Mengenal Diet DASH Atau Diet Terbaik Untuk Penderita Hipertensi

Share dan Tag Temanmu di :

Diet DASH pada dasarnya bukanlah bagian dari pada jenis diet untuk menurunkan berat badan. Melainkan pengaturan pola makan yang di rancang  khusus untuk mencegah terjadinya lonjakan tekanan darah, bahkan mampu mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi. Jika diet ini dilakukan secara disiplin, maka tekanan darah dapat turun hanya dalam dua minggu saja.


DASH sendiri merupakan singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension. Dan memang, diet ini berfungsi untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi dan juga kolesterol. Bahkan, menurut penelitian yang disponsori oleh National Institute of Health (NIH) menunjukkan bahwasannya diet DASH untuk menurunkan tekanan darah semanjur obat dokter.

Adapun selain itu, Anda akan memiliki banyak keuntungan mengikuti diet DASH ini. Pasalnya orang-orang yang mengikuti diet rendah lemak jenuh, kaya buah-buahan, sayur, kacang-kacangan dan makanan protein nabati lainnya dapat mengurangi resiko penyakit jantung hingga kanker. Apalagi diet ini juga dengan perubahan gaya hidup sehat sehingga bisa memberikan manfaat kesehatan tambahan untuk anda.

Aturan dan menu diet DASH untuk penderita hipertensi

Diet untuk hipertensi ini memiliki beberapa aturan sederhana  yang harus dipatuhi. Diantaranya seperti:

  • Membatasi konsumsi natrium, baik itu dalam bentuk garam maupun makanan bersodium tinggi, seperti makanan dalam kemasan (makanan kelengan) dan makanan cepat saji.
  • Membatasi konsumsi daging dan makanan mengandung gula tinggi.
  • Mengurangi konsumsi makanan berkolesterol tinggi dan mengandung banyak lemak trans.
  • Memperbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan dan olahan susu rendah lemak.
  • Mengonsumsi ikan, daging unggasa, kacang-kacangan dan makanan dengan gandum utuh.

Adapun menu-menu yang tersusun dalam diet DASH terdiri dari makanan rendah garam, dan juga menitikberatkan pada nutrisi yang cukup efektif dalam menurunkan tekanan darah, seperti kalium (potasium), kalsium dan juga magnesium.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Garam (sodium/natrium) ialah musuh utama penderita hipertensi lantaran dapat memberikan efek langsung terhadap kenaikan tekanan darah. Sedangkan senyawa atau nutrisi yang dikenal cukup efektif dalam menurunkan tekanan darah.

Untuk mengatur menu diet DASH sebenarnya sangatlah mudah. Karena anda tetap boleh makan nasi, daging dan juga susu. Namun hal yang harus di perhatikan ialah membatasi porsinya perhari. Takaran satu porsi dalam diet DASH berarti 1 iris roti, 1 ons sereal, 3 ons daging masak, 100 gr nasi atau pasta, sekitar 150 gr sayur-sayuran dan buah-buahan, 1 sendok teh minyak nabati seperti minyak zaitun, 3 ons tahu dan 8 ons susu.

Dan berikut ialah daftar makanan yang di perlukan dalam diet DASH:

>> Sayuran minimal 4-5 porsi per hari

Brokoli, tomat, wortel, ubi dan sayuran berdaun hijau yang kaya akan vitamin, serat, mineral, seperti kalium dan juga magnesium. Sajikan sayuran sebagai menu utama, bukan sebagai makanan pendamping.

>> Beras dan gandum : maksimal 6-8 ons perhari

Beras, roti, pasta dan sereal termasuk ke dalam kelompok beras dan gandum.  Sebaiknya anda pilih gandu utuh seperti beras merah dan roti gandum. lantaran mengandung lebih banyak serat dan nutrisi. Gandum memiliki kandungan rendah lemak, selama tidak dikonsumsi dengan mentega, keju dan juga krim.

>> Buah-buahan: minimal 4-5 porsi perhari

Sajikan buah-buahan sebagai cemilan, Jika tidak suka makan buah, anda bisa mengolahnya menjadi jus tanpa tambahan gula. Salah satu buah yang baik di konsumsi oleh penderta hipertensi adalah pisang, lantaran kaya kalium. Kalium bekerja dengan cara mengurangi efek natrium. Semakin banyak kalium yang dimakan, maka semakin banyak pula natrium yang hilang melalui urine.

