Awas! Makanan Ini Ternyata Bisa menyebabkan Perut Kembung !

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab perut kembung bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah karena faktor makanan. Jika anda kini tengah mengalami perut kembung, sebaiknya anda tidak mengonsumsi makanan ini  untuk mencegah terjadinya gejala yang semakin memburuk dan ketidak nyamanan yang anda rasakan.


Masalah perut kembung sering kali dianggap enteng, meski sebenarnya kondisi ini juga tak boleh terlalu di sepelekan. Sejatinya, keluhan perut kembung sendiri timbul pada saat pencernaan dipenuhi oleh udara maupun gas. Adapun gejala perut kembung ini umumnya di tandai dengan perut yang terasa penuh, kencang dan terkadang perut bisa terlihat membesar.

Selain dari pada itu, perut yang kembung juga tak jarangakan terasa sakit sehingga dapat mengganggu aktivitas. Dan pada umumnya, masih banyak orang tak sadar bahkan tak mengetahui bahwasannya beberapa jenis makanan yang dikonsumsinya juga bisa menyebabkan perut kembung. Jika anda merupakan salah satu orang yang belum mengetahui, simak selengkanya disini ya!

Berbagai jenis makanan penyebab perut kembung

Selain kol sayuran penyebab perut kembung, berikut adalah beberapa jenis makanan lainnya yang juga dapat memicu perut kembung.

Apel

Siapa sangka, buah yang kaya akan vitamin C, serat dan juga antioksidan ini bisa menyebabkan perut kembung ataupun masalah pencernaan lain setelah mengonsumsi buah apel ini. Hal ini ternyata lantaran apel mengandung tinggi serat dan fruktosa (kandungan gula dalam buah) didalamnya.

Apabila apel ini merupakan buah kesukaan anda, namun kerap menimbulkan masalah pencernaan, ada baiknya untuk mengonsumsi apel setelah makanatau dalam keadaan sudah diolah atau dimasakan untuk mengurangi resiko terjadinya perut kembung.

Makanan kaya akan natrium

Berbagai jenis makanan yang tinggi akan kandungan natrium, misalnya mie instandan makanan ringan dalam kemasan. Mulai saat ini, sebaiknya anda lebih cermat dalam membeli makanan olahan dalam kemasan maupun kalengan. Cek juga nilai nutrisinya melalui label produk untuk mengetahui kadar natrium yang terdapat didalamnya.

Bawang

Biasanya, bawang dipakai sebagai bumbu masakan sehingga dapat memperkuat cita rasa makanan. Meski begitu, ternyata bawah adalah salah satu bahan makanan yang tinggi akan fruktan, yakni serat larut yang dapat menyebabkan perut kembung. Terlebih pada orang-orang yang memiliki pencernaan sensitif terhadap bawang, atau di konsumsi secara mentah.

Produk susu

Produk yang berbahan dasar susu, seperti halnya susu segar, keju, yogurt, krim keju dan mentega diketahui mengandung protein dan juga kalsium yang cukup tinggi. Meski begitu, bagi orang yang mengalami intoleransi terhadap laktosa, mengonsumsi produk berbahan dasar susu yang mengandung fruktosa juga bisa menimbulkan gangguan pencernaan dan mengakibatkan perut kembung, kram perut dan juga diare.

Makanan berlemak

Makanan yang tinggi akan kandungan lemak juga ternyata bisa memicu terjadinya perut kembung. Hal tersebut dikarenakan makanan berlemak cenderung lebih lama dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan makanan yang mengandung protein juga karbohidrat. Maka dari itu, agar anda bisa mencegah perut kembung, hindari mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan.

Adapun untuk cara mengatasi perut kembung yang sering anda derita, dapat dimulai dengan mengubah gaya hidup. Caranya, buatlah catatan apa saja yang anda amakan setiap hari. Dan saat mengalami perut kembung, buka kebali catatan anda dan lihat makanan apa yang sebelumnya anda konsumsi.

Adapun dengan melakukan pencatatan tersebut, maka anda dapat mengetahui makanan yang menyebabkan perut anda kembung dan anda bisa menghindarinya. Hindari pula makana dengamn cepat juga dengan porsi berlebih. Karena itu hanya akan membuat udara terperangp dalam makanan sehingga menyebabkan perut kembung.

Namun, apabila cara itu belum juga berhasil, anda bisa mengonsumsi obat sebagai pilihan cara mengatasi perut kembung. Salah satu diantaranya adalah obat yang mengandung enzim pencernaan. Adapun kandungan enzim pencernaan dalam obat ini mampu membantu mencerna makanan yang dikonsumsi. Namun dalam memilih obat ini sendiri tidak boleh sembarangan, sehingga sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Pilihan obat alami juga bisa menjadi alternatif untuk mengatasi perut sedang kembung, seperti obat yang mengandung enzim dari bahan alami. Misal enzim bromelain yang terdapat dalam buah nanas. Sehingga tak heran jika nanas sering kadi dijadikan untuk mengobati perut kembung. Selain nanas, bahan alami lainnya yang juga di percaya mampu mengatasi dan mencegah perut kembung diantaranya seperti jahe, kunyit, peppermint dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah itualah penjelasan seputar makanan yang dapat menyebabkan perut kembung. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda didunia kesehatan. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Sabtu, 21 April 2018 11:31:53

Related Post :
Penyakit
Penanganan Parotitis Atau Penyakit…

Berikut adalah berbagai cara…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Kesehatan
Anda Termasuk Penggemar Seblak…

Meskipun seblak memiliki rasa…

Ibu Dan Anak
Cara Penanganan Asma Yang…

Berbagai cara penanganan asma…

Obat Kimia
Teofilin Obat Untuk Meredakan…

Teofilin Obat Untuk Meredakan…

Tips
Tips Meredakan Sakit Maag…

Ramuan bras kencur merupakan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Bahaya Sering Minum Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

Bahaya sering minum minuman bersoda…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita Kanker Kelenjar Getah Bening

Berikut adalah pantangan makanan bagi…

Kesehatan
Pilihan Makanan Sehat Untuk Menyembuhkan Infeksi Rahim

Pilihan makanan sehat untuk menyembuhkan…

Kirim Pertanyaan
Top