Mengapa Menstrual Cup Lebih Baik dari Pembalut? Ini Alasannya

Share dan Tag Temanmu di :

Di Indonesia penggunaan menstrual cup memang tidak terlalu populer. Walaupun begitu, ternyata tidak sedikit wanita yang mulai beralih dari pembalit ke menstrual cup. Berbeda dengan pembalut atau tampon yang menyerap darah menstruasi, menstrual cup bekerja dengan cara menampung darah menstruasi. 

Menstrual cup  terbuat dari 100% silikon berstandar medis yang ramah lingkungan. Teksturnya yang lembut dan fleksibel dapat dilipat menjadi bentuk yang lebih kecil dan dapat dimasukkan ke dalam vagina seperti tampon non-aplikator. Menstrual cup akan terbuka secara otomatis didalam vagina, membentuk suatu sengel yang lembut di dinding vagina. 


Penggunaan menstrual cup untuk sehari-hari mungkin belum menjadi pilihan banyak wanita. Namun perlu diketahui, ternyata menstrual cup lebih baik dari pembalut yang biasa digunakan.

Mengapa menstrual cup dianggap lebih baik dibandingkan dengan pembalut atau tampon ? Simak alasannya dibawah ini !!

  • Tidak harus selalu diganti

Salah satu keuntungan dari penggunaan menstrual cup yaitu tidak perlu cemas atau repot untuk selalu mengganti cup-nya seperti pembalut atau tampon. 

Terkadang wanita suka cemas, takut cairan menstruasi keluar berlebih dan menimbulkan noda darah di area kelamin dan bokong. Namun, menstrual cup sifatnya adalah menampung, bukan menyerap. Masa tampung darah yang keluar juga terbilang cukup lama, yaitus ekitar 5-9 jam, tergantung dari seberapa banyak darah yang keluar. 

Setelah itu, Anda tidak perlu menggantinya, melainkan cukup mengeluarkan cangkir menstruasi dari dalam vagina, membuang isinya, membersihkannya dengan air, dan memasukkannya kembali ke dalma vagina. 

Pada hari pertama, Anda mungkin bisa membersihkan menstrual cup maksimal 4 jam seklai, dan akan berkurang semakin lamanya haid dan semakin sedikitnya darah yang keluar. 

  • Ukurannya bisa disesuaikan dengan kenyamanan penggunanya

Banyak yang menganggap jika penggunaan menstrual cup membuat penggunanya tidak nyaman karena harus melewati adegan menyelipkan silikon tersebut ke dalam vagian. Di awal pemakaian memang akan sedikit sulit, namun bukan berarti tidak bisa sama sekali. Anda hanya perlu melatih diri untuk menggunakan cangkir menstruasi tersebut.

Mnengenai kenyamanan, Anda bisa mengubah ujung menstrual cup sesuai kenyamanan. Pasalnya, ujung menstrual cup panjangnya ditentukan oleh kenyamanan pengguna. Fungsinya juga agar saat duduk, berjalan, berenang, atau beraktivitas, menstrual cup ini tetakn akan terasa nyaman. Caranya, Anda bisa memotong ujung cangkir menstruasi sesuai dengan ukuran dan kenyamanan saat digunakan. 

  • Hanya memerlukan air untuk membersihkannya

Ketika membersihkan pembalut Anda terkadang memerlukan cairan pembersih serta air untuk membuat pembalut benar-benar bersih dan tidak meninggalkan noda darah sedikitpun. Dengan begitu, maka Anda akan membutuhkan sedikit usaha dan waktu untuk membersihkannya. 

Tetapi berbeda jika Anda menggunakan menstrual cup, dimana Anda hanya memerlukan air untuk membersihkannya. Maka dari itu, menggunakan menstrual cup nyatanya lebih ringkas dan mudah saat membersihkannya. 

  • Menstrual cup aman digunakan dan tidak menimbulkan penumpukkan sampah

Berbeda dengan pembalut, faktanya menstrual cup tidak mengandung bahan pemutih seperti yang terdaat pada kandungan bahan pembalut. Selain itu, menstrual cup juga bebas pewangi buatan yanga mana terbuat dari bahan kimia. Area organ intin wanita yang sering terpapar bahan kimia, akan lebih rentan gatal atau bahkan iritasi pada permukaan vagina. 

Selain bebas bahan kimia, menstrual cup juga terbuat dari bahan silikon yang aman. Karena bahan pembuatannya ini, maka menstrual cup bisa digunakan lebih dari sekali. Penggunakan berulang ini tentunya bisa mengurangi produk sampah rumah tangga setiap bulannya. Setidaknya, selain aman dan bisa digunakan berkali-kali, Anda juga turut membantu mengurangi bumi dari hasil sampah yang menggunung. 

By Sri Maryati - Kewanitaan Senin, 09 April 2018 14:44:10

Related Post :
Kesehatan
Jenis Makanan Untuk Mengobati…

Jenis makanan untuk mengobati…

Tips
Cara Menyimpan ASI Perah…

Cara menyimpan ASI Perah…

Tips
Memiliki Kebiasaan Berbohong? Hentikan…

Memiliki kebiasaan berbohong selain…

Penyakit
Ciri-Ciri Penyakit Abses Penularan…

Mengenal ciri ciri penyakit…

Ibu Dan Anak
Kebiasaan Buruk yang Dapat…

Selain faktor genetik, juga…

Daun
Manfaat Daun Karet Kebo…

inilah berbagai khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penebalan dinding rahim dan haid slma 4 bulan tidak berhenti

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Saya d fonis dokter penyakit penebalan dinding harim.jadi solusi menghilang kan nya dengan cara apa.? Operasi atau d curet dokter?

  • Telat haid

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Malam ka mau bertanua untuk mengkonsumsi obat ovary ituu untuk perkiraan datang haidnya berapa lama ya ?

  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…


Kewanitaan
Kiranti Solusi Alami Untuk Mempercepat Datang Bulan

Kiranti solusi untuk mempercepat datang…

Kewanitaan
Cara Merawat Vagina Dengan Resik V Manjakani Herbal Ajaib

Cara merawat vagina dengan resik…

Kewanitaan
Jangan Terkecoh! Ini Cara Membedakan PMS Dan Tanda Kehamilan

Jangan terkecoh!! Ini cara membedakan…

Kirim Pertanyaan
Top