Mengenal 8 Makanan Yang Menjadi Penyebab Tubuh Mudah Lelah

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab tubuh mudah lelah ataupun capek pada umumnya bisa di sebabkan oleh banyak faktor, terutama akibat segudang aktivitas ataupun pekerjaan yang anda lakukan di setiap harinya. Adapun selain dari pada itu, terdapat beberapa jenis makanan yang bisa membuat tubuh anda menjadi lelah. Apa sajakah itu? selengkapnya simak disini.


Pada dasarnya, makan adalah cara cepat untuk memperbaiki suplai kalori dalam tubuh anda. Hal tersebut lantaran setiap makanan yang kita konsumsi akan diubah menjadi energi yang kita pakai untuk beraktivitas. Namun ternyata, ada sejumlah makanan yang diketahui justru dapat membuat tubuh anda menjadi cepat lelah. Sehingga bukannya semangat, rasanya ingin langsung tidur siang saja setelah mengonsumsi makanan ini.

Dan usut punya usut, ternuata beberapa jenis makanan ini justru mengganggu metabolisme tubuh anda. Mereka mendorong pembakaran yang berlebihan yang terbuang secara percuma atau justru menghambat pembakaran energi. Bahkan ada juga yang membuat tubuh tidak mendapatkan kalori dan juga nutrisi yang cukup.

Berbagai jenis makanan yang menjadi penyebab tubuh mudah lelah

Setidaknya terdapat 8 jenis makanan yang dapat menjawab, mengapa tubuh mudah lelah, capek dan lesu. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Makanan karbohidrat sederhana

Tubuh manusia membutuhkan karbohidrat untuk mencukupi kebutuhan energinya. Lantaran sumber energi terbaik berasal dari karbohidrat. Hal ini dikarenakan karbohidrat terutama karbohidrat sederhana  hanya terdapat sedikit serat, sehingga karbohidrat dengan cepat terserap oleh tubuh dan di ubah menjadi glukosa. Maka fakta ini membuat banyak orang mengira bahwa agar tetap fit dan bugar tubuh perlu makanan banyak karbohidrat.

Namun menurut The Journal of Nutrition tahun 2011, justru kondisi inilah menyebabkan kita mudah mengantuk dan lelah setelah makan yang padat berkarbohidrat. Dan seketika itu pula, tubuh akan menghasilkan banyak insulin dan mendorong tubuh untuk cepat menyerap kelebihan gula.

Dan hasilnya tubuh justru akan merasa kepanasan sesah bahkan berkeringat. Setelahnya tubuh akan merasa lelah dan lemas. Justru pembakaran cepat tadi hanya menghasilkan energi cepat yang terbuah secara percuma.

2. Makanan yang dihangatkan sercara berulang

Menghangatkan makanan sisa merupakan hal yang lumrah untuk dilakukan. Namun hal ini akan menjadi sesuatu yang berbahaya apabila memaskannya secara berulang-ulang. Lemak yang berasal dari makanan yang dipanaskan akan berbahaya bagi tubuh Dan alih-alih memberikan energi, makanan tersebut justru akan menghempas energi anda dan membuat tubuh menjadi mudah lelah.

3. Makanan dengan gula tinggi

Makanan yang mengandung gula tinggi juga dapat memnyebabkan tubuh menjadi cepat lelah, seperti salah satunya permen. Permen sendiri merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung gula tinggi, Makanan cemilan ini akan menaikkan kadar dula darah anda dengan cepat. Setelah itu, akan membuat tubuh anda untuk melepaskan insulin yang juga dapat membuat kadar gula tubuh menjadi turun dengan cepat pula. Dan pada akhirnya akan enjadikan tubuh anda cepat lelah.

4. Makanan yang di goreng

Sebagaimana kita ketahui bersma. bahwasannya makanan yang digoreng mengandung lemak yang samngat tinggi. Maka dari itu, tubuh memerlukan energi ekstrak untuk mencerna makanan tersebut. Dan pada akhirnya, energi dalam tubuhpun akan terkuras.

5. Daging kalkun

Alasan yang mendasar mengapa daging aklkun membuat tubuh anda mudah cepat llah ialah karenan daging kalkun ini mengandung trypthopan yakni asa amino yang akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Maka dari itu, mulai sekarang anda sebaiknya mulai batasi mengonsumsi daging kalkun.

6. Daging merah

Selain daging kalsun, daging merah seperti daguing sapi, dagig kambing dan lainnya juga termasuk ke dalam makanan yang dapat membuat anda menjadi lbih mudah lelah. Hal tersebut dikarenakan daging merah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna dari pada makanan lainnya. Dan itu berarti tubuh anda memerlukan energi yang lebih untuk mencerna daging tersebut.

7. Alkohol

Alkohol mampu memperlambat sistem didalam saraf tubuh anda. Dan hal ini tak jarang menyebabkan anda menjadi lemah. Dan lebih buruknya lagi, alkohol juga dapat menyebabkan insomnia yang berarti anda tidak memiliki kesempatan untuk mengembalikan kembali energi tubuh yang hilang.

8. Makanan cepat saji

Ada alasan yang cukup mendasar, mengapa tubuh hustru akan merasa lelah pasca mengonsumsi makanan cepat saji. Diantaranya yakni tingginya kadar lemak jenuh yang tersimpan didalamnya. Selaion itu, didalamnya juga terdapat kandungan karbohidrat yang tak kalah tinggi.

Kebanyakan dari makanan cepat saji diolah dari bahan dengan kandungan karbohidrat sederhana yang di padupadankan dengan komponen lemak. Sebagian besar juga disajikan setelah digoreng ebelumnya. Kadar minyak dan lemak yang tinggi ini akan menyebabkan anda jutru lemas. Bahkan perlambatan pencernaan yang disebabkan lemak malah tidak menyehatkan untuk tubuh.

Nah itulah berbagai jenis makanan yang menjadi penyebab tubuh mudah lelah. Maka sebaiknya anda tidak secara berlebihan untuk mengonsumsinya bahkan sebagiannya lagi tidak di konsumsi bagi anda yang mengalami gangguan kesehatan tertentu. Adapun selain itu, masih banyak lagi makanan yang dapat menyebabkan tubuh mudah lelah, seperti makanan yang mengandung magnesium tinggi, makanan rendah kalori, minuman berenergi dan lainnya.

By Nida Saripah - Kesehatan Jum'at, 13 April 2018 11:01:06

Related Post :
Kesehatan
Pertolongan Pertama Pada Penderita…

Pertolongan pertama pada penderita…

Penyakit
Gejala dan Komplikasi Penyakit…

Gejala dan komplikasi penyakit…

Tips
Cara Mengecilkan Perut Setelah…

Cara mengecilkan perut setelah…

Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Daya Ingat…

Selain olahraga teratur dan…

Kesehatan
Hindari 6 Hal Ini…

Hindari 6 hal ini…

Obat Kimia
Baclofen, Obat Kimia Relaksan…

Baclofen, Obat Kimia Relaksan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Usus turun

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?


Kesehatan
Wah Ternyata Ini Manfaat Konsumsi Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Suka mengkonsumsi kacang hijau? ketahui…

Kesehatan
Langkah Dan Cara Pencegahan Osteoporosis Sejak Dini

Langkah dan cara pencegahan osteoporosis…

Kesehatan
Cara Tepat Menggunakan Daun Sirih Untuk Atasi Mata Buram

Berikut ini cara tepat menggunakan…

Kirim Pertanyaan
Top