Tips Dan Cara Menghilangkan Trauma Yang Patut Untuk Anda Coba!

Share dan Tag Temanmu di :

Cara menghilangkan truma dan bayang-bayang yang menyebabkan trauma bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu, perlu cara penanganan yang tepat agar ia bisa bangkit dan juga melupakan kejadian traumatis tersebut. Seperti halnya yang akan kami informasikan pada kesempatan kali ini.


Apakah anda pernah memiliki trauma? Ya, mungkin sebagian besar orang memiliki trauma. Mulai dari anak hingga dewasa mungkin dapat mengalami kondisi ini. Adapun trauma yang dialami pada setiap orangnya mungkin akan berbeda-beda,  lantaran dapat  terjadi oleh berbagai macam hal pula.

Misalnya mengalami pemerkosaan, kehilangan orang tersayang, menjadi korban kecelakaan, bencana alam dan masih banyak lagi yang lainnya. Adapun trauma psikis bisa mempengaruhi berbagai aspek, mulai dari fisik, mental, perilaku dan interaksi sosial.

Ini berbagai tips dan cara menghilangkan trauma yang tepat

Cara untuk menghilangkan trauma sangat penting untuk diketahui, sehingga mereka dapat segera mengatasi rasa takut yang di rasakan dan tidak menggaggu kehidupan sehari-hari mereka. Dan berikut adalah berbagai cara yang bisa dilakukan:

Ceritakan dengan orang terdekat

Menceritakan kejadian traumatis yang anda alami kepada orang terdekat bisa menjadi langkah utama untuk mengatasi trauma. Menceritakannya kepada seseorang, mungkin akan membuat anda merasa lebih baik dan tidak merasa sendiri. Dukungan dari orang terdekat juga akan cukup berpengaruh dalam meringankan rasa takut yang anda alami.

Mencurahkannya melalui tulisan

Menulis dengan menceritakan kejadian traumaits atau apa yang dirasakan setelah kejadian juga menjadi terapi yang sangat efektif sebagai cara menghilangkan trauma. Apabila anda merasa sungkan untuk bercerita kepada orang lain, maka cobalah untuk menyalurkannya melalui tulisan.

Mungkin pada awalnya anda akan merasa kurang nyaman. Namun seiring dengan berjalannya waktu, maka anda bisa lebih rileks dalam dalam menuangkan perasaan melalui tulisan. Menulis juga nyatanya tidak hanya berperan sebagai media untuk bercerita saja, akan tetapi juga bisa menjadi tempat untuk mengeksplorasi pikiran dan perasaan terdalam terkait hal-hal traumatis yang mungkin pernah anda alami.

Alihkan perhatian pada kegiatan yang menarik

Tak jarang kejadian traumatis mungkin dapat muncul di ingatan anda, melalui mimpi buruk atau kejadian yang dianggap hampir sama. Misalnya, berita tentang kecelakaan lalu lintas, dapat menimbulkan kembali rasa trauma pada korban kecelakaan. Untuk itu, disarankan untuk sebisa mungkin menjauhkan diri dari paparan informasi mengnai peristiwa yang terkait dengan kejadian traumatis.

Pahamilah bahwasannya reaksi anda terhadap berita tersebut sebenarnya normal, dan kemudian secara perlahan tenangkan diri anda. Sebaiknya segera alihkan perhatian anda dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti melakukan hobi anda dan aktifitas lainnya yang menyenangkan.

Hadapi ketakutan yang dirasakan

Cara mengatasi trauma tidaklah mudah jika penderitanya sering kali mengingat kejadian traumatis yang dialami dan mencoba untuk mengatasi rasa takut yang menyertainya. Hal ini dapat membantu mengendalikan apa yang anda rasakan secara bertahap.
Cobalah untuk brdamai dengan kejadian traumatis yang anda alami. Pikirkan bahwa anda harus menghadapinya dan melawan rasa takut, untuk mengembalikan kualitas hidup anda.

Seiring waktu, ketakutan yang dialami akibat peristiwa traumatis pada umumnya dapat hilang. Namun, sebagian orang mengalami trauma yang terus berlanjut, sehingga menimbulkan stres dan juga rasa takut yang berlebihan. Adapun trauma semacam ini diknal dengan sebagai PTSD (post-traumatic stress disorder).

Adapun untuk cara menghilangkan jenis trauma pada penderita PTSD, maka membutuhkan psikoterapi yang diberikan oleh psikiater. Psikiater ini sendiri akan membantu penderita PTSD memahami, mengelola dan mengembangkan cara yang spesifik untuk menghilangkan trauma. Selain itu, dibutuhkan juga  obat antidepresan yang prlu di konsumsi, agar penderita PTSD dapat mengendalikan rasa sedih dan juga ketakutan dengan lebih baik.

Mengatasi sekaligus menghilangkan trauma memang tidak mudah, namun itu tidak mustahil. Jika tidak dapat melakukannya sendiri seperti dengan melakukan beberapa tips dan cara menghilangkan trauma diatas, maka jangan segan untuk meminta bantuan orang terdekat  atau bantuan para ahli, seperti halnya psikiater atau psikolog. Semoga bermanfaat!

By Nida Saripah - Tips Senin, 16 April 2018 09:14:36

Related Post :
Penyakit
Mengenal Tentang Diabetes Dan…

Diabetes merupakan penyakit jangka…

Kesehatan
Ini Larangan Dan Bahaya…

Ini adalah larangan dan…

Manfaat
Ragam Manfaat Akar Manis…

Tahukah anda apa manfaat…

Tips
Cara Mudah Dan Alami…

Cara alami membakar lemak…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Informasi tentang selada, kandungan…

Kewanitaan
Kiranti Solusi Alami Untuk…

Kiranti solusi untuk mempercepat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips
Cara Pengolahan Seledri Sebagai Obat Batu Ginjal Alami

Cara pengolahan seledri sebagai obat…

Kirim Pertanyaan
Top