Tips dan Aturan Mengonsumsi Minuman Beralkohol yang Aman

Share dan Tag Temanmu di :

Mungkin sebagian dari kita mengetahui bahwa mengonsumsi minuman beralkohol dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Namun, bagi orang dewasa yang ingin menjaga pola hidup sehat, mengonsumsi minuman beralkohol seperti bir, wine, wiski, dan vodka ternyata tidak dilarang.

Walaupun begitu, bukan berarti hal ini lantas membuat Anda minum-minum sepuasnya dan sebaiknya jangan mengonsumsi alkohol secara sembarangan. Anda harus mengetahui bagaimana cara mengonsumsi minuman beralkohol agar bisa merasakan manfaatnya serta mencegah hangover setelah minum alkohol akibat mengonsumsinya terlalu banyak. 


Untuk orang dewasa yang sehat dan suka minum bir atau sejenisnya, berikut ini merupakan tips dan aturan mengonsumsi minuman beralkohol yang aman yang patut diketahui, yaitutut diketahui, yaitu :

  • Ketahui batas toleransi tubuh

Sebelum segala hal lainnya, yang pertama perlu dilakukan yaitu kenali diri Anda dan ketahui batas toleransi tubuh terhadap alkohol. Setiap orang memiliki kondisi tubuh yang unik dan berbeda, sehingga kemampuan tubuh setiap orang untuk menoleransi alkohol juga berbeda-beda. Perhatikan sinyal-sinyal tubuh dan lakukan hal-hal yang baik bagi tubuh, bukan yang merusak. 

  • Minum pelan-pelan

Agar aman saat minum alkohol, sebaiknya pegal-pelan saja. Minum alkohol cepat-cepat atau langsung menenggaknya sampai habis akan membuat organ hati kesulitan untuk membersihkan alkohol dari dalam tubuh

Akibatnya, kadar lakohol yang tinggal dalam tubuh dan masuk ke aliran darah menjadi lebih banyak. Padahal, Anda minum dengan takaran yang sama dengan teman Anda yang meminumnya secara pelan-pelan.

  • Minum secukupnya

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Menurut sejumlah penelitian serta badan kesehatan di seluruh dunia, pria dan wanita dewasa sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 14 unit alkohol dalam seminggu.

Namun, 14 unit tersebut tidak boleh diminum sekaligus dalam satu hari. Berilah jeda 2 sampai 3 hari di mana Anda tidak mengonsumsi alkohol sama sekali. 

Setiap produk memiliki kadar alkohol yang berbeda-beda. Selalu perhatikan dan hitung kadar alkohol yang akan Anda konsumsi. Sehingga Anda mengonsumsinya masih dalam batas aman dan tidak berlebihan. 

  • Hindari minuman yang ditawarkan orang lain

Jika Anda minum di bar atau tempat umum, jangan menerima minuman yang ditawarkan orang lain, terlebih lagi dari orang yang tidak Anda kenal dan minumannya ditawarkan secara cuma-cuma. Anda tidak tahu apa saja kandungan yang ada didalam minuman tersebut. Selain itu, Anda juga tidak bisa mengukur berapa banyak kandungan alkohol yang ada didalamnya. 

  • Makan dulu sebelum minum

Minum alkohol dalam kondisi perut koosong akan membuat Anda lebih cepat mabuk. Selain itu, organ hati juga harus bekerja jauh lebih keras untuk memproses alkohol dalam tubuh. Maka dari itu, sebaiknya makan dulu sebelum Anda mengonsumsi minuman alkohol jenis apapun. 

Dengan begitu, maka alkohol tidak akan diserap terlalu cepat ke dalam darah, otak, dan organ lainnya seperti hati. Hal ini disebabkan karena makanan akan memperlambat proses penyerapan alkohol dalam tubuh. 

  • Jangan menyetir atau menoperasikan mesin setelah minum

Minuman beralkohol bis aberdampak memperlambat reaksi dan refleks Anda. Selain itu, alkohol juga akan memengaruhi koordinasi dan konsentrasi. Maka dari itu, jangan mengemudikan mobil, sepeda motor, atua mengoperasikan mesin dan alat berat setelah mengonsumsi alkohol. 

Jika Anda memang sudah berencana untuk minum-minum, maka sebaiknya jangan bawa kendaraan sendiri. Lebih baik nanti Anda pulang dengan transportasi umum. Jika Anda minumn bersama teman-teman, dari awal tunjuk satu orang yang bertugas untuk mengemudikan kendaraan ketika pulang. Siapapun yang ditunjuk tentu tidak boleh minum berlebihan, apalagi sampai mabuk.

Perlu diingat, bagi ibu hamil dan pasangan yang sedang menjalankan program kehamilan tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman beralkohol. Orang dibawah usia 21 tahun atau yang memiliki kondisi kesehatan khusus juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi alkohol. 

By Sri Maryati - Tips Sabtu, 21 April 2018 11:44:10

Related Post :
Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Beragam manfaat buah blackberry…

Obat Kimia
Pilihan Obat Salep Scabies…

Berikut adalah daftar nama…

Kesehatan
Hal Yang Harus Dihindari…

Hal yang harus dihindari…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Inilah berbagai khasiat dan…

Penyakit
Berbagai Penyebab Nyeri Dada…

Selain karena penyakit jantung,…

Penyakit
Jangan Sampai Terlambat! Ketahui…

Jangan sampai terlambat! Ketahui…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Meredakan Payudara Saat Nyeri Menyusui

Payudara nyeri merupakan salah satu…

Tips
Cara Mengobati Bronkitis Dengan Bawang Putih

Cara mengobati bronkitis dengan bawang…

Tips
Kirim Pertanyaan
Top