Anda Mengidap Tekanan Darah Rendah? Atasi dengan Tips Berikut

Share dan Tag Temanmu di :

Sebagian besar masyarakat seringkali mengkhawatirkan kondisi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Padahal, dalam faktanya, masalah tekanan darah rendah atau hipotensi juga tisak kalah berbahaya bagi kesehatan. 

Tekanan darah rendah terkadang diartikan sebagai tanda tidak cukupnya darah yang mengalir pada otak dan organ vital lainnya, sehingga dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti pening atua badan terasa ringan, penglihatan kabur, pingsan, merasa kebingungan, mata berkunang-kunang, lemah, kulit pucat, susah fokus atau konsentrasi, dan lain sebagainya. 


Masalah tekanan darah rendah terjadi jika tekanan darah tubuh kurang dari 90/60 mmHg. Memang, cukup banyak pemilik tekanan darah rendah yang tidak mengalami gejala kesehatan apapun, namun jika sampai kondisi tekanan darah rendah ini cukup ekstrem, maka penderitanya bisa mengalami sensasi kebingungan, kehilangan kesadaran, pandangan buram, tubuh kelelahan, hingga tidak enak badan. 

Tekanan darah rendah diantaranya bisa disebabkan karena kekurangan gizi, mengabaikan pola makan yang tidak teratur, mengalami perdarahan, karena gangguan emosional (seperti bulimia, anoreksia), stres, ataupun kurang istirahat. 

Sebenarnya tekanan darah rendah tidak perlu mendapatkan penanganan khusus, namun juga tidak bisa dianggap sepele karena tekanan darah bisa merupakan suatu tanda adanya masalah pada organ vital. 

Untuk mengatasi tekanan darah rendah, kita bisa melakukan beberapa cara sederhana dan mudah, dimuali dengan menambah frekuensi makan dalam sehari dengan porsi yang lebih kecil setiap kali makan. Selain itu, cobalah untuk bersantai atau berbaring setelah mengonsumsi makanan untuk beberapa waktu. 

Cobalah juga untuk menambah asupan air putih dan turunkan asupan minuman berkafein dan alkohol untuk mengembalikan tekanan darah dalam kondisi yang normal. 

Jika kita sering berada dalam posisi duduk atau berdiri dalam waktu yang lama, maka tekanan darah dalam tubuh juga bisa menurun secara drastis. Maka dari itu, sebaiknya kita lebih sering mengubah posisi tubuh, khususnya jika kita berada dalam tempat kerja yang membuat kita lebih sering tidak bergerak.

Pakar kesehatan menyarankan orang-orang yang rentan terkena masalah hipotensi seperti ibu hamil atau yang berusia lebih dari 65 tahun untuk menjaga gaya hidup dan pola makan agar tidak mudah terkena masalah tekanan darah rendah ini. 

Namun, jika gejala tekanan darah rendah sangat mengganggu dan tips tersebut tidak bisa membantu mengatasinya, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter sehingga Anda bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

By Sri Maryati - Tips Kamis, 12 April 2018 14:04:25

Related Post :
Alami
Cara mengatasi Sakit Kepala…

Cara mengatasi sakit kepala…

Tips
Mengatasi Otak yang Sedang…

Tips mengatasi otak yang…

Manfaat
Kandungan Gizi dan Manfaat…

Meskipun tidak sepopuler daging…

Tips
Camilan Makanan Ringan Sehat…

Camilan Makanan Ringan Sehat…

Tips
Tips Cara Memilih Bedak…

Anda perlu cerdas dalam…

Kesehatan
Menteri Agama Terkena Sengatan…

Ikan pari memang cukup…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Penyebab Ketiak Basah (Burket) Dan Cara Mengatasinya

Sudah tidak asing lagi dengan…

Tips
Cara Mengatasi Darah Tinggi Saat Kambuh

Tips dan cara alami untuk…

Tips
Latihan Mengerucutkan Bibir Bantu Redakan Sesak Nafas

Terdapat berbagai terapi pengobatan sesak…

Kirim Pertanyaan
Top