Mengejutkan! Ini Manfaat Sehat Memakai Kaus Kaki saat Tidur

Share dan Tag Temanmu di :

Setelah melakukan aktivitas seharian, seseorang pasti memerlukan waktu sitirahat untuk mengembalikan energi yang sudah digunakan. Tidur merupakan salah satu cara mengistirahatkan tubuh yang baik. Tidur berkaitan dengan fungsi tubuh secara keseluruhan, mulai dari kesehatan kulit sampai otak. Maka dari itu, banyak orang yang mencari cara untuk menjaga kenyamanan tidurnya, misalnya dengan menggunakan kaus kaki. 

Apakah menggunakan kaus kaki saat tidur memiliki manfaat ?

Kaus kaki biasanya dikenakan berpasangan dengan sepatu. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, seperti menyerap keringat di kaki, menjaga kelembaban telapak kaki, atau mencegah kulit kaki lecet karena gesekan sepatu. 

Namun, selain itu, pada saat tidur pun, penggunaan kaus kaki juga bisa mendatangkan banyak manfaat. Bahkan penelitian menyebutkan bahwa menggunakan kaus kaki selama tidur bisa menyehatkan tubuh.


Secara sederhana, kaus kaki bisa membuat kaki hangat. Selain itu, ada beberapa manfaat sehat memakai kaus kaki saat tidur lainnya yang juga bisa kita dapatkan, diantaranya :

  • Membantu tidur lebih cepat

Suhu tubuh akan terus meningkat secara bertahap dari pagi hari dan akan memuncak pada siang hari saat Anda menjadi lebih terjaga dan waspada. Kemudian, sugu tubuh ajan mulai menurun menjelang malam hari. Suhu ini akan memengaruhi jam biologis tubuh yang mengendalikan waktu tidur sehingga membuat seseorang merasa ngantuk dan lebih cepat tidur. Jadi, ketika seseorang mulai tertidur, suhu tubuh akan menurun sebanyak 1 sampai 2 derajat celcius. 

Sebuah organisasi Nation Sleep Foundation menguak bahwa menghangatkan kaki sebelum tidur dapat membantu memberi tahu otak bahwa sekarang sudah waktunya tidur. Jadi, orang yang susah tidur bisa menggunakan kaus kaki selama tidur untuk membantu tubuh mengatur suhu sehingga lebih cepat tidur. 

  • Seks menjadi lebih baik

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005 oleh University of Groningen di Belanda, menemukan bahwa menggunakan kaus kaki di ranjang mampu memperbaiki kehidupan seks Anda dan pasangan. 

Hasil penelitian ini kemudian dipresentasikan dalan European Society for Human Reproduction and Development di Kopenhagen, Denmark. Dari 13 pasangan yang terlibat dalam penelitian ini, mereka yang menggunakan kaus kaki saat bercinta cenderung mengalami lebih banyak orgasme daripada mereka yang tidak menggunakannya. 

Studi tersebut mencatat, diantara wanita, hanya 20% yang mencapai orgasme tanpa kaus kaki, sedangkan 80% mencapai orgasme dengan kaus kaki. 

  • Membantu mengatur suhu tubuh inti

Kamar yang terlalu dingin bisa membuat tidur tidak nyenyak. Anda akan menjadi lebih banyak bergerak, baik untuk membenarkan kembali selimut atau bolak-balik untuk buang air kecil. Selain itu, udara dingin juga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi lebih sempit. 

Cara termudah dan paling aman untuk menjaga kehangatan kaki saat tidur adalah dengan menggunakan kaus kaki. Tubuh pun akan terasa lebih hangat. Rasa hangat yang dihasilkan ini bisa memicu respon vasodilatasi, yaitu pembuluh darah yang tadinya menyempit akan melebar. 

  • Mengurangi gejala serangan Raynaud

Menggunakan kaus kaki saat tidur juga bisa membantu mencegah timbulnya gejala penyakit Raynaud. Penyakit Raynaud adalah kelainan peredaran darah, di mana arteri mengencang karena merespon stres atau suhu dingin. Tangan dan kaki mungkin menjadi mati rasa dan berubah warna menjadi putih kekuningan atau biru. 

Umumnya, orang-orang dengan penyakit ini harus berhati-hati untuk menjaga agar tangan dan kaki tetap hangat. Menurut rheumatologist, Dr. John Abruzzo, MD, dari Pennsylvania, setuju dengan cara tersebut, menggunakan kaus kaki menjelang dan selama tidur. 

Selain kaus kaki, mandi air hangat atau meletakkan botol air panas di bawah kaki juga bisa menimbulkan efek sama. Yang terpenting adalah tidak menggunakan kaus kaki yang ketat, karena bisa mengurangi sirkulasi udara.

  • Mencegah hot flashes

Hot flashes atau wajah memerah banyak terjadi pada wanita yang mengalami menupause. Ini terjadi karena fluktuasi hormon (naik dan turunnya kadar hormon) yang memengaruhi suhu tubuh. Gejalanya meliputi sensasi hangat menyebar ke seluruh tubuh, berkeringat, denyut jantung meningkat, dan wajah memerah. Menggunakan kaus kaki selama tidur mampu menstabilkan suhu tubuh inti, termasuk mencegah terjadinya hot flashes.

  • Menghaluskan dan melenturkan kulit kaki

Bagi Anda yang memiliki permasalahn kulit kaki kering dan kasar, Anda juga bisa mengatasinya dengan menggunakan kaus kaki saat tidur. Penggunaan kaus kaki saat tidur juga bisa ditunjang dengan penggunaan pelembab kaki sebelum tidur. Sesudah menggunakan pelembab kaki, Anda bisa langsung menggunakan kaus kaki. 

Cara tersebut bisa menjaga kesehatan kulit kaki sehingga menjadi halus dan lentur. Penggunaan pelembab dan kaus kaki juga bisa membantu mengatasi masalah bau pada kaki

Penggunaan kaus kaki pada saat tidur bisa disesuaikan dengan tingkat kenyamanan Anda. Dalam hal ini, Anda harus membuat diri senyaman mungkin dan jangan sampai mengganggu kualitas tidur. Pilihlah kaos kaki yang berbahan dasar lembut sehingga akan membuat kaki menjadi lebih nyaman. Selain itu, pilihlah kaus kaki yang berbahan dasar mudah menyerap keringat.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 11 April 2018 11:15:25

Related Post :
Tips
Cara Mudah Hindari Mabuk…

Bagi Anda yang tengah…

Kesehatan
Penyebab Achondroplasia Dan Cara…

Achondroplasia adalah sebuah kondisi…

Kewanitaan
Ketahui Penyebab Haid Tidak…

Ternyata ini penyebab haid…

Tips
Inilah Cara Agar Berat…

Ini beragam cara agar…

Daun
Manfaat Daun Insulin Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Kulit
Vitamin C Sebagai Penghasil…

Manfaat vitamin C sebagai…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Tips Memilih Suplemen Herbal yang Benar dan Aman

Meskipun terbuat dari bahan alami,…

Kesehatan
Sayur-Sayuran Yang Bagus Untuk Diet

Menurunkan berat badan bisa dilakukan…

Kesehatan
Waspada! Ini Gejala HIV/AIDS yang Sering Timbul pada Pria

Sebenarnya gejala HIV/AIDS pada pria…

Kirim Pertanyaan
Top