6 Hal Kebiasaan Buruk Penyebab Munculnya Jerawat di Wajah

Kebiasaan Buruk Ini Harus Dihindari untuk Terhindar dari Jerawat

Kemunculan jerawat di wajah selain membuat daerah kulit yang ditumbuhi jerawat terasa sakit, juga menurunkan rasa percaya diri. Lalu dari mana datangnya jerawat? Anda perlu mengetahui kebiasan-kebiasaan di bawah ini yang mungkin tanpa disadari selalu dilakukan setiap hari. Jika Anda merasa sering melakukannya, segera hentikan atau jerawat akan betah berlama-lama di wajah.


1.Menggunakan ponsel yang kotor. Tidak bisa dipungkiri, ponsel atau gadget adalah benda yang paling dekat dengan manusia di zaman sekarang. Kuman yang berasal dari tangan bisa jadi pindah ke wajah lewat ponsel setelah digunakan untuk telepon. Terlebih jika Anda terlalu menempelkan ponsel pada pipi. Untuk menghindari akibat buruk dari kebiasaan ini, biasakan rutin menggunakan antiseptic pada tangan dan tidak terlalu menempelkan ponsel pada pipi saat digunakan. Anda bisa menggunakan earphone untuk alternatif saat menelepon.

2.Terlalu sering mencuci muka. Terlalu sering mencuci muka menggunakan sabun bisa membuat kulit wajah kehilangan minyak alami kulit dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak. Hal ini akan memicu tumbuhnya jerawat. Cukup cuci muka dua kali sehari menggunakan air hangat dan sabun pembersih muka yang ringan.

3.Menggunakan make up yang berlebihan. Anda yang berjerawat, baiknya menggunakan obat jerawat sebelum menggunakan make up, lalu bersihkan malam hari saat akan tidur. Pilih make up dengan label oil free dan non comedogenic. Untuk momen-momen tertentu yang membuat Anda perlu menutupi jerawat dengan sempurna, pilih make up yang bisa membantu menyembunyikan jerawat.

4.Memegang atau memencet jerawat. Jika Anda sedang berjerawat, hindari menempelkan tangan Anda ke jerawat. Hal itu justru akan memperparah jerawat Anda. Jangan pula memencet jerawat karena justru hanya akan menekan sumbatan pori ke bagian kulit lebih dalam yang akan menyebabkan bekas jerawat. Jika Anda termasuk sering gemas terhadap jerawat di wajah, mulai saat ini tahan tangan untuk menyentuh dan memencetnya.

5.Mengonsumsi makanan manis dan makanan yang diproses tanpa kontrol. Terlalu sering memakan kue atau cookies diduga bisa menimbulkan jerawat pada wajah. Begitu juga jika terlalu sering memakan makanan yang diolah seperti keripik kentang dan gorengan.

6.Kurang telaten mengobati jerawat. Setiap malam sebelum tidur, Anda bisa mengoleskan obat jerawat agar kempes pada esok harinya. Namun, perlu Anda ketahui, penyembuhan jerawat membutuhkan waktu berminggu-minggu. Jerawat tidak bisa hilang secara sempurna dalam satu hari. Diperlukan kedisiplinan dalam mengobatinya.



By Diane Rosse A.Md.Keb - Kulit Kamis, 14 April 2016 13:00:02

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Kulit
Diagnosis Dan Pengobatan Milia

Diagnosis dan pengobatan serta gejala…

Kulit
Waspadai Faktor-Faktor Penyebab Ketombe Di Kulit Kepala

Waspadai faktor-faktor penyebab ketombe atau…

Kulit
Gejala dan Pemeriksaan Mata Ikan

Gejala dan pemeriksaan mata ikan…

Tambah Pertanyaan
Top