>> Daging, ayam, ikan: maksimal 2 porsi perhari

Daging hewan merupakan sumber protein, zat besi, seng, dan vitamin. Masak daging tanpa kulit dengan cara direbus atau dipanggang, bukan digoreng. Hal ini agar daging tidak menjadi santapan tinggi kolesterol. Ikan salmon dan tongkol merupakan pilihan yang lebih sehat, lantran kaya akan omega 3 dan bermanfaat dalam menurunkan koletserol.

>> Kacang-kacangan dan biji-bijian: 3-5 porsi perhari

Kacang-kacangan mengandung omega-3 dan serat yang bermanfaat dalam menurunkan resiko penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Tapi di samping itu, kacang-kacangan juga mengandung aklori, sehingga disarankan untuk makan secukupnya saja.

Alaternatif lainnya adalah mengonsumsi produk olahan kacang kedelai, seperti tempe dan tahu. Dalam makanan tersebut, terkandung asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh  sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti selain daging.

>> Lemak dan minyak: makssimal 2-3 porsi perhari

Dalam diet DASH juga dianjurkan untuk mengonsumsi lemak tak jenuh alias l;emak baik. Lemak tak jenuh ini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menurunkan resiko penyakit jantung, asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Lemak yang tak jenuh tunggal terdapat didalam minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan.

Sedangkan lemak tak jenuh ganda banyak ditemukan pada ikan salmon, tongkol dan olahan kacang kedelai. Hindari menyantap lemak jenus dan lemak trans lantaran dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

>> Produk susu rendah lemak: maksimal 2-3 pori per hari

Susu dan produk olahannya seperti keju dan yogurt merupakan sumber vitamin D, kalsium, dan juga protein. Pilih produk yang rendah lemak untuk menghindari kondisi lemak berlebih.

>> Makanan manis: maksimal 5 porsi dalam 1 minggu

Salam menjlani diet DASH, anda tidak perlu untuk menghilangkan kebiasaan makan cemilan manis. Namun disarankan untuk memilih makanan manis seperti jeli, agar-agar atau biskuit yang rendah lemak.

Pada saat anda akan memulai diet ini, mungkin anda akan merasa cita rasa makanan anda jadi kurang sedap lantaran kurang garam. Bahkan kebanyakan masakan Indonesia memiliki cita rasa yang kuat. Untuk mengatasi hal tersebut, anda tidak perlu langsung menghasilkan seluruh takaran garam. Melainkan menguranginya sedikit demi sedikit sampai lidah anda terbiasa.

Adapun jika kita simpulkan, inti dari diet DASH adalah mengurangi asupan natrium. Baik itu natrium dalam makanan, produk olahan atau garam yang ditambahkan dalam setiap makanan. Dan itu sebabnya, jenis makanan yang dipilih dalam jenis diet ini adalah makanan dengan kadar natrium yang rendah. Dan sebelum berbelanja kebutuhan dapur, sebaiknya anda jangan lupa untuk membaca label kemasan sebelum memilih produk. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Selasa, 17 April 2018 10:43:33

Related Post :
Obat Cina
Obat Herbal Kanker Tulang…

Obat herbal kanker tulang…

Penyakit
Penyebab Kolesterol Tinggi Dan…

Penyebab kolesterol tinggi dan…

Penyakit
Pengobatan Osteopetrosis Penyakit Turunan…

Oseteopetrosis adalah penyakit turunanan…

Penyakit
Ketahui Faktor Penyebab Timbulnya…

Ketahui faktor penyebab timbulnya…

Penyakit
Ketahui Penyebab Kemandulan Pada…

Kemandulan (infertilitas) adalah sesuatu…

Daun
Ini Khasiat Daun Kemuning…

Inilah berbagai manfaat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?

  • Hipertensi

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apakah aman jika saya di beri obat amlodipine dn candesartan untuk diminum bersamaan karema tekanan darah saya tinngi


Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita Jantung Bengkak

Pantangan makanan bagi penderita jantung…

Kesehatan
Gerakan OLaharaga Sederahana Di Rumah Untuk Membakar Lemak

Berikut adalah gerakan olahraga sederhana…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top