Tahukah Anda Tentang Vitamin H? Yuk Ketahui Fungsinya Disini!

Share dan Tag Temanmu di :

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, B, C, D, E, dan K. Namun, apakah Anda pernah mendengar mengenai vitamin H ? apakah vitamin H benar-benar ada ? Apa manfaatnya ?

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai vitamin H, yuk lihat informasi lengkapnya disini !!

Mengenal Vitamin H Berserta Fungsinya


Sebenarnya vitamin H adalah vitamin B7 atau yang sering disebut biotin. Pakar kesehatan mikronutrien dari Jerman, Uwe Grober, menyebutkan bahwa biotin atau vitamin H ini merupakan bagian dari vitamin B yang memiliki koenzim tertentu. 

Vitamin H pertama kali ditemukan oleh Vincent du Vigneaud pada tahun 1942. Selain disebut sebagai vitamin H, senyawa kimia ini juga dikenal dengan nama biotin, vitamin B7, dan koenzim R, Nama vitamin H muncul dari bahasa Jerman, 'Haar and Haut' yang berarti rambut dan kulit. Hal ini untuk menunjukkan manfaat terbesar dari mengonsumsi vitamin H. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata vitamin H memiliki struktur kimia yang menyerupai senyawa vitamin B lainnya. Sehingga biotin diklasifikasikan sebagai vitamin B7.

Vitamin H larut dalam air. Sehingga tubuh tidak dapat menyimpan vitamin ini dalam jumlah banyak. Selain dari luar tubuh, pemenuhan vitamin H juga bisa terjadi saat bakteri pada usus melakukan pembuatan vitamin H ini.

Vitamin H seringkali dihubungkan dengan kesehatan kulit, kuku, dan rambut. Hal ini bisa jadi berkaitan dengan fungsi dasar dari vitamin H adalah mengatur enzim utama dalam proses metabolisme dasar tubuh. Selain itu, vitamin H juga mengatur sintesis asam lemak serta pengaturan glukosa dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh perry et al, 2012, juga membuktikan bahwa biotin penting untuk pertumbuhan janin dalma kandungan. 

Keperluan harian vitamin H tubuh sangat kecil. Kebutuhan harian vitamin H pada orang dewasa adalah sebanyak 30 mcg per hari. Umumnya, vitamin H bisa dipenuhi dengan pemilihan bahan makanan yang bervariasi melalui penerapan pola makan sehat

Beberapa pilihan bahan makanan yang mengandung vitamin H diantaranya adalah bunga kol, ikan salmon, wortel, pisang, tepung kedelai, sereal, dan ragi. 

Pada beberapa kondisi, asupan vitamin H tidak tercukupi membuat diperlukannya suplemen vitamin H. Kondisi yang memerlukan kondumsi suplemen vitamin H adalah kelainan genetik, gangguan kulit pada bayi dan operasi di bagian pencernaan.

Bagaimana jika tubuh kekurangan vitamin H ?

Kekurangan vitamin H bisa menyebabkan rambut dan kuku mudah rontok dan rapuh, sedangkan kulit akan kering, bersisik, hingga timbul bintik merah serta peningkatan kolesterol dan gangguan jantung. 

Selain itu, kekurangan vitamin H juga bisa menyebabkan dermatitis. Menurut penelitian yang dilakukan Prof. Toshiaki Watanabe dari Himeji Institute of Technology, hal ini terjadi karena proses pembuatan kolagen yaitu zat yang membuat kulit elastis, mengalami gangguan. Dermatitis ditandai dengan kulit yang kering, bersisik, dan baerwarna keabu-abuan. Bahkan, bisa sampai nyeri otot dan mual-mual. 

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 26 April 2018 11:19:10

Related Post :
Alami
Obat Sirosis Hati Terbaik…

Daftar obat sirosis hati…

Penyakit
Mengenali Penyakit Cacar Monyet…

Meskipun jarang terjadi, namun…

Penyakit
Gejala Penyakit Demam Berdarah…

Penyakit demam berdarah merupakan…

Kesehatan
Mengenal Microcephaly Serta Gejala…

Tahukah anda apa itu…

Kewanitaan
Tips Perawatan Yang Tepat…

Anda tidak ingin mengalami…

Kesehatan
Penyebab dan Cara Mengatasi…

Hidung mampet sering kali…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Pilihan Makanan untuk Bantu Tingkatkan Konsentrasi

Kopi tidak sepenuhnya membuat itak…

Kesehatan
Sayur-Sayuran Yang Bagus Untuk Diet

Menurunkan berat badan bisa dilakukan…

Kesehatan
Waspada! Ternyata Ada Bahaya Ngorok Saat Tidur Bagi Kesehatan

Waspada! ternyata ada bahaya ngorok…

Kirim Pertanyaan
Top