Mengenal Diet Nordik ala Eropa yang Buat Anda Banyak Makan Ikan

Share dan Tag Temanmu di :

Berat badan ideal merupakan hal yang diinginkan oleh semua orang, terutama wanita. Untuk mendapatkannya, ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari olahraga rutin, hingga diet. Bahkan, tidak sedikit pula yang rela melakukan hal yang ekstrim untuk bisa mendapatkan berat badan ideal dalam waktu yang singkat. 

Diantara cara tersebut, diet merupakan salah satu cara yang banyak dipilih untuk menurunkan berat badan. Kini makin banyak tren diet baru yang bermunculan untuk membantu Anda memiliki berat badan ideal. Setelah sebelumnya populer diet ular atau snake diet, belakangan ini hadir metode diet terbaru yang ramai dibicarakan, yaitu diet Nordik. 

Apa itu diet Nordik ?


Diet Nordik adalah diet rendah gula dan lemak yang dirancang oleh sekelompok ahli gizi, ilmuwan, dan koki internasional setelah terinspirasi oleh pola makan penduduk Eropa Utara (Norwegia, Denmark, Swedia, Finlandia, dan Islandia) yang banyak mengonsumsi ikan. Diet viking ini fokus pada konsumsi tumbuh-tunbuhan dan makanan laut, yang cukup mengenyangkan, rendah gula dan lemak, serta kaya akan serat.

Selain diharuskan untuk memperbanyak makan ikan dan makanan laut, diet ini juga menyarankan Anda untuk makan lebih banyak buah-buahan beri (buah buni), seperti anggur, blackcurrant, acai berry, kesemek, goji berry, raspberry, stroberi, blackberry, blueberry, cranberry, arbei, tomat, timun, terong, pisang, semangka, hingga labu. 

Pada dasarnya, panduan makan diet Nordik ini mirip dengan diet Mediterania. Keduanya sama-sama mengutamakan menu makanan protein nabati yang kaya akan karbohidrat kompleks, vitamin, mineral, serta antioksidan. Keduanya juga sama-sama membatasi asupan gula dan lemak jenuh atau lemak trans. 

Dalam kedua jenis diet ini asupan lemak yang diutamakan adalah jenis lemak tidak jenuh yang justru baik untuk kesehatan jantung. Bedanya, diet Mediterania mengutamakan minyak zaitun sebagai sumber utama lemak tak jenuh. Sedangkan diet Nordik menggunakan minyak kanola (minyak rapia).

Lalu, bagaimana cara menjalankan diet Nordik ? Apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama menjalaninya ?

  • Yang harus diperbanyak : Buah-buahan berry, sayuran, kacang polong, kentang, biji-bijian, kacang-kacangan, roti gandum, ikan dan makanan laut, susu rendah lemak, rempah-rempah alami, dan minyak kanola. 
  • Yang boleh dikonsumsi secukupnya : Daging giling, telur, keju, dan yoghurt.
  • Yang boleh dimakan sedikit saja : Daging merah, dan makanan mengandung lemak hewani lainnya.
  • Yang tidak boleh dimakan sama sekali : Minuman manis, gula tambahan, daging olahan, makanan dan minuman kemasan, dan makanan cepat saji. 

Menjalani diet Nordik dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif. Namun selain itu, diet Nordik ternyata juga memiliki manfaat lain, yaitu bermanfaat untuk menurunkan risiko berbagai penyakit kronis dan menjaga tekanan darah tetap stabil. 

Sebuah penelitian di Finlandia menemukan manfaat pola makan yang dilakukan oleh orang Nordik. Diet ini diketahui bisa menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung.

By Sri Maryati - diet Sabtu, 28 April 2018 10:37:07

Related Post :
Tips
Susah Tidur? Begini Cara…

Cara mengatasi susah tidur…

Kesehatan
Ketahui Bahaya Sayur Bayam…

Ketahui bahaya sayur bayam…

Obat Kimia
Pilihan Obat Penyubur Kandungan…

Anda sedang mencari obat…

Tips
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi…

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi…

Ibu Dan Anak
Kebiasaan Buruk yang Dapat…

Selain faktor genetik, juga…

Alami
Cara Alami Mengobati Luka…

Cara alami mengobati luka…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan

Diskusi terkait tidak ditemukan

diet
Ingin Punya Tubuh Kurus Tapi Malas Diet? Lakukan Trik Ini!

Menurunkan berat badan memang bukanlah…

diet
Aneka Jus Untuk Diet Lengkap Dengan Resepnya

Aneka resep juga untuk diet…

Kirim Pertanyaan
Top