Luar Biasa! Meski Tanpa 7 Organ Ini Manusia Tetap Bisa Hidup

Share dan Tag Temanmu di :

Manusia memiliki tubuh yang menakjubkan. Tubuh manusia terdiri dari puluhan organ yang saling bekerja sama satu sama lain. Organ-organ ini membentuk suatu sistem rumit yang memastikan aspek-aspek dalam tubuh selalu berada dalam kondisi yang seimbang, mulai kadar air, pH darah, oksigen, dan sumber energi. Keseimbangan inilah yang membuat kita tetap bisa hidup dan beraktivitas setiap harinya, tanpa kekurangan sedikitpun. 

Manusia juga termasuk makhluk hidup kuat yang bisa bertahan hidup dengan baik, bahkan jika harus kehilangan bagian organ tubuhnya. Jadi, meski tanpa 7 organ ini manusia tetap bisa hidup dengan baik. Organ tubuh apa sajakah itu ? Simak informasinya dibawah ini !!


  • Lambung 

Lambung tentu menjadi organ yang penting dimiliki tubuh, karena sistem pencernaan bekerja di sini. Lambung berfungsi memecah makanan, penyerapan, dan sekresi. Tapi bagaimana jika lambung harus diangkat ? 

Kondisi ini pernah dialami oleh seorang perempuan Inggris. Karena mengonsumsi koktail yang mengandung nitrogen cair, maka dokter harus memasang esofagus ke usus kecil sehingga proses pencernaan tetap berjalan. Setelah pemulihan, perempuan tersebut tetap bisa makan dengan normal meskipun harus dibantu dengan suplemen vitamin. 

  • Usus besar

Usus besar atau kolon merupakan bagian terakhir dari sistem pencernaan. Usus ini terdiri dari 4 bagian berdasarkan orientasnya, yaitu ascending, transverse, descending, dan sigmoid yang berujung pada rektum. Organ ini berfungsi dalam penyerapan air dari sisa-sisa makanan yang telah diserap nutrisinya di usus halus, serta pemadatan feses sebelum dikeluarkan dari tubuh. 

Pada beberapa kasus, usus besar dapat diangkat dari tubuh ketika terkena kanker atau penyakit lain yang cukup parah. Walaupun begitu, pasien yang mengalami pengangkatan usus besar bisa pulih dengan baik dan menjalankan aktivitas seperti biasanya. 

Namun, pasien tersebut juga akan mengalami beberapa efek samping pasca operasi, seperti kesulitan menahan buang air besar dan frekuensi buang air besar yang lebih sering. 

  • Usus buntu

Usus buntu atau apendiks merupakan bagian yang mungkin dianggap sepele karena tidak diketahui fungsinya, namun bagian ini adalah rumah bagi bakteri baik untuk usus. Apendiks atau umbai cacing ini bisa menimbulkan masalah pencernaan seperti pembengkakan dan penyumbatan. Walaupun begitu, hidup manusia tidak akan terpengaruh banyak jika bagian ini diangkat. 

  • Limpa

Limpa merupakan organ yang terletak di perut sebelah kiri atas dekat dengan rusuk terakhir. Karena letaknya dekat dengan rusuk dan hanya tertutup oleh jaringan galus, maka limpa mudah robek jika terjadi kecelakaan atau hal tak diinginkan di sekitarnya. 

Jika tidak ditangani dengan baik, maka kebocoran limpa ini dapat menyebabkan kematian. Tapi, manusia tetap bisa bertahan hidup meski tak memiliki limpa. Karena fungsi utama limpa yang merupakan tempat mendaur ulang sel darah merah, menyimpan sel-sel darah putih dan trombosit dapat digantikan oleh hati dan jaringan limfoid. 

  • Kantung empedu

Empedu menyimpan bilirubin yang secara konstan diproduksi hati untuk memecah lemak, tetapi ketika tidak diperlukan dalam pencernaan, maka bilirubin akan disimpan dalam kantong empedu. Ketika usus mendeteksi lemak, maka hormon akan dilepaskan sehingga membuat kantong empedu berkontraksi, memaksa empedu mencerna lemak. 

Namun, kelebihan lemak bisa membentuk batu empedu, dan ketika tidak bisa bekerja dengan semestinya, maka kantung empedu harus diangkat. Walaupun begitu, manusia tetap bisa hidup meskipun tidak memiliki kantung empedu.

  • Ginjal

Manusia memiliki sepasang ginjal, yang berfungsi untuk menyaring darah untuk menjaga keseimbangan air, elektrolit, dan asam-basa dalam darah. Meskipun harus diangkat atau didonorkan, maka manusia tetap bisa hidup dengan baik dengan satu ginjal asalkan dalam kondisi sehat. Bahkan seseorang masih bisa hidup tanpa ginjal, sebagai gantinya harus dibantu dengan dialisis.

  • Organ reproduksi

Organ reproduksi utama pria yang berupa testis, dan wanita adalah indung telur, keduanya merupakan organ yang berpasangan, sehingga membuat seseorang masih bisa memiliki anak walaupun ada satu yang diangkat, karena masih bisa berfungsi. 

Pengangkatan salah satu testis atau indung telur bisa disebabkan karena kanker atau trauma akibat kecelakaan atau olahraga terlalu keras. Bahkan penelitian menunjukkan, wanita dengan salah satu indung telur yang diangkat tidak akan memperpendek angka harapan hidup. Uniknya, pria yang salah satu testinya diangkat justru memiki harapan hidup lebih panjang. 

Walaupun kita masih bisa hidup dengan baik tanpa kehadiran organ tersebut, bukan berarti kita tidak perlu memperhatikan kesehatan organ-organ tersebut. Jika suatu saat organ tersebut rusak, maka proses pengangkatan tentunya harus dilakukan dan memerlukan biaya yang besar. Selain itu, juga ada risiko komplikasi yang timbul jika proses operasi tidak berjalan dengan sempurna. 

Maka dari itu, tetap Anda harus menjaga kesehatan dengan menjalankan pola hidup sehat, konsumsi makanan yang seimbang dan jangan lupa untuk mengecek kondisi kesehatan tubuh secara rutin.

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 17 April 2018 14:24:12

Related Post :
Kesehatan
Ingin Menjalankan Pola Hidup…

Olahraga secara teratur memang…

Kesehatan
Ingin Terhindar Dari Flu…

Anda ingin terhindar dari…

Tips
Langkah Pertolongan Pertama saat…

Meskipun jarang terjadi, namun…

Kesehatan
Badan Meriang? Ini Penyebab…

Penyebab badan meriang beserta…

Kulit
Vitamin C Sebagai Penghasil…

Manfaat vitamin C sebagai…

Daun
Manfaat Daun Gedi Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Berbagai Cemilan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Berbagai cemilan sehat untuk menurunkan…

Kesehatan
Awas! Makan Ayam Broiler Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

Daging ayam termasuk makanan yang…

Kesehatan
Mengapa Mata Tidak Bisa Dibuka saat Bersin? Ini Alasannya

Secara alami, sebagian besar orang…

Kirim Pertanyaan
Top