Bahaya Dibalik Penggunaan Menstrual Cup yang Tidak Tepat

Share dan Tag Temanmu di :

Meskipun menstrual cup tidak sepopuler pembalut, namun saat ini telah banyak wanita yang mulai berpindah untuk menggunakannya saat haid karena dianggap lebih hemat dan ramah lingkungan. Menstrual cup juga diklaim lebih aman untuk tubuh dan bisa menghindari berbagai masalah kewanitaan, khususnya Toxic Shock Syndrome (TSS).

Menstrual cup dibuat dari karet ataupun silikon yang diselipkan didalam vagina sehingga bisa digunakan berkali-kali dan dalam jangka waktu yang lama. 

Banyak wnaita yang lebih memilih menstrual cup dibandingkan dengan pembalut karena praktis dan tidak harus sering diganti-ganti (tergantung dari seberapa banyak darah yang keluar). Biasanya menstrual cup aman digunakan selama 12 jam dan dapat mewadahi sebanyak 1 ons cairan. Jumlah ini merupakan dua kali lipat dari penggunaan alat bantu menstruasi lainnya seperti pembalut atau tampon. 


Setiap alat bantu menstruasi memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, termasuk menstrual cup. Ada yang menyebutkan bahwa menstrual cup lebih baik dari pembalut karena memiliki beberapa kelebihan. Namun perlu diketahui, ada bahaya yang juga mengintai jika Anda menggunakannya secara tidak benar. 

Dan berikut ini beberapa bahaya dibalik penggunaan menstrual cup yang tidak tepat yang perlu diketahui dan diwaspadai, yaitu :

*) Cairan menstruasi tercecer kemana-mana

Menstrual cup mudah saat dimasukkan ke dalam vagina, namun tidak saat dilepaskan. Ketika tengah dalam kondisi duduk atau jongkok, Anda perlu menggunakan otot-otot dasar panggul untuk mendorong wadahnya dengan ekstra hati-hati.

Jika hal ini tidak dilakukan dengan benar, maka cairan menstruasi dapat tercecer ke mana-mana dan mengotori sekitar. Hal ini akan lebih rumit jika cairan menstruasi mengotori pakaian Anda. 

*) Memaksakan penggunaan menstrual cup yang tidak sesuai

Melihat kondisi vagina yang memiliki variasinya masing-masing, baik dari bentuk uterus, serviks, dan lain-lain, maka penggunaan menstrual cup menjadi poin yang harus diperhatikan selanjutnya.

Menstrual cup tersedia dalam berbagai jenis, ukuran, dan daya tampung, sehingga Anda harus benar-benar memilih jenis yang pas, baik dari segi ukuran sampai bahan dasar.

*) Iritasi pada vagina

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menjelaskan bahwa pengguna menstrual cup mengalami lebih banyak iritasi. Risiko iritasi lebih tinggi jika menstrual cup yang Anda gunakan melewati proses yang tidak steril saat dicuci, ditambah dengan kondisi tangan yang kurang higienis. 

Seorang ahli kesehatan bernama Jennifer Wider menyebutkan bahwa pada titik penggunaan lanjut, menstrual cup berisiko menimbulkan TSS Shock Syndrome (TSS). Kondisi ini terjadi ketika timbul bakteri pada cairan menstruasi yang berisiko menginfeksi serta menyebabkan iritasi pada vagina

Bakteri penghasil racun yang menyebabkan TSS dapat tumbuh dalam cairan emnstruasi dan rentan menimbulkan infeksi jika penggunanya tidak menjaga kebersihan dengan baik. 

Ketika bahaya iritasi mengintai, sebisa mungkin gunakanlah menstrual cup dengan bijak. Satu yang harus diperhatikan, yaitu kebersihan tangan dan cara mencuci  menstrual cup yang benar, jika akan digunakan kembali. 

Itulah beberapa point bahaya dibalik penggunaan menstrual cup yang perlu dikenali. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya pilihlah produk saniter untuk menstruasi yang paling nyaman untuk Anda agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

By Sri Maryati - Kewanitaan Selasa, 10 April 2018 10:12:40

Related Post :
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Alami
Cara Mengobati Hipertiroid Dengan…

Berikut adalah beberapa tips…

Penyakit
Penyebab Dan Tanda Gejala…

Penyebab dan tanda gejala…

Penyakit
Faktor Penyebab Dan Gejala…

Berikut adalah berbagai faktor…

Tips
Cara Sederhana Ini Dapat…

Cara meningkatkan daya ingat…

Obat Kimia
Obat Migrain Generik Paling…

Obat migrain generik paling…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…

  • darah haid menggumpal tanda penyakit apa ?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    darah haid saya menggumpal sebesar ibu jari kurang lebih itu pertanda penyakit apa ya ? saya takut tidak bisa punya anak


Kewanitaan
Cara Merawat Vagina Dengan Resik V Manjakani Herbal Ajaib

Cara merawat vagina dengan resik…

Kewanitaan
Haid Tidak Lancar Selepas Melahirkan

Mungkin diantara kaum hawa banyak…

Kewanitaan
Ini Penyebab Menstruasi Berkepanjangan dan Solusinya

Ini penyebab menstruasi berkepanjangan dan…

Kirim Pertanyaan
Top