Manfaat Menakjubkan Kacang Pecan Bagi Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Selain buah dan sayur, kacang-kacangan juga termasuk salah satu makanan sehat yang kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Kacang-kacangan mengandung serat dan protein nabati yang baik untuk kesehatan. Kacang juga tinggi akan kandungan lemak sehat, vitamin dan mineral, serta antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. 

Ada banyak jenis kacang-kacangan yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan yang biasa dikonsumsi, seperti kacang tanah, kacang almond, dan jenis kacang lainnya. Namun, ada salah satu jenis kacang yang juga menyimpan manfaat yang tak kalah menakjubkan bagi kesehatan tubuh, yaitu kacang pecan.

Meskipun memiliki bentuk yang kurang cantik, namun kacang pecan memiliki rasa yang sangat gurih. Lacang pecan saat ini tengah populer di Amerika, baik itu sebagai cemilan, dijadikan isi pie atau isi kalkun panggang. 


Seperti jenis kacang lainnya, pecan juga banyak diolah menjadi campuran kue, es krim, puding, pie, isi kalkun panggang, dan juga dibuat mentega pecan. Dari segi nutrisi, kacang pecan ini ternyata mengandung 87% asam lemak tak jenuh yang sangat baik untuk jantung. Juga mengandung sejumlah mineral penting lainnya. 

Selain itu, didalam kacang pecan juga diketahui terkandung vitamin E dan A, serta zat kalsium, seng, dan masih banyak lagi. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, kacang pecan ini kaya akan kandungan kalori dan serat. 

Dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya tersebut, tentu kacang pecan ini juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Dan berikut ini  merupakan beberapa manfaat kacang pecan bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui, yaitu diantaranya :

  • Mencegah peradangan

Sebuah studi membuktikan bahwa asupan magnesium yang terkandung dalam kacang pecan dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, salahs atunya pada dinding arteri. Berkurangnya peradangan pada dinding arteri ini secara tidak langsung dapat menurunkanr isiko arthritis, penyakit Alzheimer, penyakit kardiovaskular, dan penyakit peradangan lainnya. 

  • Mencegah sembelit

Seorang ahli gizi, Anshul Jaibharat, mengungkapkan bahwa kacang pecan mengandung tinggi serat yang baik untuk membersihkan saluran cerna sehingga dapat mencegah sembelit, serta menurunakn risiko wasir dan radang usus. 

  • Mencegah rambut rontok

Bagi Anda yang sedang berjuang melawan rambut rontok, mungkin manfaat kacang pecan yang satu ini mungkin diperlukan. Kacang pecan mengandung asam amino L-arginin yang dapat mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, asam amino tersebut juga mampu meningkatkan elastisitas pada dinding arteri sehingga membuat laju aliran darah ke akar rambut jadi lebih lancar. 

Pasokan darah segar ke kulit kepala membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih maksimal dan membuat kulit kepala lebih sehat.

  • Menurunkan risiko penyakit jantung

Kacang pecan kaya akan antioksidan polifenol flavonoid yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Bahkan, kandungan polifenol dalam kacang pecan ini dua kali lipat lebih tinggi daripada kacang almond, kacang mete, dan pistachio. 

Selain itu, kacang pecan juga tinggi akan gamma-tokoferol, yaitu salah satu bentuk dari vitamin E yang baik bagi tubuh. Dua penelitian berbeda menunjukkan bahwa tingginya kadar gamma-tokoferol pada makanan olahan kacang pecan dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol yang menjadi faktor risiko penyakit jantung. Maka dari itu, tak heran jika kacang pecan ini sangat baik untuk mencegah penyakit jantung. 

  • Menurunkan risiko kanker

Manfaat kacang pecan yang tak kalah penting adalah mampu melindungi tubuh dari risiko kanker. Asam ellagic yang terkandung didalam kacang pecan dapat menghambat pengikatan DNA karsinogen penyebab kanker, diantaranya nitrosamin dan hidrokarbon aromatik polisiklik. 

Kacang pecan juga mengandung asam oleat, yaitu asam lemak yang terbukti mampu menurunkan risiko kanker payudara dan kanker usus besar. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan serat pada kacang pecan dapat membersihkan pencernaan sehingga terhindar dari risiko kanker usus. 

  • Menjaga kesehatan tulang dan kulit

Sudah disebutkan sebelumnya jika kacang pecan mengandung berbagai mineral yang diperlukan tubuh. Sebut saja thiamin, seng, mangan, dan tembaga. Setiap 30 gram kacang pecan dapat memenuhi 60% asupan mangan harian dan 40% asupan tembaga harian tubuh. 

Mangan sendiri bermanfaat untuk membantu mengatur gula darah dan menjaga kesehatan tulang. Selain itu, mineral yang satu ini juga dapat membantu membentuk kolagen, protein khusus yang diperlukan untuk menjaga agar kulit tetap kenyal dan elastis. 

Manfaat kacang pecan untuk kesehatan kulit ini ternyata tidak hanya berasal dari mangan saja, tetapi kacang pecan juga mengandung asam ellagic, vitamin A dan E yang terbukti ampuh untuk melawan radikal bebas penyebab penuaan kulit. 

Sedangkan kandungan tembaga yang ada didalam kacang pecan ini dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Zat besi berperan dalam pembentukan sel darah merah, menjaga kekebalan tubuh, dan membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, saraf, dan tulang.

  • Membantu menurunkan berat badan

Kacang-kacangan seringkali disarankan bagi mereka yang sedang menjalankan program diet penurunan berat badan. Dan bagi Anda yang merasa jenuh dengan kacang almond atau kacang lainnya yang biasa dikonsumsi, maka kacang pecan bisa menjadi pilihan cemilan alternatif untuk membantu menurunkan berat badan.

Kacang pecan mengandung beberapa kelompok vitamin B kompleks seperti riboflavin, niacin, thiamin, asam pantotenat, vitamin B6, dan folat yang semuanya dapat membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh. 

Hal inilah yang juga membuat kacang pecan lebih lama dicerna dalam perut sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Alhasil, Anda menjadi tidak tergoda untuk makan lebih banyak demi memuaskan hasrat makan Anda. 

By Sri Maryati - Manfaat Rabu, 18 April 2018 11:28:03

Related Post :
Kesehatan
Kesalahan Umum saat Menyikat…

Menyikat gigi merupakan hal…

Penyakit
Deretan Penyakit Langka yang…

Mengetahui deretan penyakit langka…

Penyakit
Cara Efektif Mengatasi Penyakit…

Cara efektif mengatasi penyakit…

Kesehatan
Waspadai Perilaku Ini untuk…

Berkaca dari kasus Jonghyun…

Ibu Dan Anak
Tips Sehat untuk Menaikkan…

Anak yang memiliki berat…

Obat Kimia
Asam Salisilat Obat Untuk…

Asam salisilat obat untuk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Jangan Buang Biji Pepaya! Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Beragam manfaat biji buah pepaya…

Manfaat
Jangan Jauhi! Inilah Manfaat Konsumsi Sayuran Pahit Bagi Tubuh

Meskipun tidak enak saat dikonsumsi,…

Manfaat
Wow! Inilah Manfaat Buah Gooseberry Nomer 4 Mencengangkan

Wow!! inilah kandungan dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top