Cara Tepat Untuk Mengatasi Batuk Pada Ibu Hamil Tanpa Obat

Share dan Tag Temanmu di :

Cara tepat untuk mengatasi batuk pada ibu hamil berikut sangatlah penting diketahui, untuk mencegah batuk pada ibu hamil. Mengingat pada saat kehamilan, wanita hamil tidak di perkenankan mengonsumsi obat secara sembarang lantaran apapun makanan maupun minuman yang mereka konsumsi dapat berdampak pada pertumbuhan janin.


Ibu hamil sebaiknya bisa lebih cermat dalam menjaga kesehatannya. Karena berbeda dari pada mereka yag tidak mengalami kehamilan, daya tahan tubuh wanita hamil cenderung melemah dan juga lebih rentan terhadap infeksi virus dan juga bakteri. Sehingga tak sedikit ibu hamil yang menderita penyakit seperti flu dan batuk akibat infeksi tersebut.

Namun jangan remehkan masalah kesehatan tersebut. bahkan pada kesempatan kemarin telah dijelaskan, bahwasannya bahaya batuk pada ibu hamil jika tidak segera diobati bisa berdampak buruk, hingga menyebabkan keguguran hingga kelahiran prematur.

Sehingga apapun keluhan kesehatan yang ibu hamil alami, sebaiknya segera periksakan ke dokter termasuk jika anda mengalami batuk. Adapun untuk alternatif lainnya, anda bisa melakukan beberapa langkah atau cara alami berikut untuk bisa meredakan batuk secara tepat.

Cara tepat untuk mengatasi batuk pada ibu hamil secara alami tanpa obat

Patut untuk Anda ketahui bahwasannya 12 minggu pertama kehamilan, ialah waktu penting dimana organ vital bayi terbentuk. Maka dari itu, ibu hamil sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi obat-obatan apapun selama trimester pertama kehamilan. Bahkan ada juga yang menyarankan untuk tidak mengonsumsi obat secara berhati-hati hingga usia kandungan mencapai 6-7 bulan.

Lalu, bagaimana jika ibu hamil mengalami batuk? Nah, beberapa tips berikut diketahui mampu meringankan gejala batuk kering maupun berdahak tanpa obat-obatan.

  • Mandi dengan air hangat. Uap air panas bisa membantu melegakan sesak napas.
  • Berkumur dengan air hangat yang di beri garam. Cara ini juga diketahui dapat meringankan gejala radang tenggorokan maupun batuk.
  • Oleskan balsem atau minyak gosok pada dada untuk menghangatkan. Oleskan juga sedikit dibawah hidung.
  • Makan sup ayam hangat juga bisa membantu mlegakan hidung tersumbat dan juga mengurangi peradangan.
  • Minum teh rendah kafein, tambahkan juga madu atau lemon kedalamnya. Minuman hangat ini juga di percaya bisa membantu meringankan gejala radang tenggorokan.
  • Gunakan bantal yang di tumpuk cukup tinggi pada saat tidur agar posisi kepala bisa lebih tinggi. Posisi ini juga berguna untuk mencegah cairan dahak mengalir saat tidur dan juga mengiritasi dinding tenggorokan.
  • Letakan segelas air, balsem atau obat-obatan alami lainnya di dekat tempat tidur ibu hamil agar cepat di jangkau pada saat di butuhkan.

Selain dari pada, itu terdapat beberapa perilaku hidup sehat, yang bisa membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh  serta menjauhkan ibu hamil dari penyakit. Diantaranya isalah istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, cuci tangan sesering mungkin, berfikir positif dan rileks, minum air putih yang cukup, hindari berdekatan dengan orang yang batuk dan pilek untuk mencegah penularan dan juga jaga kebersihan rumah.

Ibu hamil juga sebaiknya mendapatkan imunisasi. Dan pada biasanya pada trimester ketiga kehamilan, ibu hamil perlu mendapatkan vaksin batuk rejan atau pertusis yang terdapat dalam vaksin DPT (Difteri, Pertusis dan Tetanus). Bahkan wanita yang telah mendapat imunisasi ini sebelum hamil juga perlu melakukan imunisasi ulang saat hamil.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait cara tepat untuk mengatasi batuk pada ibu hamil. Jangan lupa juga untuk secara rutin melakukan periksaan ke dokter kanbdungan. Bahkan jika batuk berlangsung lebih dari 7 hari sebaiknya segera periksdakan ke dokter untuk mendapatkan penangan medis yang tepat. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Rabu, 02 Mei 2018 08:47:33

Related Post :
Penyakit
Jenis-Jenis Pengobatan Penyakit Batu…

Pengobatan penyakit batu empedu…

Penyakit
Ini 5 Penyebab Alergi…

Ini penyebab alergi pada…

Kulit
Mengetahui Kebaikan Habbatussauda untuk…

Selain baik bagi kesehatan,…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Mewaspadai Bahaya Obat Nyamuk…

Disamping manfaatnya yang mampu…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Kandungan nutrisi dan manfaat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
7 Makanan Sehat Bagi Penderita Asam Lambung

Untuk menghindari gejala naiknya asam…

Kesehatan
Kesehatan
Jenis Makanan Ini Ternyata Kurang Baik untuk Sarapan

Sarapan pagi sangat penting untuk…

Kirim Pertanyaan
Top