Ini Pantangan Makanan Untuk Penderita Tekanan Darah Rendah !

Share dan Tag Temanmu di :

Pantangan makanan bagi penderita tekanan darah rendah ialah berbagai jenis makanan yang sebaiknya dihidari untuk dikonsumsi oleh seseorang ataupun anda yang kini tengah mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah. Karena makanan-makanan ini dipercaya mampu memperparah gejala yang timbul.


Tekanan darah atau yang dikenal dengan istilah hipotensi merupakan  suatu kondisi dimana tekanan darah didalam arteri lebih rendah dibandingkan dengan normal. Dan terdapat 2 ukuran yang digunakan dalam tekanan darah. Yaitu, tekanan sistolik (bilangan atas dan juga tekanan diastolik (bilangan bawah).

Untuk tekanan darah darah yang normal ialah antara 90/60 dan 140/90. Adapun untuk penderita hipotensi umumnya memiliki tekanan darah dibawah 90/60 yang disertai gejala hipotensi. Sedangkan jika tekanan darah diatas 140/90 maka orang tersebut disebut memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Berbagai pantangan makanan  untuk penderita tekanan darah rendah yang perlu di hindari

Selain terdapat beberapa anjuran makanan yang baik untuk penderita tekanan darah rendah anda, ada juga makanan yang sebaiknya untuk dihidari. Hal tersebut lantaran beberapa jenis makanan berikut dianggap dapat memperparah gejala yang ditumbulkan. Adapun berbagai jenis makanan pantangan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Makanan yang digoremng dan berminyak

Mengonsumsi makanan yang diagoreng atau terlalu mengandung banyak kadar minyak yang tinggi, maka dapat mempengaruhi tekanan darah juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut dikarenakan makanan-makanan tersebut mengandung lemak trans juga mampu menghambat aliran darah anda. Maka dari itu, sebaiknya anda menghindari makanan yang satu ini dan cobalah untuk mengonsumsi makanan yang dikukus maupun direbus.

2. Makanan cepat saji

Banyaknya restoran cepat saji tentu membuat anda terkadang menjatuhkan pilihan untuk mengonsumsinya. Namun, apabila anda memiliki tekanan darah rebndah, sebaiknya untuk menghindari telebih dahulu jenis makanan yang satu ini. Makan cepat saji sendiri diketahui memiliki kadar lemak jenuh dan kolesterol yang cukup tinggi sehingga mampu menyumbat dan membuat aliran darah menjadi tidak lancar.

3. Makanan pedas

Makanan pantangan penderita tekanan darah rendah lainnya adalah makanan berccitarasa pedas. Makanan tersebut dapat menggerus dan melukai lambaung sehingga menyebabkan kurangnya nafsu makan. Dan apabila nafsu makan menurun, maka tubuh akan kekurangan nutrisi, termasuk mineral penting seperti natrium, zat besi dan lainnya. Bahkan mampu menurunkan tekanan darah dahn memperparah kondisi anda.

4. Makanan yang kaya karbohidrat

Pernahkah anda berfikir, mengapa makan nasi dapat menyebabkan anda menjadi lebih cepat kenyang? Nah, itulah mengapa makanan yang tinggi karbohidrat tidak baik untuk tekanan darah rendah. Makanan berkarbohidrat tinggi, seperti halnya nasi, kentang dan roti bersifat menekan rasa lapar, sehingga menyebabkan tekanan darah rendah menurun.

5. Menghindari alkohol

Minuman yang satu ini diketahui bersifat panas di lambung, sehingga dapat membuat lambung anda iritasi bahkan merusak sel darah merah. Adapun kaitannya dengan darah rendah, alkohol memiliki efek direutik yakni yang menyebabkan seseorang yang mengonsumsinya menjadi lebih sering buang air kecil. Dan jika dibiarkan, maka tubuh akan kekurangan cairan hingga tekanan darah menjadi semakin rendah.

Selain dari apa yang telah kami sampaikan diatas, masih banyak lagi berbagai jenis pantangan makanan untuk hipotensi lainnya. Seperti halnya, ikan salmon, mentimun, air kelapa dan lainnya.

Nah, demikian referensi pantangan makanan untuk penderita tekanan darah tinggi yang sebaiknya dihindari. Namun, anda juga tetap perlu berkonsultasi dengan dokter anda untuk menanyakan seputar cara yang akurat untuk mengatasi masalah hipotensi ini. Dokter juga selengkapnya akan memaparkan selengkapnya makanan yang boleh atau tidak boleh dikonsumsi oleh penderita tekanan darah rendah. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Jum'at, 20 April 2018 10:40:21

Related Post :
Penyakit
Ciri-Ciri Penyakit Abses Penularan…

Mengenal ciri ciri penyakit…

Ibu Hamil
Ini Resiko Induksi Pada…

Ini resiko induksi pada…

Kesehatan
Terapi Pengobatan Untuk Penderita…

Insomnia merupakan sebuah kelainan…

Penyakit
Ketahui Penyebab Sering Buang…

Ketahui penyebab sering buang…

Kesehatan
Resep Cemilan Sehat Untuk…

Agar anda tidak ketergantungan…

Kesehatan
Wah Ternyata Ini Manfaat…

Suka mengkonsumsi kacang hijau?…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal

Selain harus menjaga kesehatan jantung…

Kesehatan
Kebaikan yang Bisa Didapat Jika Tidur 8 Jam Sehari

Memiliki kualitas tidur yang baik…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top