Selalu Merasa Lapar Jika Belum Makan Nasi? Ini Alasannya

Share dan Tag Temanmu di :

Nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Nasi kondumsi oleh sebagian besar penduduk Asia sebagai sumber karbohidrat utama dalam menu sehari-hari. Nasi sebagai makanan pokok biasanya dihidangkan bersama dengan lauk sebagai pelengkap rasa dan juga melengkapi kebutuhan gizi. 

Selain itu, nasi juga bisa diolah bersama dengan bahan makanan lain menjadi sebuah masakan baru, seperti nasi goreng, nasi kuning, atau nasi kebuli. Nasi bisa dikatakan sebagai makanan pokok bagi masyarakat di Asia, khususnya Asia Tenggara. 


Indonesia sendiri tercatat sebagai konsumen beras tertinggi di dunia. Dimana pertahunnya jumlah beras yang dikonsumsi bisa mencapai sekitar 114 kilogram. Ini artinya, mayoritas masyarakat Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Maka tak heran jika banyak orang Indonesia yang memiliki pola pikir 'belum kenyang jika belum makan nasi'. 

Kutipan tersebut makin nyaring dan dibuktikan oleh orang-orang Indonesia yang hampir selalu menyatakan diri belum makan karena memang belum mengonsumsi nasi pada waktu-waktu tertentu. 

Anda mungkin pernah mengonsumsi banyak makanan atau kudapan, tetapi Anda masih merasa lapar karena belum mengonsumsi nasi. Setelah makan nasi, lantas rasa lapar tersebut hilang. Lalu, mengapa kita selalu merasa lapar jika belum makan nasi ? Ini Alasannya!

Nasi putih merupakan salah satu makanan yang tinggi akan kandungan indeks glikemik. Kandungan ini sendiri sebenarnya merupakan nilai yang menggambarkan seberapa cepat karbohidrat yang terdapat dalam makanan diubah menjadi gula oleh tubuh manusia. 

Para ahli menyebutkan bahwa glikemik yang cukup tinggi pada nasi putih mampu memicu respon ketagihan di otak. Maka tak heran jika seseorang sudah terbiasa makan nasi, ia akan merasa ketagihan pada nasi dan merasa terus ingin mengonsumsinya

Mereka percaya jika nasi putih mendorong otak untuk menstimulus tubuh agar terus merasa lapar meskipun Anda telah kenyang setelah mengonsumsi banyak makanan ringan dan kudapan. Dampak dari rasa ketagihan terhadap nasi ini juga bisa menyebabkan Anda mengonsumsinya secara berlebihan.

Perlu diingat, mengonsumsi nasi secara berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan, seperti salah satunya memicu risiko timbulnya penyakit diabetes dan obesitas. 

Maka dari itu, konsumsilah nasi sewajarnya saja dan jangan terlalu berlebihan. Hal ini dapat membantu mencegah timbulnya berbagai penyakit berbahaya. Selain itu, imbangilah konsumsi nasi dengan lauk pauk dan sayuran sehat agar nutrisi dan vitamin yang masuk ke dalam tubuh seimbang. 

Nasi memang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang utama, namun nasi bukan satu-satunya sumber karbohidrat. Ada banyak sumber karbohidrat lain yang bisa memenuhi asupan karbohidrat harian Anda. Misalnya kentang, oat, gandum, pasta, ubi, jagung, dan sebagainya. Selain itu, gula, tepung, buah, dan sayuran juga bisa menjadi tambahan asupan karbohidrat. 

Meskipun cukup sulit bagi masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi karbohidrat selain nasi, penting bagi Anda untuk memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari demi menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 24 April 2018 09:17:06

Related Post :
Kesehatan
Mengenal Lebih Dekat Kolostomi…

Mengenal lebih dekat kolostomi…

Ibu Dan Anak
Selain Susah Makan Ini…

Selain susah makan, ketahui…

Obat Kimia
Obat Untuk Mengatasi Infeksi…

Obat Untuk Mengatasi Infeksi…

Kesehatan
Dampak Buruk Jika Terlalu…

Dampak buruk jika terlalu…

Obat Kimia
Obat Cetrizine Untuk Mengatasi…

Obat cetrizine untuk mengatasi…

Alami
Mengalami Alergi Dingin? Obati…

Mengalami Alergi Dingin? Obati…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Selain Melangsingkan Makanan Ini Juga Menyehatkan Mata

Tidak hanya menyehatkan dan membantu…

Kesehatan
Mengenal Gejala Dan Penyebab Komedo Di Wajah

Gejala dan penyebab komedo di…

Kesehatan
Penyebab Benjolan Di Belakang Kepala Yang Harus Diwaspadai!

Sebenarnya, apa penyebab benjolan di…

Kirim Pertanyaan
Top