Ini Ciri-Ciri Kanker Kulit Yang Mudah Dikenali Berdasarkan Jenisnya

Share dan Tag Temanmu di :

Ciri-ciri kanker kulit pada dasarnya diketahui lebih mudah dikenali jika di bandingkan dengan gejala kanker lambung maupun jenis kanker lainnya. Namun, meski begitu keganasan kanker kulit tak kalah mematikan. Sehingga untuk lebih mewaspadainya, kita perlu mengenal dan memahami apa saja tanda-tanda dari jenis penyakit berbahaya yang satu ini.


Kasus kanker kulit kemungkinan besar akan terus meningkat di setiap tahunnya, seiring dengan terjadinya penipisan lapisan ozon dilangit yang terus terjadi. Sehingga kita semua tak terkecuali warna kulit apapun, memiliki resiko yang sama terhadap penyakit yang satu ini.

Kanker kulit sendiri merupakan salah satu jenis kanker yang tak bisa dianggap enteng. Namun, lantaran kulit merupakan organ yang paling dekat dengan organ vital utama manusia, sehingga pada umumnya penyebaran sel kanker tidak akan secepat pada jenis kanker lainnya. Selain itu, ciri-ciri kanker ini juga mudah dikenali sehingga bantuan medis bisa lebih cepat diterima.

Pada awalnya, kanker kulit akan menimbulkan gejala seperti benjolan, bintil atau bercak yang tidak beraturan pada permukaan kulit. Dan seiring kanker tumbuh, ukuran dan bentuknya juga dapat berubah, yang mana menandakan bahwa kanker telah menyebar ke bagian lapisan bawah kulit.

Bahkan jika tidak segera ditangani, maka kanker kulit ini bisa saja tumbuh ke dalam Kulit. Dan apabila telah memasuki stadium lanjut, maka kanker bisa menyebar ke dekat jaringan otot, tulang rawan bahkan tulang. Jika telah begitu, maka kanker bisa saja menyebar ke dalam darah atau kelenjar getah bening lalu menjangkau area-area vital lainnya. Misal paru-paru yang dapat berakibat sangat fatal.

Tanda awal dan ciri-ciri kanker kulit berdasarkan jenisnya

Pada dasarnya, sebagian besar kanker kulit terjadi diarea kulit yang gampang dilihat. Maka, karena itulah anda bisa dengan mudah melihat tanda-tanda kanker kulit. Pada umunya, kanker berkembang di area kulit yang terekspos sinar matahari. Seperti kepala, wajah, bibir, telinga, leher, dada, tangan maupun kaki.

Meski begitu, tak menutup kemungkinan bahwasannya kanker bisa terjadi diarea kulit yang tertutup. Misalnya seperti telapak tangan, di bawah kuku tangan atau kaki, di area kemaluan dan sebagainya. Dan berikut merupakan beberapa tanda kanker kulit berdasarkan jenisnya, yang dapat anda cermati pada saat memeriksa kulit secara menyeluruh.

1. Kanker kulit karsinoma sel skuamosa

Ciri-ciri dari jenis kanker kulit ialah:

  • Bintil yang bentuknya keras berwarna kemerahan
  • Luka yang bentuknya datar dan permukaannya bersisik atau berkerak

2. Kanker kulit melanoma

Untuk jenis kanker yang satu ini, gejala yang mudah dikenali ialah:

  • Bercak besar di kulit berwarna kecoklatan dengan bintik-bintik gelap
  • Tahi lalat yang berubah warna, ukuran atau permukaannya atau yang mengeluarkan darah
  • Luka kecil yang dipinggirnya tidak beraturan dan ada bagian-bagiannya yang tampak merah, putih, biru atau biru kehitaman.
  • Luka berwarna gelap di telapak tangan, telapak kaki, jari tagan atau kaki, atau pada selaput mukus yang melapisi mulut, hidung, vagina atau anus.

3. Kanker kulit karsinoma sel basa

Untuk jenis kanker yang satu ini, gejala yang umumnya muncul ialah:

  • Adanya benjolan yang bentuknya bening (transparan) tau yang permukaannya mengkilap
  • Luka yang bentuknya datar dan berwarna seperti daging kecoklatan.

4. Kanker kulit kaposi sarkoma

Pada jenis kanker kulit yang satu ini, gejala-gejalanya biasanya berkembang di pembuluh darah kulit dan juga menimbulkan bercak merah atau ungu pada permukaan kulit.

5. Kanker kulit karsinoma sel merkel

Untuk gejalanya, bisanya sering kali muncul bintil keras dan mengkilap pada atau tempat di bawah kulit serta folikel rambut.

6. Kanker kulit karsinoma kelenjar sebaceous

Untuk gejala awal pada jenis kanker ini biasanya ditandai dengan munculnya bintil keras dan tidak terasa sakit. Dan kondisi ini sering kali terjadi pada kelopak mata.

Untuk bisa melihat kemunculan tanda-tanda kanker kulit tersebut, perlui di lakukan pemeriksaan lebih lanjut secara rutin untuk mengenali jika ada pertumbuhan kulit yang aneh, maupun perubahan bentuk atau warna dari satu bagian kulit. Ini merupakan kunci untuk mendeteksi dan mengatasi kanker kulit sejak dini.

Sehingga apabila mengalami berbagai gejala yang telah disebutkan diatas, ada baiknya segera temui dokter. Terlebih jika terdapat benjolan, luka ataupun perubahan warna tersebut tidak sembuh selama 4 minggu. Meski itu bukan ciri-ciri kanker kulit, namun lebih bijak apabila dipastikan terlebih dahulu dengan pemeriksaan medis.

By Nida Saripah - Penyakit Jum'at, 27 April 2018 08:53:17

Related Post :
Kesehatan
Ini Penyebab Rambut Beruban…

Ini dia penjelasan lengkap…

Penyakit
Waspada! Ini Penyebab Dan…

Waspada! ini penyebab dan…

Manfaat
Memanfaatkan Kebaikan Kacang Edamame…

Kacang edamame atau disebut…

Kesehatan
Makanan Untuk Mengatasi Sembelit…

Makanan untuk mengatasi sembelit…

Kewanitaan
Penyebab Gejala Radang Panggul…

Radang panggul merupakan peradangan…

Kesehatan
Penyebab dan Langkah Pengobatan…

Penyebab dan langkah pengobatan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Pengobatan Hidrosefalus Dan Efek Sampingnya

Pengobatan hidrosefalus pada bayi ataupun…

Penyakit
Ciri-ciri Kanker Payudara Pada Wanita Yang Harus Diwaspadai

Ciri-ciri kanker payudara pada wanita…

Penyakit
Waspadai Ciri-Ciri Gejala Nyeri Dada Akibat Sakit Jantung

Berikut adalah gejala nyeri dada…

Kirim Pertanyaan
Top