10 Jenis Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Share dan Tag Temanmu di :

Ginjal merupakan sebuah organ yang penting dalam tubuh. Organ ini memiliki fungsi menyaring berbagai zat yang berbahaya. Eksistensi ginjal penting untuk menunjang proses sekresi dalam tubuh sehingga bisa melakukan berbagai aktivitas fisik dengan aman dan nyaman. Jika ginjal terganggu, kesehatan tubuh secara menyeluruh bisa terpengaruh seperti dehidrasi akut. Ada berbagai makanan yang bagus untuk kesehatan ginjal. Berikut akan kami bahas.


1. Putih telur. Putih telur baik untuk kesehatan ginjal karena mengandung protein sehat yang sangat tinggi di dalamnya. Sementara kadar fosfornya terbilang rendah. Mereka yang mempunyai masalah dengan ginjal disarankan untuk mengurangi asupan fosfor dan memperbanyak konsumsi protein. Diantara banyaknya sumber protein, putih telur yang memenuhi kriteria tersebut. Namun untuk kuning telurnya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita gangguan ginjal.

2. Bawang putih. Bawang putih kaya akan kandungan anti-oksidan serta anti-pembekuan yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Bawang putih mampu mengurangi kadar kolesterol jahat serta inflamasi dalam tubuh.

3. Kembang kol. Kaya akan indoles, glucosinolates, serta tiosianat, kembang kol berkhasiat untuk menetralisir berbagai jenis racun dalam tubuh. Zat-zat tersebut meringankan beban kerja ginjal sehingga terhindar dari kerusakan dini.

4. Berries. Anda bisa rutin mengonsumsi raspberry, strawberry, serta cranberry untuk membuat ginjal lebih sehat. Buah berries bisa menjadi obat anti inflamasi yang meningkatkan fungsi kandung kemih dan mengurangi peradangan.

5. Air kelapa. Cairan isotonik alami ini mengandung anti virus, anti bakteri, serta anti jamur yang sama dengan air susu ibu. Orang yang memiliki gangguan dengan ginjal sebaiknya rutin mengonsumsi air kelapa yang bisa melunakkan kerak maupun lendir yang terbentuk di dalam ginjal.

6. Ketumbar. Bumbu makanan ini sangat baik untuk menghilangkan racun dalam ginjal. Ketumbar memiliki manfaat untuk mengobati batu ginjal, serta digunakan dalam sejumlah obat-obatan untuk mengatasi masalah pada ginjal.

7. Jahe. Jahe mentah maupun jahe rebus bagus untuk ginjal. Cara kerja jahe adalah dengan membersihkan serta memurnikan darah dan ginjal dari racun-racun. Jahe juga baik untuk penderita diabetes. Mengonsumsi jahe setiap hari bagus untuk kesehatan Anda.

8. Yoghurt. Probacteria yang terkandung dalam yoghurt bisa menjaga kesehatan ginjal. Bakerti yang baik akan membantu ginjal jadi kebal terhadap berbagai macam penyakit.

9. Kunyit. Kaya akan antiseptik, kunyit biasa dipakai dalam berbagai jenis obat. Masukkan kunyit dalam masakan Anda untuk mendapatkan ginjal yang bersih.

10. Biji labu. Makanan ini baik untuk ginjal karena kaya akan vitamin, antioksidan, dan mineral.

By Ana Rediana - Kesehatan Kamis, 25 Agustus 2016 09:35:34

Related Post :
Penyakit
Mengenal Lebih Dekat Tentang…

Jika anda ingin mengenal…

Alami
Cara Mengobati Batu Empedu…

Cara mengobati batu empedu…

Ibu Dan Anak
Ketahui Penyebab Anak Tetap…

Berikut ini berbagai penyebab…

Manfaat
Kenali Manfaat Kacang Hazelnut…

Tidak hanya mengetahuinya aja,…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Mengkonsumsi…

Ketahui manfaat jamur kuping…

Kesehatan
Waspadai Maraknya Gorengan Plastik!…

Meskipun gorengan termasuk salah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Timbul Lebam Meski Tak Terbentur? Mungkin Ini Penyebabnya

Anda sering menemukan lebam atau…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Batuk Berdahak Berkepanjangan

Informasi tentang batuk berdahak, penyebab,…

Kirim Pertanyaan
Top