Rekomendasi Jenis Vaksin yang Penting untuk Lansia

Share dan Tag Temanmu di :

Mungkin banyak yang berpendapat bahwa vaksin atau imunisasi hanya untuk anak-anak. Namun, jangan salah, vaksin juga diperlukan oleh lansia. Hal ini disebabkan karena sistem imun tubuh akan semakin melemah seiring dengan bertambahnya usia. Inilah yang menyebabkan mengapa orang tua lebih rentan sakit dan terinveksi. Maka dari itu, mereka membutuhkan vaksin yang penting untuk melawan penyakit berbahaya.

Mengetahui Jenis Vaksin Penting yang Direkomendasikan untuk Lansia


Vaksin terbuat dari mikroba penyebab penyakit, baik itu virus, jamur, racun, atau bakteri (tergantung dari jenis penyakit yang ingin dicegah) yang telah dilemahkan atau mati sehingga tidak akan menyebabkan penyakit. 

Vaksin bekerja meniru terjadinya infeksi penyakit untuk memicu sistem imun tubuh membangun perlawanan terhadapnya. Hal ini kemudian membuat tubuh selaly bersiap atas serangan penyakit yang sebenarnya karena sudah 'ingat' organisme mana yang berbahaya dan perlu diberantas. 

Lalu, jenis vaksin apa saja yang perlu diberikan kepada lansia ?

Nah, untuk mengetahui informasi tersebut, berikut ini merupakan beberapa rekomendasi jenis vaksin yang penting untuk lansia, yaitu diantaranya :

  • Vaksin flu

Walaupun penyakit ini umum terjadi dan sebagian besar masayarakat sering meremehkannya, namun flu bisa mematikan jika gejalanya terus dibiarkan tanpa pengobatan. Terlebih lagi pada lansia yang memiliki sistem imun yang sudah lebih lemah, sehingga flu akan lebih sulit dan lama sembuhnya. 

Beberapa kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes dan penyakit jantung juga semakin melemahkan daya tahan tubuh sehingga bisa mempuruk kondisi flu bahkan menyebabkan komplikasi, seperti pneumonia. 

Virus influenza ini bisa dicegah dengan vaksin flu, yang bisa didapatkan satu kali setiap tahun. Tubuh lansia butuh waktus ekitar 2minggu untuk merespons vaksin dan membangun kekebalan tubuhnya. 

  • Vaksin pneumococcal

Vaksin ini bertujuan untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Streptocossus pneumoniae atau lebih sering disebut kuman pneumokokus. Vaksin pneumococcal ini berfungsi mencegah pneumonia (infeksi paru-paru), meningitis (infeksi selaput otak dan sumsum tulang belakang), dan sepsis (infeksi darah)

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri pneumokokus ini dapat menyebabkan ketulian, kerusakan otak, kehilangan anggota tubuh, dan bahkan kematian. Biasanya, vaksin untuk lansia ini diberikan dalam 2 tahapan, yaitu vaksin pneumokokus jenis konjugasi dan vaksin pneumokokus jenis polisakarida. 

  • Vaksin herpes zoster

Vaksin herpes zoster perlu didapatkan orang tua, terlebih lagi jika ia sudah pernah terkena cacar air di masa mudanya. Virus cacar air bisa terus berdiam dalam tubuh selama bertahun-tahun, bahkan setelah sembuh, dan kembali kambuh di kemudian hari dalam versi cacar ular atau herpes zoster. Baik cacar air dan cacar ular (herpes zoster) sama-sama disebabkan oleh satu virus, yaitu Varicella virus. 

Virus ini bisa bertambah kuat seiring dengan melemahnya kekebalan tubuh lansia. Komplikasi yang paling umum terhadap penyakit ini adalah neuralgia postherpetik, yang ditandai dengan nyeri kronis selama berbulan-bulan setelah herpes zoster akut. 

Itulah sebabnya mengapa lansia juga perlu mendapatkan vaksin herpes zoster jika belum pernah mendapatkannya. Vaksin ini diberikan kepada orang yang berusia 50 samapi 60 tahun, baik dalam kondisi sehat ataupun sedang mengidap herpes sekalipun. Kemanjuran vaksin ini bisa bertahan selama 5 tahun. 

  • Vaksin hepatitis B

Hepatitis B merupakan infeksi virus menular yang bisa menyebabkan kerusakan hati. Vaksin hepatitis B diperlukan lansia karena organ hati dan fungsinya mengalami penurunan akibat penuaan alami, sehingga membuatnya rentan terkena infeksi virus. 

Seorang lansia juga rentan tertular hepatitis B jika sudah lebih dulu memiliki penyakit hemofilia, diabetes, ginjal, dan penyakit lainnya yang menyebabkan daya tahan tubuh melemah. 

Pada umumnya vaksin hepatitis B sudah diberikan sejak bayi dengan 3 atau 4 rangkaian suntikan selama 6 bulan. Namun, jika Anda tidak yakin bahwa dirinya sudah mendapatkan vaksin ini atau belum, maka konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan vaksin ini lagi. 

Itulah beberapa jenis vaksin yang penting untuk lansia. Namun sayangnya, lansia tidak menanggapi secara positif mengenai vaksinasi seperti pada orang muda. Cara baru sedang dikembangkan untuk membuat vaksin yang lebih efektif seperti jensi baru dari pemberian vaksin yang menciptakan respons kekebalan yang kuat. 

Hal tersebut seperti vaksin flu yang disuntikkan ke lapisan paling atas kulit atau dengan cara menghirup untuk memberikan vaksin langsung ke paru-paru. Namun, kedua cara vaksinasi tersebut sedang diuji.

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 01 Mei 2018 10:55:11

Related Post :
Manfaat
Khasiat Cordyceps Bantu Atasi…

Khasiat cordyceps dipercaya mampu…

Tips
Cara Menggunakan Minyak Zaitun…

Anda sedang mengidap wasir…

Manfaat
Manfaat Vitamin B6 untuk…

Vitamin B6 selain baik…

Ibu Hamil
Penyebab Ketuban Pecah Dini…

Berikut ini adalah berbagai…

Tips
Tips Mempersiapkan Diri Untuk…

Tips mempersiapkan diri untuk…

Ibu Dan Anak
Bayi Sering Berkeringat Dingin?…

Berikut adalah berbagai penyebab…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesalahan Saat Diet Yang Harus Anda Hindari

Sebelum anda menjalani program diet…

Kesehatan
Apa Benar saat Pilek atau Batuk Tidak Boleh Minum Susu ?

Ada yang menyebutkan bahwa penderita…

Kesehatan
Manfaat Telur Bebek Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Manfaat telur bebek untuk kesehatan…

Kirim Pertanyaan
Top