Panduan Diet Paleo Yang Tepat Untuk Mencapai Berat Badan Ideal

Share dan Tag Temanmu di :

Diet paleo mungkin masih jarang terdengar. Namun, apabila kini anda tengah mencari referensi diet sehat untuk menurunkan berat badan juga meningkatkan kesehatan tubuh, paleo diet ini bisa menjadi salah satu pilihannya. Namun sebenarnya, apa itu diet paleo?


Diet paleo atau yang juga terkenal dengan diet manusia purba (caveman diet) ini merupakan salah satu jenis diet yang mengadaptasi kebiasaan nenek moyang zaman dahulu. Seperti namanya paleo, diet ini mengikuti kebiasaan diet orang-orang pada masa paleolitik (sekitar 2,5 juta sampai 10.000 tahun lalu).

Adapun tujuan dari diet ini sendiri adalah mengembalikan kebiasaan makan manusia seperti zaman dahulu. Banyak yang meyakini bahwa tubuh manusia lebih cocok dimasuki dengan diet seperti orang-orang zaman dahulu (yang mengonsumsi makanan dari hasil berburu) dibandingkan dengan diet moderen.

Seperti halnya yang dilansir dari WebMD, menurut Loren Cordain, PhD yang menulis The Paleo Diet, bahwasannya dengan mengonsumsi makanan seperti nenek moyang di zaman pra sejarah, maka anda akan lebih bersiko untuk menderita diabetes, penyakit jantung, kanker, dan masalah kesehatan lainnya.

Dan masih menurutnya, dengan menerapkan diet paleo juga dapat mengurangi beban glikemik tubuh, memiliki rasio asam lemak jenuh terhadap asam lemak tak jenuh yang lebih sehat, meningkatkan konsumsi vitamin, memiliki keseimbangan protein, lemak, dan juga karbohidrat. Sehingga dengan begitu, tak menutup kemungkinan bahwa diet ini bisa memangkas kalori, lantaran diet ini begitu kaya akan protein dan serat.

Panduan lengkap menjalani diet paleo yang tepat

Jika anda kini ingin menjalani diet paleo, anda harus mengenal berbagai aturan yang terdapat didalamnya. Seperti makanan yang boleh di konsumsi, makanan yang tidak boleh dikonsumsi, pola makan juga pola hidup yang di jalani.

1. Mengetahui makanan yang boleh di konsumsi dalam diet paleo

Adapun kelompok makanan yang dinjurkan menurut diet ini diantaranya makanan yang didapatkan manusia purba dengan cara berburu, memamncaing atau yang ditemukan dialam. Seperti:

  • Sayur-sayuran
  • Buah-buahan
  • Telur
  • Kacang-kacangan dan biji-bijianyang bebas dari pestisida dan fungisida
  • Daging rendah lemak
  • Ikan yang kaya asam lemak omega 3 seperti , salmon, makrel dan tuna.
  • Minyak yang berasal dari biji-bijan dan kacang-kacangan seeprti minyak zaitun dan minyak walnut.

2. Makanan yang tidak boleh dikonsumsi selama diet paleo

Didalam diet paleo juga anda dianjurkan beberapa jenis makanan seperti:

  • Aneka produk susu
  • Kacang lentil, kacang polong dan kacang tanah
  • Kentang
  • Gula
  • Semua makanan dalam kemasan pada umumnya

Mereka juga yang melakukan diet paleo tidak dianjurkan untuk untuk tidak mengonsumsi minuman selain air putih, air kelapa, atau teh hijau organik.  Jika ingin menambahkan rasa manis pada makanan bisa menggunakan madu asli atau gula kelapa. Meski di perbolehkan, mengonsumsi madu dan juga gula kelapa pun sebaiknya juga dibatasi.

3. menu dari diet paleo

Mengubah kebiasaan makan mungkin merupakan suatu hal yang tersu;it. Namun, apabila anda ingin mencoba paleo diet, maka anda bisa memulainya dengan contoh menu seperti berikut:

  • Sarapan

Anda mulai bisa sarapan dengan masakan yang mudah dibuat, seperti omelet. Tumis bawang bombay, parika, jamur dan brokoli dengan menggunakan minyak zaitun. Kemudian, tambahkan telur yang di perkaya dengan omega 3 dan juga potongan dada ayam.

  • Untuk makan siang

Saat pertama kali, anda bisa mencoba untuk membuat salad dengan komposisi dengan berbagai macam bahan makanan yang anda sukai. Anda bisa membuatnya dengan campuran:

- Sayuran dan buah. Seperti nayam, lobak hijau, aprika, mentimun, wortel, alpukat, kacang almond, apel dan juga pir.
- Makanan sumber protein. Seperti halnya daging tanpa lemak, ayam, makanan laut, seperti salmon, tuna dan udang.
- Minyak zaitun dan perasan air lemon.

  • Untuk makan malam

Anda bisa membuat makanan dari salmon atau fillet ikan yang dipanggang bersama dengan asparagus, brokoli dan juga bayam. Tambahkan pula bawang putih juga minyak zaitun agar rasanya semakin lezat. Ingat, anda tidak boleh menambahkan garam. Anda juga bisa mengonsumsi berbagai macam buah-buahan sebagai makanan penutup dari makan malam anda.

4. Jangan lupa berolahraga

Untuk mendapatkan manffaat yang lebih maksimal selama menjalani diet paleo, tentu saja anda disarankan untuk tetap melakukan olahraga. Olahraga sendiri bisa membantu anda untuk menurunkan berat badan lebih cepat, mempertahankan berat badan juga menjaga kesehatan anda secara keseluruhan.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar panduan menjalani diet paleo untuk mencapai berat badan ideal. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan bagi anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - diet Kamis, 26 April 2018 16:06:35

Related Post :
Alami
Cara Mengobati Batu Empedu…

Cara mengobati batu empedu…

Penyakit
Cara Mudah Untuk Membedakan…

Bagi anda yang sering…

Kesehatan
Awas! Meskipun Alami Jangan…

Bahan alami memang memiliki…

Penyakit
Penyebab Penyakit Alzheimer Dan…

Penyebab penyakit alzheimer sampai…

Penyakit
Cara Mencegah Anyang-Anyangan Pada…

Berikut adalah cara mencegah…

Penyakit
Kencing Bau Menyengat? Bisa…

Kencing Bau Menyengat? Bisa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan

Diskusi terkait tidak ditemukan

diet
Aneka Jus Untuk Diet Lengkap Dengan Resepnya

Aneka resep juga untuk diet…

diet
Resep Salad Sayuran Untuk Diet Sehat Yang Harus Dicoba

Ingin menjalankan program diet sehat…

Kirim Pertanyaan
Top