Pola Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan Oleh Penderita Bipolar

Share dan Tag Temanmu di :

Gangguan bipolar merupakan gangguan jiwa dimana penderita mengalami dua kondisi suasa perasaan (mood) yang sangat berlawanan, baik secara bergantian maupun bersamaan. Kondisi ini tentunya bisa mengganggu produktivitas dan kehidupan sosial pengidap bipolar.


Walaupun demikian, penderita gangguan bipolar dapat tetap menjalani aktivitas sehari-hari. Jika Anda termasuk pengidap gangguan bipolar, ada beberapa pola hidup sehat yang bisa diterapkan oleh penderita bipolar yang tentunya bisa membantu mengatur emosi dan mood Anda, diantaranya :

  • Pola makan yang baik

Pada dasarnya, tidak ada makanan khusus yang menjadi pantangan bagi penderita bipolar. Namun, sama halnya dengan orang lain, sebaiknya pilihlah jenis makanan yang tepat bagi tubuh. 

Pilihlah jenis makanan yang dapat membuat Anda lebih nyaman dan tenang. Makanan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi merupakan pilihan terbaik. Cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Serta kurangi konsumsi lemak, gula, dan garam.

  • Batasi asupan kafein

Mengonsumsi kafein terlalu banyak nyatanya bisa membuat penderita gangguan bipolar terjaga sepanjang malam, sehingga akan memengaruhi mood penderita. 

Maka dari itu, sebaiknya kurangi konsumsi minuman bersoda, kopi, dan teh. Ketiga jenis minuman ini mengandung kafein yang bisa membuat Anda ketagihan. Hindari juga mengonsumsi secangkir coklat panas, karena didalamnya juga terkadnung kafein. 

Selain kafein, usahakan juga untuk menghindari minuman beralkohol. Selain dapat menimbulkan efek negatif bagi tubuh, minuman beralkohol juga dapat mengganggu penyerapan obat yang sedang Anda konsumsi. 

  • Berolahraga

Faktanya, berolahraga dan berkeringat bisa membuat Anda menjadi lebih bahagia. Terlepas dari Anda adalah seorang penderita bipolar atau tidak, berolahraga adalah satu pilihan terbaik untuk menambah semangat hidup. 

Sebagai seseorang dengan bipolar, berolahraga dapat membantu suasana hati menjadi lebih stabil. Berolahraga secara rutin juga bisa membantu menghidarkan Anda dari gangguan tidur di malam hari. Pasalnya saat pengidap bipolar mengalami insomnia, mungkin ia akan memenuhi pikirannya dengan banyak hal. Kondisi tersebut dapat memicu perubahan mood secara mendadak. 

Anda bisa memulai dengan jenis latihan yang sederhana dan mudah, seperti jalan kaki. Ajak beberapa teman Anda untuk ikut berjalan kaki bersama. Hal ini akan lebih menghangatkan suasana dan membuat Anda lebih bersemangat.

  • Manfaatkan waktu luang

Kuncinya adalah jangan terlalu memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Sesibuk apapun Anda bekerja, pastikan mengambil beberapa jam untuk sedikit bersantai. Hal ini efektif untuk mengurangi tekanan dan menghindari gejala depresi

Manfaatkan waktu luang Anda dan isi dengan aktivitas yang bisa menenangkan pikiran. Daripada memilih untuk menonton televisi atau menghabiskan waktu mengecek sosial media, sebaiknya cobalah untuk membaca buku atau mendengarkan musik. Pasalnya hal tersebut jauh lebih menyenangkan. 

Selain melakukan tips hidup sehat tersebut, yang terpenting adalah mengonsumsi obat secara teratur untuk menghindari timbulnya perubahan mood. Menurutnya, semua hal tersebut sejatinya bisa membantu kestabilan mood dan kesehatan penderita gangguan bipolar. 

Obat-obatan dan beberapa pola hidup sehat tersebut tidak hanya bisa membuat penderita bipolar tetap sehat, tetapi juga menstabilkan mood agar tidak terjadi manik yang terlalu berlebihan ataupun depresi yang mendalam. 

Sementara itu, penderita bipolar juga bisa membuat catatan harian. Pasalnya, cara ini juga bisa membuat perasaan lebih lega untuk menulis apa yang sedang Anda rasakan. 

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 16 April 2018 10:50:28

Related Post :
Obat Kimia
Testosterone Obat Untuk Masalah…

Testosterone obat untuk masalah…

Manfaat
Jangan Dibuang! Kulit Telur…

Jika biasanya kulit telur…

Tips
Anak Kecanduan Bermain Game?…

Bermain game merupakan salah…

Tips
Tips Cara Alami Menghilangkan…

Salah satu masalah yang…

Kesehatan
Selain Enak Menu Khas…

Makanan khas Indonesia memang…

Penyakit
Ini Pengobatan Penyakit GBS…

Berikut adalah pengobatan penyakit…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Ternyata Senyum Juga Menyehatkan ! Ini Manfaatnya

Tersenyum bisa diartikan sebagai tanda…

Kesehatan
Ketahui Gejala Penyebab Dan Pencegahan Jantung Bengkak

Informasi tentang penyebab, gejala dan…

Kesehatan
Terapi Pengobatan dan Penyembuhan Asam Urat Paling Efektif

Terapi pengobatan dan penyembuhan asam…

Kirim Pertanyaan
Top