Sering Bersendawa Terus-Terusan? Hati-Hati Ini Penyebabnya!

Share dan Tag Temanmu di :

Sering bersendawa ternyata bisa di sebabkan oleh beberapa kondisi yang menandakan bahwasannya ada yang salah dengan pola hidup anda, maupun tubuh sedang tidak sehat. Maka dari itu, bagi anda yang memiliki keluhan yang sama, anda bisa harus segera mengetahui penyebabnya, seperti yang akan kami informasikan pada penjelasan berikut.


Sendawa merupakan salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan gas secara alami. Kondisi ini pada umumnya adalah hal yang baik lantaran jika tidak keluarkan, maka gas dalam perut bisa menyebabkan perut kembung yang kadang disertai dengan sakit perut.

Reaksi yang wajar dan normal ini biasa dialami oleh siapapun termasuk bayi dan ibu hamil. Pada bayi, hal ini sangatlah baik karena dengan begitu kelebihan angin didalam perutnya dapat terbuang. Bayi bersendawa lantaran pada saat ia menyusu atau mengonsumsi susu formula, udara juga ikut tertelan.

Aerophagia adalah kondisi menelan udara baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Udara yang masuk ke tubuh mengandung gas nitrogen dan juga oksigen. Gas tersebut kemudian akan didorong menuju ke kerongkongan dan keluar dari mulut dalam bentuk sendawa.

Adapun gas yang terdapat dalam tubuh manusia sendiri terbentuk dari pencernaan makanan atau ketiaka ada udara yang tertelan melalui mulut. Sehingga mengunyah permen karet, menghisap permen, merokok dan makan atau minum terlalu cepat, bahkan sambil mengobrol, bisa menyebabkan bersendawa lantaran lambung ikut terisi oleh udara yang masuk ke mulut.

Namun, apa penyebab sering bersendawa terus-terusan?

Selain aktivitas diatas, masih ada beberapa kondisi tertentu yang menyebabkan seseorang cenderung lebih sering bersendawa. Sehingga situasi-situasi tersebut bisa anda kenali agar dapat diantisipasi. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Faktor makanan

Beberapa kelompok makanan dan minuman diketahui dapart menimbulkan sendawa terus-terusan. Seperti halnya kacang-kacangan, pisang, kol, biji-bijan utuh, kismis dan juga minuman berkarbonasi. Minuman kerasa, makan yang kaya akan gula, tepung dan juga serat tak jarang menyebabkan sering bersendawa.

2. Efek samping obat

Beberapa jenis obat juga bisa menyebakan sendawa dan gangguan yang menyebabkan sendawa. Bbereapa jenis obat tersebut antara lain adalah aspirin, ibuprofen, pereda nyeri (naproxen), obat pencahar seperti sorbitol dan laktulosa hingga acarbose untuk menangani diabetes tiope

3. Cemas

Mereka yang sedang cemas tak jarang menelan banyak udara sehingga menyebabkan mereka bersendawa terus menerus.

4. Faktor kegemukan atau obesitas

Memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas juga mengenakan pakaian yang ketat juga tak jarang menyebabkan resiko sering bersendawa.

5. Masalah kesehatan

Sebagian pengidap penyakit tertentu juga tak jarang merasa lebih banyak bersendawa akibat perut yang tidak nyaman. Berbagai gangguan kesehatan tersebut diantaranya seperti:

  • Penyakit reflux asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Kondisi ini bisa disebabkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan.
  • Tukak lambung. Yakni adanya luka pada perut, kerongkokan dan usus halus bagian atas.
  • Intoleransi laktoda. Merupakan ketidak mampuan perut mencerna laktosa dalam susu.
  • Gangguan penyerapan sorbitol atau karbohidrat fruktosa.
  • Penyakit celiac atau intoleransi gluten yang banyak terdapat terdapat dalam makanan bertepung seperti roti.
  • Sindrom dumping atau gangguan yang menyebabkan perut kosong terlebih dahulu sebelum isinya tercerna dengan baik.
  • Gangguan pada pankreas (pancreatic insufficiency), adalah ketidakmampuan pankreas untuk menjalankan perannya  selepas enzim untuk proses pencernaan.
  • Gastritis atau peradangan pada dinding perut.
  • Infeksi helicobacter pylori pada lambung.

Penyebab sering bersendawa pada dasarnya tidak berbahaya dan tidak memerlukan penanganan khusus. adapun cara mengatasi sendawa terus menerus bisa dilakukan dengan menghindari makan dan minum secara terburu-buru, tida merokok, batasi mengonsumsi permen dan permen karet, hindari mengonsumsi bir dan minuman beralkohol, mengonsumsi suplemen atau minuman probiotik yang baik untuk pencernaan, dan masih banyak lagi.

Selain dari pada itu, untuk meredakan sendawa tteru menerus juga anda bisa berbaring sambil menyamping. Posisi mendekatkan lutut ke dada juga bisa membantu. Meski kondisi ini tidak bersifat cukup serius, namun ada baiknya segera periksakan ke dokter apabila mengalami sendawa terus menerus disertai perut kembung. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Selasa, 24 April 2018 09:20:54

Related Post :
Alami
Obat Nyeri Dada Alami…

Obat nyeri dada alami…

Kewanitaan
Penyebab Keputihan Gatal Dan…

Informasi tentang keputihan gatal,…

Kesehatan
Jenis Makanan Yang Baik…

Ada beberapa jenis makanan…

Ibu Dan Anak
Tips Agar Anak Terbiasa…

Salah satu cara agar…

Kesehatan
Terapi Pengobatan Untuk Penderita…

Insomnia merupakan sebuah kelainan…

Manfaat
Mengenal Sayuran Bok Choy…

Informasi lengkap tentang sayuran…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Bahaya Menggunakan Botol Plastik Minuman Berulang

Mencuci dan menggunakan kembali botol…

Kesehatan
Cara Membedakan Madu Asli dengan Madu Palsu

Cara membedakan madu asli dengan…

Kesehatan
Mengenal Jenis-jenis Pendarahan Otak Lengkap Gejalanya

Pendarahan otak adalah salah satu…

Kirim Pertanyaan
Top