diabetes merupakan penyakit jangka…

Obat Kimia
Warfarin Nama Obat Pengencer…

Warfarin Nama Obat Pengencer…

Alami
Obat Bisul Alami Agar…

Obat bisul alami yang…

Kesehatan
Jangan Coba! Ini Bahaya…

Sabu termasuk salah satu…

Kesehatan
Menakjubkan ! Ternyata Ini…

Tidak hanya daging buahnya…

Obat Cina
Obat Flu Untuk Ibu…

Obat flu untuk ibu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Sambang Darah Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun sambang…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Sembung Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun sembung…

Daun
Kirim Pertanyaan
Top