Waspadai Wegener Penyakit Langka Yang Mirip Dengan Flu Biasa !

Share dan Tag Temanmu di :

Wegener adalah satu jenis penyakit yang perlu kita waspadai. Meski penyakit ini tergolong baru, namun penyakit ini memiliki gejala mirip flu pada umumnya, sehingga tak jarang penderitanya terkecoh. Adapun untuk mengenai informasi selengkapnya, anda bisa simak penjelas berikut ini.


Belakangan ini, penyakit baru mulai banyak di temukan setelah menyerang banyak orang di daerah-daerah tertentu. Sementara beberapa penyakit lain sebenarnya telah lama dikenal, hanya saja baru mulai populer pada saat mulai menyerang secara global. Adapun salah satu penyakit baru yang mungkin baru pertama kali anda dengar adalah penyakit wegener.

Wegener merupakan penyakit dengan tipe inflamasi yang mengincar pembuluh darah arteri, vena dan kapiler dari ginjal serta sistem pernapasan. Adapun dalam bahasa umumnya, ini merupakan kondisi dimana pembuluh darah mengalami peradangan dan memotong suplai darah kepada organ-organ vital, yang akhirnya membuat organ vital gagal berfungsi.

Kondisi ini umumnya memiliki gejala yang samar, namun bisa berakibat fatal jika tidak terdiagnosis dan mendapatkan perawatan secepatnya. Hal tersebut lantaran penyakit ini bisa menyebabkan keruksakan dan disfungsi organ tubuh hingga akibat yang fatal seperti kematian.

Apa yang menyebabkan kondisi ini bisa terjadi?

Hingga saat ini penyebab wegener belujm diketahui penyebabnya secara menyeluruh. Adapun beberapa study mengindikasikan, bahwasannya pemicunya kemungkinan berkaitan dengan sel-sel sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-sel pembuluh darah dalam tubuh. Namun meski begitu hal tersebut juga belum bisa dipastikan.

Adapun menurut Dr Madhuri Behari, HOD, Departement of Neurology, Fortis Flt. Rajan Dhall Hospital, Vasant Kunj, beropini "Kami belum mengetahui secara pasrti penyebab dari penyakit wegwener ini. Namun ini merupakan reaksi imun dari anti antigen yang belum diketahui menyebabkan inflamasi pada pembuluh darah.

Jika melihat gejala, mereka tidak begitu spesifik"Beberapa pakar lainnya juga mengentaskan kemungkinan adanya serangan infeksi yang menjadi penyebab dari penyakit ini. Sekilas paien pada tahap awal akan menunjukkan gejala demam, pusing hebat, masalah pernapasan juga sistem tonsil. Dan dari siru, gejala awal penyakit ini menyebabkan banyak penderitanya disalah duga mengalami serangan flu.

Minimnya informasi yang tersampaikan mengenai penyakit wegener ini menjadi penyabab kebanyakan dokter sendiri cukup awam terhadap penyakit yang satu ini. Terlebih kasusnya di dunia masih tergolong langka. Adapun di sisi lain, gejala yang muncul dapat meningkatkan keyakinan para pakar untuk melihat wegener sebagai infeksi oleh bakteri dan virus.

Lalu, apa saja gejala wegener selengkapnya?

Untuk anda pahami, gejala demam, pusing, sakit kepala hingga peningkatan sel darah putih dalam tubuh merupakan gejala umum yang didapati dalam kebanyak kasus infeksi bakteri maupun virus. Adapun selain itu, berikut adalah berbagai gejala penyakit wegener sebenarnya yang perlu anda waspadai:

  • Mudah merasa lelah dan lesu
  • Demam yang terus berulang
  • Nyeri otot dan sendi
  • Sakit kepala yang disertai rasa seperti kpala di pukul palu, kadang juga terasa pusing
  • Mengalami sesak napas, batuk, pilik yang sulit berhenti
  • Muncul rasa linu dan sakir pada hidung dan amandel sebagai tanda munculnya serangan pada tonsil.
  • Sesak napas dan dada terasa tidak nyaman
  • Bercak darah yang muncul pada lendir dari hidung dan pada dahak, terkadang anda juga menjumpai kencing yang berwarna jingga sebagai tanda terjadinya pendarahan dekat area saluran kencing
  • Pasien mulai kehilangan selera makan
  • Menampakan rasa nyeri pada organ yang diserang, misal ketika mulai merasa sakit pada pinggang ketika serangan mengenai jantung, atau keluhan nyeri pada bawah perut apabila infeksi menyerang area saluran kencing.

Penyakit wegener sulit terdiagnosis, mengapa?

Alasan mengapa diagnosis sulit dilakukan untuk penyakit ini lantaran gejala-gejalanya yangh tidak spesifik setidaknya pada tahap awal penyakit ini. Apabila terdapat gejala-gejala hidung berlendir, nyeri sendi dan juga batuk, maka sangat sulit untuk mengaitkan gejala ini dengan penyakit wegener.

Banyak orang yang juga mengalami nyeri sendi, batuk dan demam, kemungkinan mereka akan mengabaikannya. Adapun menurut D, Bendre, jika penderita mengalami pendarahan pada hidung atau saat batuk, maka barulah saat itu akan dilakukan tindakan X-ray pada dada.

Dan karena gejala awal yang lebih mirip dengan gejala pernapasan yang ringan ataupun lainnya, seseorang yang menderita wegener sering kali memiliki gejala selama berbulan-bulan sebelum akhirnya terdiagnosis secara akurat. Selain itu, biasanya ketika terdiagnosis mengidap wegener sudah pada taham terlambat. Karena memang umumnya penyakit ini tidak akan terdeteksi pada pemeriksaan awal.

Seorang Pulmonologist bernama Dr. Rajesh Chawla, pada Indraprastha Apollo Hospital, Delhi mengatakan "Ini merupakan penyakit yang sangat langka. Kami sangat sulit untuk menemukan 2-3 pasien dalam setahun yang mengidap penyakit ini.  Juga, kasus seperti ini tidak memlulu datang pada dokter spesialis yang sama karena penyakit ini melibatkan berbagai organ tubuh. Karena bergantung pada organ apa yang menjadi masalah. Orang baru pasti datang ke spesialis organ tersebut".

"Seperti apabila terjadi pendarahan pada hidung, pasien akan di rujuk kepada spesialis rheumatologi, jika yang menjadi perhatian paru-paru, baru mereka datang kepada spesialis seperi kami atau ginjal, mereka akan pergi ke spesialis ginjal", lanjutnya.

Dia juga menyarankan kepada orang-orang yang yang mengalami masalah kesehatan teruus menerus seperti   apa yang telah disebutkan diatas, untuk melakukan uji ANCA (antineutrophil cytoplasmic antibodies) dan biopsi untuk memaskan tidak terkena wegener.

Menurut Dr. Zaman kondisi inibisa terjadi pada kelompok usia mana saja. Adapun kelompok yang paling terpengaruh adalah mulai dari usia 30 hingga 60 tahun. Dan ternyata pengaruhnya tidak melihat gender, dengan peluang yang sama pada pria dan wanita pada populasi kulit.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan terkaitkan penyakit wenegar yang perluu kita waspadai. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru untuk kesehatan anda.

By Nida Saripah - Penyakit Kamis, 12 April 2018 11:53:17

Related Post :
Obat Kimia
Obat Diuretik Untuk Penderita…

Spirolonactone dikenal dengan nama…

Kesehatan
Penyebab dan Cara Mengatasi…

Hidung mampet sering kali…

Obat Kimia
Metode Pengobatan Kutil Rekomendasi…

Kutil bisa hilang dengan…

Penyakit
Berbagai Penyebab Impetigo Dan…

Berbagai penyebab impetigo krustosa…

Kesehatan
Waspadai Maraknya Gorengan Plastik!…

Meskipun gorengan termasuk salah…

Manfaat
Manfaat Sehat Mengunyah Makanan…

Manfaat sehat mengunyah makanan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    0 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengenal Penyakit Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita

Penyakit unfeksi saluran kemih cenderung…

Penyakit
Penularan Cacar Air Pada Anak Di Bawah 10 Tahun

Penularan Cacar Air Pada Anak…

Penyakit
Penyebab Dan Cara Diagnosa Hipotensi (Tekanan Darah Rendah)

Penyebab dan cara mendiagnosa hipotensi…

Kirim Pertanyaan
Top